skip to main content

PEMANFAATAN SEO SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK BAGI UMKM DI PAMULANG SQUARE

Bagus Priambodo orcid scopus publons  -  Universitas Mercu Buana, Indonesia
*Yuwan Jumaryadi orcid scopus publons  -  Universitas Mercu Buana, Indonesia
Misbahul Fajri scopus  -  Universitas Mercu Buana, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Teknologi yang berkembang pesat saat ini mengharuskan para pemilik UKM untuk berusaha lebih keras lagi untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap customer. Indonesia mengalami pertumbuhan pengguna internet yang cukup tinggi, dimana pada tahun 2013 dimana terdapat sekitar 40% dari total populasi penduduk Indonesia . Dengan meningkatnya pengguna internet maka pangsa pasar online semakin tinggi, dan oleh karena itu pemasaran menggunakan media internet menjadi hal yang cukup menjanjikan karena pengguna internet yang semakin tinggi dan juga cakupan wilayah semakin luas. Dengan memiliki pengetahuan mengenai SEO maka para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menjual produk yang dimilikinya dengan lebih baik lagi secara online.

Kata kunci : SEO, Pasar Online, UMKM

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. N. A. Rahman, Z. Yaacob, and R. M. Radzi, “An Overview of Technological Innovation on SME sSurvival: A Conceptual Paper,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 224, no. August 2015, pp. 508–515, 2016, doi: 10.1016/j.sbspro.2016.05.427
  2. D. Firdaus, B. Priambodo, and Y. Jumaryadi, “Implementation of Push Notification for Business Incubator,” Int. J. Online Biomed. Eng., vol. 15, no. 14, pp. 42–53, 2019
  3. R. Maulana, “Survei APJII: Penetrasi Internet di Indonesia Capai Angka 54 Persen di Tahun 2017,” techinasia, 2017. https://id.techinasia.com/penetrasi-internet-di-indonesia-2017 (accessed Jun. 18, 2021)
  4. P. Kent, Search Engine Optimization For Dummies, vol. 6. Indiana: Wiley, 2008
  5. S. Das, Search Engine Optimization and Marketing: A Recipe for Success in Digital Marketing, 1st ed. CRC Press, 2021
  6. B. Dean, “How to Create an Effective SEO Strategy In 2021,” backlinko, 2021. https://backlinko.com/seo-strategy (accessed Dec. 01, 2021)
  7. L. Pahrudin, “Pelaku UMKM Harus Melek Teknologi,” RMOL Banten, 2020. https://www.rmolbanten.com/read/2020/02/13/15093/Pelaku-UMKM-Harus-Melek-Teknologi- (accessed Dec. 01, 2021)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.