skip to main content

Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat dan Faktor yang Memengaruhi di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Nasional Diponegoro

Ananda Rifda Fairuz Mumtaz  -  Pharmacy Study Program, Universitas Diponegoro, Indonesia
*Eva Annisaa' orcid  -  Pharmacy Study Program, Universitas Diponegoro, Indonesia
Intan Rahmania Eka Dini orcid  -  Pharmacy Study Program, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 30 Dec 2024; Revised: 14 Jan 2025; Accepted: 27 Jan 2025; Published: 14 Feb 2025.
Open Access Copyright 2025 Generics: Journal of Research in Pharmacy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract
Waktu tunggu pelayanan resep obat termasuk salah satu indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit pada unit standar farmasi dengan kriteria ≤30 menit untuk resep non racikan dan ≤60 menit untuk resep racikan. Pada kenyataannya waktu tunggu pelayanan resep obat tidak memenuhi SPM Rumah Sakit yang mengakibatkan pasien memilih untuk mengambil obat keesokan harinya, fenomena ini juga terjadi di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSND Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu tunggu pelayanan resep obat pasien rawat jalan dan mengetahui faktor yang memengaruhi waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSND. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional berdasarkan hasil observasi waktu tunggu pelayanan resep obat, serta sampel resep responden untuk mendapatkan data jenis pasien, jenis resep obat yang ditebus, dan jumlah item obat dalam resep. Hasil penelitian waktu tunggu pelayanan resep obat pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi RSND 82,60% tidak sesuai standar. Hasil analisis menunjukkan faktor jenis resep (p=0,821), jenis pasien (p=0,583), dan jumlah item obat dalam resep (p=0,234) tidak memengaruhi lamanya waktu tunggu pelayanan resep obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSND. 

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Ethical Clearance
Ethical Clearance
Subject
Type Ethical Clearance
  Download (400KB)    Indexing metadata
Keywords: Service Quality, Minimum Service Standards of Hospitals Pharmacy Standard Units

Article Metrics:

