skip to main content

Pengembangan Indikator Literasi Halal: Dari Teori Ke Ruang Kelas Pembelajaran IPA

*Muhamad Ali Nurdin orcid  -  UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Dede Miftahul Anwar  -  UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Tri Cahyanto  -  UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Neneng Windayani  -  UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan indikator literasi halal dan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan memanfaatkan literasi sains dan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi halal memiliki dampak positif pada kepedulian lingkungan dan dapat memandu individu, terutama siswa, dalam membuat keputusan konsumsi yang cerdas dan sesuai dengan ajaran Islam. Integrasi literasi halal ke dalam pembelajaran IPA memerlukan pengembangan indikator literasi halal yang dapat memandu siswa dalam memahami prinsip-prinsip sains dan menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, literasi halal bukan hanya tentang pemahaman konsep keislaman, tetapi juga melibatkan analisis terhadap label produk dan sertifikasi halal. Pengembangan indikator literasi halal menjadi penting untuk menciptakan landasan yang kokoh bagi siswa agar dapat mengaplikasikan pemahaman mereka dalam kehidupan sehari-hari yang selaras dengan nilai-nilai keagamaan.

Fulltext View|Download
Keywords: indikator literasi halal, pembelajaran IPA, literasi sains, konsumsi halal, sertifikasi halal

Article Metrics:

  1. Abdullah, & Goffar, M. A. (2017). Tafsir Ibnu Katsir (Y. Harun, H. N. Wahid, & F. A. Okbah, Eds.; 10th ed., Vol. 1). Pustaka Imam Asy-Syafi’i
  2. Amarudin, A. A. (2024). Analisis Literasi Halal Dan Preferensi Produk Yang Diboikot Pada Mahasiswa Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/populer.v3i1.1948
  3. Cahyanto, T., Windayani, N., & Indah Rofi, R. (2023). Konsep dan Implementasi Literasi Halal pada Pembelajaran IPA. JPSP: Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan . https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mipa/
  4. Fattah, A., & Suhirman. (2019). Pengaruh Literasi Sains, Pemahaman Quran Hadis,Dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa. TADRIS Jurnal Pendidikan Islam, 14(2)
  5. Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2023). How to Design and Evaluate Research in Education (7th ed.). McGraw Hill LLC
  6. Gormally, C., Peggy B, & Mary L. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOLS): Measuring Undergraduates‘ Evaluation of Scientific Information and Arguments. CBE-Life Sciences Education, 11, 364–377
  7. Hamka. (2015). Tafsir Al-Azhar (1st ed.). Gema Insani
  8. Ihsan, M. S., & Jannah, S. W. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING. EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 197–206
  9. Imansari, M., Sudarmin, & Sumarni, W. (2018). ANALISIS LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERMUATAN ETNOSAINS. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2201–2211
  10. Indriayu, M. (2018). The Influence of Science Literacy-Based Teaching Material towards Science Achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(3), 182–187. https://doi.org/10.11591/ijere.v7.i3.pp182-187
  11. Ira, S., Novitasari, D., & Fikriyah, K. (2023). Pengaruh Literasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Mahasiswa Ekonomi Islam Se Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7. https://doi.org/10.30868/ad.v7i01.3963
  12. Karataş, F. Ö., Orçan, F., Çelik, S., Uludüz, Ş. M., Bektaş, B. T., & Akaygün, S. (2022). Perception and Reality: Two Dimensions of Scientific Literacy Measures. Journal of Turkish Science Education, 19(1), 129–143. https://doi.org/10.36681/tused.2022.114
  13. Khan, A., Arafat, M. Y., & Azam, M. K. (2022). Role of halal literacy and religiosity in buying intention of halal branded food products in India. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 287–308. https://doi.org/10.1108/JIMA-08-2019-0175
  14. Khasanah, M., Swastha Dharmmesta, B., Sutikno, B., & History, A. (2023). Halal food literacy: Conceptual framework, dimension, and scale development Article Info. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 2023(1), 74–90. https://doi.org/10.20885/JEKI
  15. Krisna, R., Yusuf, M., & Putra, E. (2023). Analysis of the Halal Ecosystem and Halal Literacy on the Development of Islamic Economic Halal Regulation. The 1st Proceeding of The International Conference on Business and Economics, 1, 318–336
  16. Kurahman, O. T., Priatna, T., & Cahyanto, T. (2023). Reorientation Of Halal Literacy Education Development in The Curriculum of Islamic Educational Institutions: An Alternative Concept. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01). https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.3190
  17. Nurhasanah, E., Shonia, Q., & Zahra, A. (2023). ANALYSIS OF HALAL LITERACY LEVEL OF MSMEs in TASIKMALAYA. In Jurnal Ekonomi Islam (Vol. 14, Issue 1). https://opendata.jabarprov.go.id
  18. OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and FinancialLiteracy. OECD Publishing
  19. OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA. OECD Publishing
  20. Rahayu, B. P., Cahyanto, T., & Windayani, N. (2023). Hubungan Literasi Halal dan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Terhadap Pengambilan Keputusan Produk Halal. Indonesia Journal of Halal, 6(2), 91–95. https://doi.org/10.14710/halal.v6i2.19428
  21. Salehudin, I. (2021). Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal, 2(1). https://doi.org/10.21002/amj.v2i1.1987
  22. Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., & Hofstein, A. (2006). Chemical literacy: What does this mean to scientists and school teachers? In Journal of Chemical Education (Vol. 83, Issue 10, pp. 1557–1561). American Chemical Society. https://doi.org/10.1021/ed083p1557
  23. Widiyanti, W., Solehuddin, M., & Saomah, A. (2017). PROFIL PERILAKU NARSISME REMAJA SERTA IMPLIKASINYA BAGI BIMBINGAN DAN KONSELING. INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATIONAL COUNSELING, 1(1), 15–26
  24. Wijoyo, H. S. H., Anam, Moh. S., & Isyanto, B. (2023). Implementation halal certification for creative economy business actors in the food and beverage sub-sector. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 8(2), 326–335. https://doi.org/10.26905/abdimas.v8i2.9961
  25. Yanuar Anggraeni, A., Wardani, S., & Hidayah, A. N. (2020). PROFIL PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS KONTEKSTUAL. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 14, Issue 1)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.