skip to main content

Peningkatan Keterampilan Penggunaan Program Bantu Gambar Teknik Autocad Bagi Siswa Smk Muhammadiyah 3 Pucang Gading Demak

*Wawarisa Alnu Fistcar orcid  -  Program Studi Rekayasa Sipil Universitas Muhammadiyah Semarang, Jalan Kedungmundu Raya No.18 Semarang, Indonesia
Abdul Rohman  -  Program Studi Rekayasa Sipil Universitas Muhammadiyah Semarang, Jalan Kedungmundu Raya No.18 Semarang, Indonesia
Su'udi Al Mukarom  -  Program Studi Rekayasa Sipil Universitas Muhammadiyah Semarang, Jalan Kedungmundu Raya No.18 Semarang, Indonesia
Muhammad Asin Zubet  -  Program Studi Rekayasa Sipil Universitas Muhammadiyah Semarang, Jalan Kedungmundu Raya No.18 Semarang, Indonesia
Melinda Dewi Astuti  -  Program Studi Rekayasa Sipil Universitas Muhammadiyah Semarang, Jalan Kedungmundu Raya No.18 Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kurikulum sekolah harus dapat menjawab kebutuhan dunia usaha Begitu juga SMK Muhammadiyah 3 Pucang Gading Demak juga harus memiliki output luaran kurikulum siswa SMK yang siap diterima didunia kerja. Namun pada kenyataanya banyak yang mengalami kendala seperti kurangnya kemampuan para pendidik sehingga dibutuhkan sharing ilmu dari berbagai pihak untuk menciptakan siswa yang mempunyai hardskill atau ketrampilan yang menjadi kompetensi serta softskill berupa karakter yang baik. Peserta didik harus menguasai banyaknya teori dan mengaplikasikan dalam praktikum akan menimbulkan kebosanan dan menjadi beban pada peserta didik. Pendidik adalah elemen inti dalam kesatuan sistem Pendidikan. Peran dan posisi pendidik dalam peningkatan kualitas harus diperhitungkan. Tidak hanya mempunyai sikap tanggung jawab terhadap disiplin ilmu yang diajarkanya tetapi harus selalu belajar untuk menjawab ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang. Perkembangan teknologi yang semakin cepat mengakibatkan kemajuan pada banyak aspek terutama pada ketersediaan program bantu gambar teknik yang mendukung kegiatan kontruksi yang juga mengalami kemajuan dalam penggunaanya. Salah satu program bantu gambar teknik adalah CAD (Computer Aided Design) atau yang sering dipakai dalam dunia kontruksi adalah AutoCAD. Program bantu tersebut mempunyai fungsi untuk menggambar dan merancang dengan bantuan computer dalam pembentukan model serta ukuran dua, tiga dimensi atau lebih. Tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan ini adalah membantu tenaga pendidik untuk memperkenalkan progam bantu gambar teknik yang dapat membantu menjawab kebutuhan dunia kerja kepada siswa SMK Muhammadiyah 3 Pucang Gading Demak, agar keterampilan penggunaan program bantu gambar teknik meningkat dan dapat lebih efisien. Dengan kondisi tersebut tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Muhammadiyah Semarang membantu tenaga pendidik untuk memperkenalkan progam bantu gambar teknik yang dapat membantu menjawab kebutuhan dunia kerja kepada siswa SMK Muhammadiyah 3 Pucang Gading Demak, agar dapat meningkatkan keterampilan penggunaan program bantu gambar teknik, serta dapat berpraktik langsung menggunakan program bantu tersebut. Hasil akhir dari kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat membuat sketsa gambar dengan program bantu gambar teknik

 

Kata kunci : Kurikulum, Program Bantu Gambar Teknik, Pengabdian Kepada Masyarakat

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
PELATIHAN MEMBUAT LAYAR OBJEK PADA PELATIHAN AUTOCAD BAGI SISWA-SISWI SMK MUHAMMADIYAH 3 PUCANG GADING DEMAK
Subject
Type Other
  Download (1MB)    Indexing metadata
Funding: Universitas Muhammadiyah Semarang

Article Metrics:

  1. D. K. Visual and U. P. Utama, “Pengenalan Model Isometric Vector Building,” vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021
  2. A. Akhmadi, M. T. Qurohman, and S. Syarifudin, “Peningkatan Kompetensi Auto CAD Bagi Siswa SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal,” J. Pengabdi. Masy. Progresif Humanis Brainstorming, vol. 1, no. 1, pp. 15–21, 2017, doi: 10.30591/japhb.v1i1.683
  3. R. S. W. Hartanto and H. Dani, “Studi Literatur: pengembangan media pembelajaran dengan software autocad,” J. Kaji. Pendidik. Tek. Bangunan, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2016
  4. D. Novreamerti Nurlaili and H. Dani, “Studi Terhadap Media Pembelajaran Software Autocad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” J. Kaji. Pendidik. Tek. Bangunan, vol. 08, no. 01, pp. 1–9, 2022
  5. R. W. Yulianyahya and U. E. Unggul, “PELATIHAN SOFTWARE AUTOCAD UNTUK MAHASISWA TEKNIK,” vol. 3, no. 1, pp. 35–40, 2023
  6. S. M. Ni, Supriyatna, Adnyani, and Nababan, “Pelatihan Sofware Autocad Untuk Desain Instalasi Listrik Pada Siswa SMK,” vol. 3, no. 2, pp. 321–327, 2022

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.