Analisis Kadar Etanol dalam Obat Batuk dengan Metode Kromatografi Cair

*Arianti Nuur Annisa -  Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Handung Nuryadi -  Laboratorium Bioteknologi Laut Tropis, UPT LaboratoriumTerpadu, Universitas Diponegoro, Indonesia
Widayat Widayat -  Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Dita Ayu Sofiati -  Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 8 Jan 2019; Revised: 11 Mar 2019; Accepted: 10 Apr 2019; Published: 8 Jul 2019; Available online: 3 Jun 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 21 9
Abstract

Etanol merupakan senyawa kimia yang umum digunakan sebagai pelarut dalam obat-obatan. Keberadaan etanol dalam obat dapat diragukan kehalalannya. Diperlukan analisa kandungan etanol dalam suatu produk. Kromatografi cair merupakan metode yang akurat untuk mengetahui keberadaan etanol dalam sampel. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kandungan etanol dalam obat batuk menggunakan metode HPLC. Metode yang dilakukan terdiri dari persiapan standar etanol dan sampel obat batuk, serta analisa sampel dengan HPLC. Data hasil analisa diolah dengan menggunakan software Lab Solutions. Selanjutnya disusun kurva analitik dan persamaan linear. Hasil analisa menunjukkan sampel obat batuk jenis XXX memiliki kandungan senyawa etanol. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode HPLC tepat digunakan untuk menentukan kehalalan suatu produk.

Article Metrics:

  1. Jhonprimen, H. S., A. Turnip, M. H. Dahlan. 2012. Pengaruh Massa Ragi, Jenis Ragi dan Waktu Fermentasi pada Bioetanol dari Biji Durian. Jurnal Teknik Kimia 18(2): 43-51.
  2. Mursyidi, A. 2002. Alkohol dalam Obat dan Kosmetika. Tarjih edisi ke 4.
  3. Kurniati, N. F., D. W. Suwandi, S. Yuniati. 2018. Aktivitas Mukolitik Kombinasi Ekstrak Etanol Daun Kemangi dan Ekstrak Etanol Daun Sirih Merah. Pharmaceutical Sciences and Research 5(1): 7-13.
  4. Avila, L. M., A. P. F. dos Santos, D. I. M. de Mattos, C. G. de Souza, D. F. de Andrade, L. A. d’Avila. 2018. Determination of ethanol in gasoline by high-performance liquid chromatography. Fuel 212: 236-239.