skip to main content

Pengaruh Klorofil-a dan Suhu Permukaan Laut Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynus affinis) di Kabupaten Trenggalek

*Mohamad Zaki Satrio Adhi  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro., Indonesia
Muh. Yusuf  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro., Indonesia
Gentur Handoyo  -  Departemen Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro., Indonesia

Citation Format:
Abstract

Ikan Tongkol (Euthynus affinis) merupakan salah satu jenis ikan pelagis yang banyak di tangkap di perairan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Hasil tangkapan ikan tongkol dipengaruhi oleh beberapa parameter oseanografi termasuk klorofil-a dan suhu permukaan laut (SPL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sebaran klorofil-a dan SPL serta mengetahui pengaruh klorofil-a dan SPL terhadap hasil tangkapan ikan tongkol di perairan Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini memakai metode kuantitatif serta menggunakan citra dari penginderaan jauh dalam mengolah data klorofil-a, SPL, dan angin. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa rata-rata SPL di perairan Kabupaten Trenggalek dari tahun 2018 hingga tahun 2020 pada musim timur adalah 24,82 – 26,66°C dan musim barat adalah 29,12 – 29,95°C, kemudian konsentrasi klorofil-a pada musim timur adalah 1,10 – 2,27 mg/l dan musim barat adalah 0,36 – 0,69 mg/l. Musim penangkapan ikan tongkol mencapai hasil yang maksimum pada musim timur, Berdasarkan analisis regresi linier berganda didapatkan nilai koefisien determinasi (R2) pada musim timur sebesar 0,367 dan musim barat sebesar 0,765. Nilai ini menunjukkan bahwa klorofil-a dan SPL mempunyai pengaruh yang bersifat positif terhadap hasil tangkapan ikan tongkol di Kabupaten Trenggalek pada tahun 2018-2020, yakni sebesar 36,7% pada musim timur dan 76,5% pada musim barat.

Fulltext View|Download
Keywords: Ikan Tongkol; Klorofil-a; SPL; Musim Timur; Musim Barat

Article Metrics:

  1. Anggreni, R., Muliadi, Riza, A., 2018, Analisis Pengaruh Tutupan Awan Terhadap Radiasi Matahari di Kota Pontianak, Jurnal Prisma Fisika, 6(3)
  2. Ghufron, M., Z., Triarso, I., Kunarso. 2019, Analisis Hubungan Suhu Permukaan Laut Dan Klorofil-a Citra Satelit Suomi NPP VIIRS Terhadap Hasil Tangkapan Ikan Purse Seine Di PPN Pengambengan Bali, Jurnal Saintek Perikanan, 14(2)
  3. Kunarso, Graharto, S., R., Wulandari, S., Y. 2022, Identifikasi Variabilitas Suhu Permukaan Laut dan Klorofil-A serta Intensitas Upwelling di Selat Makassar, Jurnal Buletin Oseanografi Marina, 11(2)
  4. Nazula, A., Rahman, A., Winarso, G. 2019, Metode Pemetaan Sebaran Klorofil-A Secara Spasial Dan Temporal Di Teluk Jakarta Menggunakan Citra Aqua Modis, Seminar Nasional Penginderaan Jauh Ke-6 Tahun 2019
  5. Ningsih W. A. L, Lestariningsih W.A, Heltria, S., Khaldun, M.H.I. 2021. Analysis of The Relationship Between Chlorophyll-a and Sea Surface Temperature on Marine Capture Fisheries Production in Indonesia: 2018, 4th International Conference Marine Sciences (ICMS 2021)
  6. Pelabuhan Perikanan Nusantara Prigi, 2019, Laporan Statistik Time Series 5 Tahunan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Trenggalek
  7. Prayoga, I. M., Putra, I. D., Dirgayusa, I. G. 2017. Pengaruh Sebaran Konsentrasi Klorofil-a Berdasarkan Citra Satelit terhadap Hasil Tangkapan Ikan Tongkol (Euthynnus sp) Di Perairan Selat Bali, Journal of Marine and Aquatic Sciences , 3(1)
  8. Ratnawati, H.I., Hidayat, R., Bey, A., June, T., 2016. Upwelling di Laut Banda dan Pesisir Selatan Jawa serta Hubungannya dengan ENSO dan IOD, Jurnal Omni-Akuatika vol 12(3)
  9. Rifai, A., Rochaddi, B., Fadika, U., Marwoto, J., Setiyono, H. 2020. Kajian Pengaruh Angin Musim Terhadap Sebaran Suhu Permukaan Laut (Studi Kasus : Perairan Pangandaran Jawa Barat), Indonesian Journal of Oceanography , 2(1)
  10. Saing, R., Surbakti, H., Hartoni. 2017. Identifikasi Daerah Penangkapan Ikan Pelagis Berdasarkan Suhu Permukaan Laut Dan Konsentrasi Klorofil-A Menggunakan Citra Modis Di Perairan Bangka Bagian Barat, Maspari Journal vol 10(1)
  11. Sayekti, S., Harpeni, E., Muhaemin, M., 2017. Pengaruh Intensitas Cahaya Terhadap Kandungan Klorofil-a dan -c Zooxanthellae Dari Isolat Karang Lunak Zoanthus sp., Jurnal Maspari , 9(1)
  12. Sinambela, S.D, Suwarno, A., dan Henry, Rani, S., 2014. Menentukan Koefisien Determinasi Antara Estimasi M dengan Type Welsch dengan Least Trimmed Square dalam Data yang Mempunyai Pencilan. Jurnal Saintia Matematika, 2(3)
  13. Subono, M., Zainuri, M., Prasetyawan, I.B. 2017, Distribusi Klorofil-a dan Suhu Permukaan Laut di Perairan Astanajapura Kabupaten Cirebon, Jurnal Oseanografi 6(2)
  14. Syafik, A., Kunarso, Hariadi. 2013. Pengaruh Sebaran dan Gesekan Angin Terhadap Sebaran Suhu Permukaan Laut di Samudera Hindia (Wilayah Pengelolaan Perikanan Republik Indonesia 573), Jurnal Oseanografi, 2(3)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.