Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{JPLP22400, author = {Indraswari Siscadarsih and Chintya Yuliastuti Rahayu}, title = {Praktikum Pemasangan Nasogastric Tube (NGT) Berbasis Virtual Realty}, journal = {Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan}, volume = {7}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {Virtual Realty, Nasogastric Tube (NGT), Praktikum}, abstract = { Kondisi laboratorium memengaruhi kualitas proses pembelajaran, khususnya pembelajaran praktik di laboratorium. Hal ini akan membawa dampak pada kualitas lulusan dengan variasi yang sangat besar. Penelitian ini memungkinan diciptakannya media pembelajaran baru berbasis virtual realty yang dapat memberikan gambaran nyata secara audio-visual. Implementasi pembelajaran berbasis VR mencapai tingkat suka yang tinggi. Perasaan realistis dan seperti berada pada lingkungan yang sebenarnya yang disebabkan oleh implementasi VR dianggap faktor-faktor yang mempengaruhi peserta dan meningkatkan motivasi mereka terhadap pembelajaran. Secara garis besar, proses produksi media Virtual Reality pada penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu 1) Pra-produksi, meliputi poin: konsep, perancangan dan pengumpulan materi; 2) Produksi, meliputi poin: pembuatan (Modeling, Animating, dan Export); dan 3) Pasca-produksi, meliputi poin: pengujian dan distribusi. Pengujian pada penelitian ini menggunakan kuisioner alfa dan kuisioner beta. Kuisioner alfa dilakukan terhadap empat ahli multimedia untuk mendapatkan penilaian dari para pakar apakah aplikasi ini layak dan siap untuk uji coba lapangan. setelah dinyatakan layak, selanjutnya adalah dilakukan pengujian kuisioner beta atau uji lapangan pada sasaran. Uji kelayakan alfa mendapatkan hasil 93% dan uji kelayakan beta mendapatkan hasil 97,6%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa VR pemasangan NGT ini sangat bermanfaat dan efektif sebagai media pembelajaran praktikum KDM pemasangan NGT. }, issn = {2654-251X}, pages = {12--24} doi = {10.14710/jplp.7.1.12-24}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jplp/article/view/22400} }
Refworks Citation Data :
Kondisi laboratorium memengaruhi kualitas proses pembelajaran, khususnya pembelajaran praktik di laboratorium. Hal ini akan membawa dampak pada kualitas lulusan dengan variasi yang sangat besar. Penelitian ini memungkinan diciptakannya media pembelajaran baru berbasis virtual realty yang dapat memberikan gambaran nyata secara audio-visual. Implementasi pembelajaran berbasis VR mencapai tingkat suka yang tinggi. Perasaan realistis dan seperti berada pada lingkungan yang sebenarnya yang disebabkan oleh implementasi VR dianggap faktor-faktor yang mempengaruhi peserta dan meningkatkan motivasi mereka terhadap pembelajaran. Secara garis besar, proses produksi media Virtual Reality pada penelitian ini dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu 1) Pra-produksi, meliputi poin: konsep, perancangan dan pengumpulan materi; 2) Produksi, meliputi poin: pembuatan (Modeling, Animating, dan Export); dan 3) Pasca-produksi, meliputi poin: pengujian dan distribusi. Pengujian pada penelitian ini menggunakan kuisioner alfa dan kuisioner beta. Kuisioner alfa dilakukan terhadap empat ahli multimedia untuk mendapatkan penilaian dari para pakar apakah aplikasi ini layak dan siap untuk uji coba lapangan. setelah dinyatakan layak, selanjutnya adalah dilakukan pengujian kuisioner beta atau uji lapangan pada sasaran. Uji kelayakan alfa mendapatkan hasil 93% dan uji kelayakan beta mendapatkan hasil 97,6%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa VR pemasangan NGT ini sangat bermanfaat dan efektif sebagai media pembelajaran praktikum KDM pemasangan NGT.
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan and Laboratorium Technical Service Unit Integrated Laboratory Diponegoro University as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan and Laboratorium.
Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan was published Technical Service Unit Integrated Laboratory Diponegoro University and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan (JPLP, e-ISSN: 2654-251X) is published by Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Universitas Diponegoro.Unit Pelaksana Teknis (UPT) Integrated Laboratory, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50275Phone: +6281321906666Email: jplp@live.undip.ac.id View statistics