skip to main content

EduGames pada Remaja Awal untuk Mengenali Dampak Perilaku Seksual Berisiko

Novia Handayani  -  Faculty Of Public Health | Universitas Diponegoro, Indonesia
*Ratih Indraswari orcid  -  Faculty Of Public Health | Universitas Diponegoro, Indonesia
Aditya Kusumawati  -  Faculty Of Public Health | Universitas Diponegoro, Indonesia
Zahroh Shaluhiyah  -  Faculty Of Public Health | Universitas Diponegoro, Indonesia
Alda Tiara Puspita  -  Faculty Of Public Health | Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Remaja awal merupakan kelompok usia rentan terhadap berbagai masalah kesehatan, terutama perilaku seksual berisiko. Diperparah dengan fakta keterbatasan akses pengetahuan mengenai seksualitas dan pengaruh mitos yang salah. Edukasi dengan metode gamifikasai memberikan pendekatan yang interaktif dan efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman remaja awal mengenai mitos dan fakta dampak perilaku seksual di SOS Children’s Village Semarang. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Resarch (PAR) dengan melibatkan 33 remaja awal berusia 11-14 tahun. Intervensi yang dilakukan meliputi pemberian pre-test, pelaksaan lima jenis EduGames, pemberian materi edukasi, dan pengisian post-test. Hasil yang ada menujukkan peningkatan pengetahuan yang signifikan dengan skor rata-rata post-test lebih tinggi dibanding skor pre-test. . Dengan demikian, program pendidikan kesehatan reproduksi yang berkelanjutan diharapkan dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan remaja dalam menjaga kesehatan reproduksi mereka.

Fulltext View|Download
Keywords: perilaku seksual berisiko; remaja awal; foster care; edugames

Article Metrics:

  1. Lubis R, Rozi Lubis B, Retno Anjani D, et al. Bahaya dan Masalah-Masalah yang Terjadi pada Remaja dan Implikasi Perkembangan Remaja pada Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah. 2024;6:746. doi: 10.17467/jdi.v6i3.2819
  2. Deswita. PENATALAKSANAAN KEPERAWATAN OBESITAS PADA REMAJA. Penerbit Adab; 2024
  3. Hipwell A, Keenan K, Loeber R, Battista D. Early Predictors of Sexually Intimate Behaviors in an Urban Sample of Young Girls. Dev Psychol. 2010;42(2):366-378
  4. Aliza Lodz N, Abd Mutalip MH, Fikri Mahmud MA, et al. Risky Sexual Behaviours among School-going Adolescent in Malaysia-Findings from National Health and Morbidity Survey 2017. Journal of Environmental Science and Public Health. 2019;03(02). doi: 10.26502/jesph.96120059
  5. Rahayu NF, Indraswari R, Husodo BT. Hubungan Jenis Kelamin, Usia dan Media Pornografi dengan Perilaku Seksual Berisiko Siswa SMP di Kota Semarang. MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA. 2020;19(1):62-67. doi: 10.14710/mkmi.19.1.62-67
  6. Lestari W, Indarwati R, Krisnana I, Sudarsiwi N. Edukasi Berbasis Theory of Planned Behavior untuk Mencegah Perilaku Seksual Berisiko pada Remaja: A Systematic Review. Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES (Journal of Health Research FORIKES VOICE). Published online 2023
  7. Oktomalioputri B, Darwin E, Arfiani Rusjdi D, et al. THE EDUCATION OF HEALTH REPRODUCTION OF YOUTH Z GENERATION BY EDUGAME METHOD AT SMA 1 BATANG ANAI, PARIAMAN. Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. 2019;3(2). http://logista.fateta.unand.ac.id
  8. Ns Menik Kustriyani O, Musfirotun E, Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Widya Husada Semarang D. PENGARUH PEMBERIAN EDUGAME TENTANG MENARCHE TERHADAP KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE DI SDN KANDRI 01 GUNUNGPATI SEMARANG GIVING EFFECT ON MENARCHE EDUGAME READINESS FOR DEALING IN SDN KANDRI MENARCHE 01 GUNUNGPATI SEMARANG.; 2012
  9. Ucu Wandi Somantri. Edukasi Bahaya Perilaku Seks Bebas Generasi Gen Z Di SMK Mathla’ul Anwar Sukalangu Pandeglang. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat. 2024;2(1):222-228. doi: 10.61132/aspirasi.v2i1.324
  10. Ayu Salsabillah A, Ramadhani B, Sharani S, et al. Penerapan Metode Permainan Interaktif “Match-Up” Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Terhadap Siswi MTs Fathul Mu’in

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.