skip to main content

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DI MTS SABILUL MUHTADIN KABUPATEN BANGKA

*Euis Asriani  -  Program Studi Agroteknologi, Universitas Bangka Belitung, Indonesia
Ineu Sulistiana  -  Program Studi Matematika, Universitas Bangka Belitung, Kampus Terpadu UBB, Desa Balunijuk, Kec. Merawang, Kabupaten Bangka, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa MTS Sabilul Muhtadin dalam pembelajaran matematika berbasis multimedia. Pendekatan ini dipilih dengan tujuan untuk menyajikan pembelajaran dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Adapun peserta kegiatan adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 (tiga puluh) orang. Untuk mengetahui efektifitas pendekatan ini disebarkan angket/kuesioner sesudah pembelajaran dilaksanakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk diagram pie. Pada aspek kepuasan pelaksanaan pembelajaran, persentase tertinggi terletak pada  kelompok yang merasa puas yakni sebesar 70%. Pada aspek ketertarikan terhadap pembelajaran, sebanyak 66.67% menyatakakan sangat tertarik terhadap pembelajaran berbasis multimedia. Adapun pada aspek motivasi, semangat, dan keaktifan, persentase tertinggi terdapat pada kelompok termotivasi, semangat, dan aktif, yakni masing-masing sebesar 60%.  Melalui kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis multimedia secara umum menumbuhkan kepuasan, ketertarikan, semangat, keaktifan,  motivasi belajar, dan pemahaman siswa.


Kata kunci : Pembelajaran, Matematika, Multimedia, Sabilul Muhtadin  

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Andinny, Y., & Lestari, I. (2016). Pengaruh Pembelajaran Multimedia Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 169–179
  2. Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Dian Mustika Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Matematika. (2015)
  3. Kusuma, R. D. F. D., Nasution, S. P., & Anggoro, B. S. (2018). Multimedia Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 191. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2557
  4. M.Pd, S. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 117–131. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i2.604
  5. BPS Kabupaten Bangka (2020). Kabupaten Bangka dalam Angkaa
  6. Raini, R. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii.2 Smp Negeri 21 Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 169–175. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1080
  7. Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232
  8. Soewono, E. B. (2018). pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Matematika Menggunakan E-Learning Pendekatan Bimbingan Belajar Berbasis Multimedia. 2(2), undefined-4
  9. Suarti, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Giving Question and Getting Answer Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas Vii.9 Smpn 21 Pekanbaru. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 163–168. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v2i1.1079
  10. Syamarro, N., Winarso, W., & Saluky, S. (2015). Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Siswa Pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Mts Al-Hidayah Dukupuntang Kabupaten Cirebon (Pokok Bahasan Kubus Dan Balok). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 4(2). https://doi.org/10.24235/eduma.v4i2.32
  11. Widoretno, I. (2013). Metode Mengajar Guru Matematika Dengan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 03 Keryatasa Banjarnegara Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.