skip to main content

Penerapan Sistem Administrasi Digital dan Pemasaran Digital dengan Website Profiling Produk UMKM di Galeri Investasi Politeknik Negeri Manado

*Melky Krisna Elia Paendong  -  Department of Business Administration, Politeknik Negeri Manado, Buha, Kec. Mapanget, Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia
Arief Perdana Kumaat  -  Department of Marketing Management, Politeknik Negeri Manado, Jl. Raya Politeknik Buha, Kecamatan Mapanget, Manado 95252, Indonesia
Precylia Ribka Rambing  -  Department of Business Management, Politeknik Negeri Manado, Jl. Raya Politeknik Buha, Kecamatan Mapanget, Manado 95252, Indonesia
Arifmanuel Kolondam  -  Department of Business Management, Politeknik Negeri Manado, Jl. Raya Politeknik Buha, Kecamatan Mapanget, Manado 95252
Open Access Copyright 2023 Jurnal Pengabdian Vokasi

Citation Format:
Abstract
Penerapan kecanggihan teknologi di era digital memudahkan dalam semua urusan di berbagai aspek. Internet merupakan suatu teknologi digital yang sangat populer yang saat ini digunakan untuk mengelola administrasi usaha dan pemasaran bagi pelaku usaha.  Istilah ini populer dengan E-Commerce. Di bidang administrasi, teknologi digital dapat memberikan kemudahan untuk merespon informasi yang masuk atau keluar serta mendokumentasinya dengan baik dan teratur. Di bidang pemasaran, dimana konsumen dapat mencari informasi secara mudah tentang produk yang mereka butuhkan dengan lebih cepat. Semua hal tersebut dapat lebih efektif dan efisien apabila di integrasikan dalam sebuah website. Akan tetapi, perkembangan digital tersebut dirasa masih kurang dampaknya pada pelaku UMKM yang masih belum beranjak dari cara konvensional dalam mengelola usaha. Khususnya, pelaku UMKM yang ada di Galeri Investasi Politeknik Negeri Manado (Polimdo) yang masih belum terampil dalam pemanfaatan dan pengaplikasian administrasi usaha digital dan digital marketing sebagai media informasi, promosi dan pemasaran produk UMKM. Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan membuat Website Profiling ini yang bermaksud untuk memudahkan pelaku UMKM  untuk mengelola informasi yg efisien secara digital dan menjadi sarana untuk menjangkau pasar yang luas lewat pemasaran digital.
Fulltext View|Download
Keywords: Website Profiling, Administrasi Digital, Pemasaran Digital, Pelaku UMKM, Galeri Investasi Polimdo

Article Metrics:

  1. Chrismardani, Y. 2014. Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. Neo-Bis, 8(2), 179–189
  2. Kumaat. A. 2021. PKM peningkatan keterampilan digital marketing dan penerapan media promosi “Online Booklet” pada Kelompok Usaha “Lapak Ora et Labora” di Kelurahan Winangun 1
  3. Moningka, S.P., Kumaat, A.P., Paendong, M.K.E. 2022. Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Sarana Pengembangan Bisnis UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Unggulan Daerah. Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 66-72, july 2022. ISSN 2961-7790. Available at: https://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/348
  4. Paendong, M. , Rambing, P. , Simanjuntak, C., Kumaat, A. , Marentek, M. dam Mandey, N. 202). Digital Marketing Ecosystem Perspective of Regional Featured Product in North Sulawesi Province, Indonesia. Open Journal of Social Sciences, 11, 1-17. doi: 10.4236/jss.2023.112001
  5. Paendong, M., Kumaat, A., dan Rambing, P. 2022. Pendampingan Penerapan Manajemen Administrasi Usaha, Pemasaran Digital, dan Pelaporan Keuangan Sederhana Pada Umkm di Kelurahan Karombasan Selatan. Jurnal Pengabdian Vokasi, vol. 2, no. 4, pp. 247 - 250, Dec. 2022. https://doi.org/10.14710/jpv.2022.16474
  6. Putra, Y. M. (2018). Pemetaan Penerapan Standar Akuntansi Keuangan EMKM Pada UMKM Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Profita: Komunikasi Ilmiah Akuntansi Dan Perpajakan, 11(2), 201–217. Diakses dari: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/p rofita

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.