Seiring berkembangnya zaman, pasar tradisional tidak lagi menjadi pilihan utama sebagai tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari. Munculnya pasar modern, lebih diminati pembeli karena tempatnya yang bersih dan tertata sehingga membuat kegiatan berbelanja menjadi lebih
nyaman. Hal ini menjadikan pasar tradisional kalah bersaing dan mulai sepi pembeli dikarenakan kondisi pasar tradisional yang identik dengan kumuh dan tidak tertata.
Pada studi kasus Pasar Gede Cilacap, kondisi fisik bangunan yang rusak dan sistem penataan zonasi pedagang yang kacau menjadi penyebab berkurangnya minat pembeli di Pasar Gede. Pasar Gede Cilacap sebagai tempat bagi pedagang mikro dan menengah berperan sebagai penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar bagi KotaCilacap.
Penerapan redesain bertujuan menyelesaikan permasalahan yang terjadi di Pasar Gede, sehingga, dapat bersaing dengan keberadaan pasar modern. Konsep desain yang diterapkan yaitu Modern Higienis, dengan 3 komoditi perdagangan utama yaitu kuliner, dagangan kering,
dan dagangan basah. Walaupun mengusung konsep pasar modern, namun secara prinsip berjualan kegiatan perdagangan masih menerapkan sistem dari pasar tradisonal yaitu berupa tawar menawar.
Last update:
Last update: