skip to main content

PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI BERBASIS KACANG METE MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK “ENTING-ENTING GEPUK METE”

*Sutrisno Sutrisno  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2023 Jurnal Pengabdian Vokasi

Citation Format:
Abstract
[Peningkatan Kapasitas Produksi Berbasis Kacang Mete melalui Diversifikasi Produk “Enting-Enting Gepuk Mete”] Paper ini menerapkembangkan teknologi penghancur dan penggepuk kacang mete. Teknologi ini diterapkan di UKM kacang mete utuk meningkatkan kapasitas produksinya. Kegiatan penerapan ini meliputi: (i) desain dan pabrikasi mesin mesin penggepuk berkapasitas 40 kg/jam, dan (ii) analisis teknoekonomi. Uji fungsional dan penerapan telah dilakukan pada mesin tesebut. Hasil pengujian menunjukkan bahwa mesin penggepuk dapat menghasilkan lembaran adonan sebanyak 40 kg/jam, dengan biaya energi sebesar Rp. 450/kg.
Keywords: Mesin penggepuk, kacang mete, kapasitas produksi, tekno-ekonomi

Article Metrics:

  1. https://www.pertanian.go.id/home/?show=page& act=view&id=61
  2. A. A. Ismayasari, Wahyuningsih, and O. Paramita, “Studi Eksperimen Pembuatan Enting-Enting Dengan Bahan Dasar Kedelai Sebagai Bahan Pengganti Kacang Tanah,” Food Sci. Culin. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 56–64, 2014
  3. Rizal Oponu, Sirajuddin Haluti, Burhan Liputo, Rancang Bangun Mesin Penghancur Kacang Tanah Menggunakan Motor Induksi. Jurnal Teknologi Pertanian Gorontalo, Vol.6 No.2, 2021
  4. Teguh Indra Firmansyah, Toni Prahasto. Perancangan Mekanisme Rolling Mesin untuk Adonan Pizza. Jurnal Teknik Mesin S-1, Vol.3, No.3, Tahun 2015
  5. Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor HK.03.1.23.04.12.2206 Tahun 2012 tentang Cara Produksi Pangan Yang Baik Untuk Industri Rumah Tangga
  6. http://antekshared.blogspot.com/2014/03/jenis-jenis -crusher-dan-cara-kerjanya.html
  7. M. E. Apriyanti, “Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan,” Sosio e-kons, vol. 10, no. 1, p. 20, 2018, doi: 10.30998/sosioekons.v10i1.2223
  8. A. N. Mufreni, “Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen,” J. Ekon. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 48–54, 2016
  9. T. Susetyarsi, “Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang,” J. Stie Semarang, vol. 4, no. 3, p. 19, 2012
  10. Montgomery D C. Design and Analysis of Experiments. 8th ed. John Eilwy & Sons, Inc. 201

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.