Analisis Sistem Penyaliran Tambang pada Tailing Storage Facility (TSF) PT. Aneka Tambang Tbk. Pongkor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

*Tri Winarno  -  Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Rinal Khaidar Ali  -  Teknik Geologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muh. Mursaliin  -  Teknik Geologi, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 29 Oct 2019; Revised: 20 Nov 2019; Accepted: 22 Nov 2019; Published: 30 Nov 2019.
Open Access Copyright 2019 Jurnal Geosains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 38 68

Abstract

Pembangunan dam TSF (Tailing Storage Facility) dibangun untuk menampung limbah hasil pengolahan emas UBPE (Unit Bisnis Pertambangan Emas) PT. ANTAM Pongkor. Pembangunan dam TSF telah selesai dilaksanakan, tetapi masih menyisakan beberapa kendala tentang pengontrolan, yang pada akhirnya menimbulkan kendala teknis, yaitu tidak tersedianya lahan lagi untuk menampung tailing hingga pasca tambang. Permasalahan tersebut akan terselesaikan  dengan mengetahui berapa lama penampungan TSF yang dibangun bisa menampung volume yang bertambah akibat curah hujan pada periode ulang tertentu dalam jangka waktu tiga tahun ke depan, terutama pada penampungan dam utama TSF. Untuk itu perlu diadakan evaluasi kapasitas tampung pada dam utama untuk mengetahui kemampuan pelayanan aktual TSF hingga tiga tahun ke depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penanggulangan air pada tambang terbuka atau penyaliran tambang. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berdasarkan perhitungan tingkat pelayanan dam utama cukup untuk menampung curah hujan dengan periode ulang 2 tahunan, tetapi tidak memenuhi rencana pembangunan yang mampu menampung hingga tiga tahun ke depan. Untuk memperpanjang umur atau tingkat pelayanan maka penulis menyarankan untuk menambahkan pompa dan pengerukan endapan tailing, selain sebagai penambahan umur bangunan juga sebagai penyeimbang. Pengerukan tailing alangkah lebih baik dilakukan pemerataan dalam pengerukannya ini berguna untuk menambah kapasitas tampung dam utama.

Keywords
PT. Aneka Tambang. Tbk. UBPE Pongkor, Penyaliran tambang, curah hujan,Tailing.

Article Metrics:

  1. Jusub, M.. 2012. Analisis Sitem Penyaliran Tambang pada Pit II Timur PT. Gunung Emas Abadi. Universitas Palangkaraya, Palangkaraya.
  2. Putra, O. 2013. Proyek Akhir Kajian Teknis Tentang Persentase Pengendapan Lumpur di Backfill Pabrik PT. ANTAM Tbk UBPE Pongkor.
  3. Sayoga, G. R., 1993. Diklat Kuliah Sistem Penyaliran Tambang. Jurusan Teknik Pertambangan ITB, Bandung.
  4. Suroso. 2006. Analisis Curah Hujan untuk Membuat Kurva IDF di Kawasan Rawan Banjir Kabupaten Banyumas. Journal Teknik Sipil Volume 3, No.1:37-40.