  1. Astuti, E. K. A., Sriatmi, A., & Agushybana, F. (2024). Waiting Time for Prescription Services on Social-Health-Insurance Patients at X Kendal Hospitals: Why Takes Too Long? JMPF, 14(4), 2024. https://doi.org/10.22146/jmpf.83619
  2. Ihsan, M., Kurnia Illahi, R., & Rachma Pramestutie, H. (2018). Hubungan antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS terhadap Pelayanan Resep (Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang). Pharmaceutical Journal of Indonesia, 3(2), 59–64. https://pji.ub.ac.id/index.php/pji/article/view/78
  3. Maftuhah, A., & Susilo, R. (2016). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Depo Farmasi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon Tahun 2016. Medical Sains: Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 39–44. https://doi.org/https://doi.org/10.37874/ms.v1i1.13
  4. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit
  5. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit (PERMENKES Nomor 72 Tahun 2016)
  6. Miftahudin. (2019). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia Jakarta Tahun 2016, Informatika Kedokteran: Jurnal Ilmiah, 2(1). https://doi.org/10.35760/MEDIF.2019.V2I1.2293
  7. Mulya, A., Ennimay, E., & Devis, Y. (2023). Analisa Faktor Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center. JFIOnline | Print ISSN 1412-1107 | e-ISSN 2355-696X, 15(1), 11–22. https://doi.org/10.35617/jfionline.v15i1.141
  8. Muti, A. F., & Octavia, N. (2018). Kajian Penggunaan Obat Berdasarkan Indikator Peresepan WHO dan Prescribing Errors Di Apotek Naura Medika, Depok. Sainstech Farma, 11(1), 25–30. https://doi.org/10.37277/sfj.v11i1.408
  9. Ningrum, D. M., & Permana, D. A. S. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Pasien Umum Dan BPJS Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap. Sains Indonesiana: Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(6)
  10. Nurjanah, I., Maramis, F. R. R., Engkeng, S., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2016). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Dengan Kepuasan Pasien Di Apotek Pelengkap Kimia Farma Blu Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi-UNSRAT, 5(1), 362-370. https://doi.org/10.35799/pha.5.2016.11379
  11. Osmani, F., Arab-Zozani, M., Shahali, Z., & Lotfi, F. (2023). Evaluation of the effectiveness of electronic prescription in reducing medical and medical errors (systematic review study). Annales Pharmaceutiques Françaises, 81(3), 433–445. https://doi.org/10.1016/j.pharma.2022.12.002
  12. Pelani, H., Eliza, E., Rahman, W., & Topis, E. (2024). Hubungan Waktu Tunggu dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Siulak Mukai Tahun 2023. Ensiklopedia of Journal, 6(2), 222-228
  13. http://jurnal.ensiklopediaku.org
  14. Purwandari, N. K., Suryoputro, A., & Arso, S. P. (2017). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Depo Farmasi Gedung MCEB RS Islam Sultan Agung Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), 103–110. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm
  15. Ramani, S., Tety, P., & Riska, P. (2021). Perbandingan Waktu Tunggu Pasien Umum Dan BPJS Di Instalasi Farmasi RSUD Palabuhanratu. Bogor: Sekolah Tinggi Teknologi Industri dan Farmasi Bogor
  16. Rethmana, A., Almasdy, D., & Burhan, I. R. (2024). Factors Affecting Waiting Time for Outpatient Prescription Services in BPJS Patients at the Pharmacy Installation of the M Natsir Solok Regional General Hospital Year 2022. International Journal of Research and Review, 11(3), 1–15. https://doi.org/10.52403/ijrr.20240301
  17. Reza, M. A., Samsualam, & Alwi, M. K. (2023). Analisis Pendekatan Lean Healthcare untuk Mengidentifikasi Waste dengan Menggunakan Value Stream Mapping (VSM) di Instalasi Farmasi Puskesmas Tanralili Maros Tahun 2022. Journal of Muslim Community Health (JMCH), 4(2), 55–65. https://doi.org/10.52103/jmch.v4i2.1205
  18. Sabila, F. C., Oktarlina, R. Z., & Utami, N. (2018). Peresepan Elektronik (E-prescribing) Dalam Menurunkan Kesalahan Penulisan Resep. Majority, 7(3), 271–275
  19. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Manajemen (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: Penerbit Alfabeta
  20. Taufiq, & Rahmatiah. (2020). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Pada Pasien Rawat Jalan di Apotek Mina Medika (Klinik Ratulangi Medical Centre) Makassar. Jurnal Kesehatan Yamasi Makassar, 4(2), 71–82
  21. Tetty, V., & Bone, A. T. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tunggu Pasien BPJS Di Poli Umum Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X. Jurnal Keperawatan Dirgahayu (JKD), 2(1), 29–35. https://doi.org/10.52841/jkd.v2i1.134
  22. Ulum, K., Hilmi, I. L., & Salman. (2023). Article Review: Implementation and Evaluation of Electronic Prescribing to Reduce Meditation Error. Journal of Pharmaceutical and Sciences, 6(1), 191. https://www.journal-jps.com
  23. Widjaya, L. (2013). Pengaruh Peresepan Elektronik Terhadap Mutu Layanan Farmasi Di Rumah Sakit “X” Jakarta Barat. Indonesian of Health Information Management Journal, 1(2), 52–56
  24. Wirajaya, M. K. M., & Rettobjaan, V. F. C. (2022). Faktor yang Memengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit: Sistematik Review. Jurnal Kesehatan, 13(2), 408–415. http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK408
  25. Yani, F., Syarifah, M., & Azizah, V. (2022). Evaluasi Waktu Tunggu Setelah Redesign dan Penerapan Lean Pharmacy Pada Pelayanan Farmasi Rawat Jalan. Journal of Medical Science, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.55572/jms.v3i1.55

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.