skip to main content

REDESAIN PASAR GEDE CILACAP

*HENING HARYO NUGROHO  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Seiring berkembangnya zaman, pasar tradisional tidak lagi menjadi pilihan utama sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Munculnya pasar modern, lebih diminati pembeli karena tempatnya yang bersih dan tertata sehingga membuat kegiatan berbelanja menjadi lebih
nyaman. Hal ini menjadikan pasar tradisional kalah bersaing dan mulai sepi pembeli dikarenakan kondisi pasar tradisional yang identik dengan kumuh dan tidak tertata.
Pada studi kasus Pasar Gede Cilacap, kondisi fisik bangunan yang rusak dan sistem penataan zonasi pedagang yang kacau menjadi penyebab berkurangnya minat pembeli di Pasar Gede. Pasar Gede Cilacap sebagai tempat bagi pedagang mikro dan menengah berperan  sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bagi KotaCilacap.
Penerapan redesain bertujuan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Pasar Gede, sehingga, dapat bersaing dengan keberadaan pasar modern. Konsep desain yang diterapkan yaitu Modern Higienis, dengan 3 komoditi perdagangan utama yaitu kuliner, dagangan kering,
dan dagangan basah. Walaupun mengusung konsep pasar modern, namun secara prinsip  berjualan kegiatan perdagangan masih menerapkan sistem dari pasar tradisonal yaitu berupa tawar menawar.

Fulltext View|Download
  1. Keputusan Menteri Kesehatan No.519 tahun 2008 - Pedoman
  2. Penyelenggaraan Pasar Sehat
  3. Peraturan Daerah Kab.Cilacap No.9 tahun 2011 - Rencana Tata Ruang
  4. Wilayah Kabupaten Cilacap
  5. SNI 8152 - PASAR RAKYAT
  6. Rencana Detail Tata Ruang Kabupaten Cilacap

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.