BibTex Citation Data :
@article{Pasopati10402, author = {Euis Asriani and Ineu Sulistiana}, title = {PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA DI MTS SABILUL MUHTADIN KABUPATEN BANGKA}, journal = {Jurnal Pasopati}, volume = {4}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = { Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa MTS Sabilul Muhtadin dalam pembelajaran matematika berbasis multimedia. Pendekatan ini dipilih dengan tujuan untuk menyajikan pembelajaran dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Adapun peserta kegiatan adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 (tiga puluh) orang. Untuk mengetahui efektifitas pendekatan ini disebarkan angket/kuesioner sesudah pembelajaran dilaksanakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk diagram pie. Pada aspek kepuasan pelaksanaan pembelajaran, persentase tertinggi terletak pada kelompok yang merasa puas yakni sebesar 70%. Pada aspek ketertarikan terhadap pembelajaran, sebanyak 66.67% menyatakakan sangat tertarik terhadap pembelajaran berbasis multimedia. Adapun pada aspek motivasi, semangat, dan keaktifan, persentase tertinggi terdapat pada kelompok termotivasi, semangat, dan aktif, yakni masing-masing sebesar 60%. Melalui kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis multimedia secara umum menumbuhkan kepuasan, ketertarikan, semangat, keaktifan, motivasi belajar, dan pemahaman siswa. Kata kunci : Pembelajaran, Matematika, Multimedia, Sabilul Muhtadin }, issn = {2685-886X}, doi = {10.14710/pasopati.2022.10402}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/10402} }
Refworks Citation Data :
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa MTS Sabilul Muhtadin dalam pembelajaran matematika berbasis multimedia. Pendekatan ini dipilih dengan tujuan untuk menyajikan pembelajaran dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Adapun peserta kegiatan adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 (tiga puluh) orang. Untuk mengetahui efektifitas pendekatan ini disebarkan angket/kuesioner sesudah pembelajaran dilaksanakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif dalam bentuk diagram pie. Pada aspek kepuasan pelaksanaan pembelajaran, persentase tertinggi terletak pada kelompok yang merasa puas yakni sebesar 70%. Pada aspek ketertarikan terhadap pembelajaran, sebanyak 66.67% menyatakakan sangat tertarik terhadap pembelajaran berbasis multimedia. Adapun pada aspek motivasi, semangat, dan keaktifan, persentase tertinggi terdapat pada kelompok termotivasi, semangat, dan aktif, yakni masing-masing sebesar 60%. Melalui kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis multimedia secara umum menumbuhkan kepuasan, ketertarikan, semangat, keaktifan, motivasi belajar, dan pemahaman siswa.
Kata kunci : Pembelajaran, Matematika, Multimedia, Sabilul Muhtadin
Article Metrics:
Last update: