skip to main content

PROGRAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR KOTA KEDIRI DI MASA PANDEMI

*Laudria Nanda Prameswati  -  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia
Istiana Malikatin Nafi’ah  -  Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia
Prahoro Yudo Purwono  -  Sastra Jerman, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan siswa dan masyarakat di Desa Tosaren Kota Kediri. Lokasi mitra berada di Desa Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri Sebagian besar siswa di sana mengalami hambatan dalam pembelajaran daring, seperti kurang memahami materi, tidak mengerjakan tugas secara langsung, hingga peran orang tua yang kurang optimal dalam mendampingi pembelajaran siswa di rumah. Oleh karena itu dalam kegiatan ini diberikan pendampingan pembelajaran bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademik dan menyukseskan tujuan pembelajaran meski di tengah pandemi, dimulai dari pendampingan mengerjakan tugas, mengaji dan berdoa, membat kerajinan, serta menjelaskan materi-materi sekolah yang belum dipahami. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah persiapan, sosialisasi, dan pelaksanaan kegiatan. Hasil yang didapat yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam mengerjakan semua tugas sekolah, lebih memahami materi pembelajaran di sekolah, lebih terbiasa mengaji dan berdoa, serta mampu lebih kreatif dengan membuat kerajinan dari barang tidak terpakai.


Kata kunci : Pandemi, Pembelajaran, Siswa Sekolah Dasar.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Abdullah, I. (2020). COVID-19: Threat and fear in Indonesia. . Psychological trauma: theory, research, practice, and policy, 12(5) , 488
  2. Aji, R. H. (2020). Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. . Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395-402. , 395-402
  3. Andriani, E. S. (2016). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Kemampuan Akademik Siswa Melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11) , 2106-2112
  4. Apriyani, L. N. (2017). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa pada Materi Biologi. Quagga:Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(01)
  5. Handayani, T. K. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 1(1) , 107-115
  6. Indonesia, U. U. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. . Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum
  7. Miftakhi, D. R. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2) , 151-158
  8. Pragholapati, A. (2020). COVID-19 impact on students
  9. Sadikin, A. &. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2) , 214-224
  10. Sari, N. (2016). Pendidikan Karakter Pada Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas I Sekolah Dasar Terbitan Yudhistira Berdasarkan Kurikulum 2013. STUDIA: JURNAL HASIL PENELITIAN MAHASISWA, 1(2) , 108-131
  11. Setiati, S. &. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana, 52(1) , 84-89
  12. Si, I. M. (2018). PENTINGNYA SOSIALISASI BAGI ANAK (STUDI KAJIAN SOSIOLOGI PENDIDIKAN). IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 2(1)
  13. Si, I. M. (2019). PENTINGNYA SOSIALISASI BAGI ANAK. JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI AGAMA (JISA), 2(1) , 29-43
  14. Ulia, N. J. (2020). Pendampingan Kelompok Siswa Remedial Melalui Klinik Cerdas Diagnostik Berbasis Collaborative Learning. Publikasi Pendidikan, 10(1) , 37-44
  15. Wijaya, E. Y. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26) (pp. 263--278). Malang: Universitas Negeri Malang
  16. Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan Tema “Isu-Isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21" (Vol. 21, No. 10)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.