skip to main content

Pengembangan Industri Pariwisata Halal Di Jepang Dalam Rangka Menarik Wisatawan Muslim

*Kirana Ayu Damayanti  -  Prodi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sunan Ampel Surabaya, Kampus 2 Gunung Anyar Jl. Dr. Ir.H.Soekarno No. 682 Surabaya 60294, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2022 Indonesia Journal of Halal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Kajian ini berfokus pada Jepang dalam rangka mengembangkan industri wisata halal di negaranya yang juga merupakan negara non muslim. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menarik minat turis asing berkunjung ke Jepang. Di sisi lain, Jepang menghadapi sejumlah kesulitan dalam mencapai tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebijakan Jepang dalam mengembangkan industri wisata halal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Temuan studi menunjukkan bahwa Jepang telah berhasil menggunakan kebijakannya, yaitu nation branding, untuk menarik wisatawan Muslim berkunjung ke negaranya dan mendapatkan keuntungan bagi perekonomian domestik Jepang. Tak hanya itu, Jepang juga sukses menerapkan konsep Omonetashi untuk menciptakan citra positif untuk melayani wisatawan Jepang yang sedang berkunjung ke negaranya.

Fulltext View|Download
Keywords: Omonetashi, Industri Wisata Halal, Kebijakan Pemerintah Jepang, Nation Branding, Wisatawan Muslim.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.