PENGEMBANGAN POTENSI DAYA SAING UMKM PEMANCINGAN LOKAL DI DESA KEDUNG BANTENG MELALUI PELATIHAN MARKETING ONLINE DAN BRANDING
DOI: https://doi.org/10.14710/pasopati.2023.19921
Abstract
Jurnal ini membahas peran strategis pelatihan pemasaran online dan branding bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sektor pemancingan di Desa Kedung Banteng. Dalam era perkembangan teknologi informasi yang pesat, pelatihan ini memungkinkan UMKM pemancingan untuk memanfaatkan platform digital guna meningkatkan daya saing dan pengembangan bisnis mereka. Pemancingan sebagai kegiatan ekonomi dan rekreasi di desa memiliki potensi besar untuk menggerakkan perekonomian lokal. Melalui pendekatan kualitatif, mahasiswa KKN Tim II UNDIP memberikan pelatihan intensif kepada UMKM Pemancingan Kedung Makmur, termasuk pengajaran strategi pemasaran online dan manajemen media sosial. Hasilnya mencakup optimalisasi pemasaran digital, peningkatan visibilitas, dan pertumbuhan ekonomi lokal. Kolaborasi yang baik antara pemilik pemancingan, kepala desa, dan mahasiswa menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi tantangan persaingan dan memanfaatkan teknologi digital secara efektif.
Kata kunci : UMKM, pemancingan, pemasaran online, branding, pelatihan, platform digital, kolaborasi, pertumbuhan ekonomi lokal
Full Text:
PDFReferences
Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM DI era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154. https://doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162
Setyawati, I. (2018). Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dalam Perekonomian Nasional. https://doi.org/10.31227/osf.io/nfrmx
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Untuk Bersaing di era pandemi_strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Untuk Bersaing di era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41. https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1.1171
Aulia, R., Dahriansah, D., & M, Y. A. (2021). Pemanfaatan media sosial untuk Sarana Promosi Dan Penjualan produk UMKM. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 41. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i1.587
Praja, P., & Syaiful, F. L. (2021). Penerapan Sistem Digitalisasi Pada umkm di desa lubuk pinang Kabupaten Muko-Muko, Bengkulu. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 4(4), 218–225. https://doi.org/10.25077/jhi.v4i4.556
Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan e-commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). TEKNOKOM, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25