ANALISIS KANDUNGAN TOTAL SUSPENDED SOLID (TSS) MENGGUNAKAN CITRA SATELIT WORLDVIEW 3 DIPERAIRAN KARIMUNJAWA

*Aditya Hafidh Baktiar  -  Departemen Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Abdul Basith  -  Departemen Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Received: 19 Oct 2020; Published: 1 Dec 2020.
View
Peta TSS citra Worldview 3 menggunakan Algoritma Parwati
Subject Peta TSS
Type Research Results
  View (19MB)    Indexing metadata
Peta TSS citra Worldview 3 menggunakan Algoritma Guzman dan Santaella
Subject Peta TSS
Type Research Results
  View (24MB)    Indexing metadata
Peta TSS citra Worldview 3 menggunakan Algoritma Syarif Budhiman
Subject Peta TSS
Type Research Results
  View (19MB)    Indexing metadata
Open Access
Citation Format:
Abstract

Salah satu biota laut yang berada di perairan Karimunjawa dan sering menjadi daya tarik wisatawan yaitu terumbu karang merupakan spesies yang berperan penting dalam menjaga dan menyeimbangkan ekosistem laut. Dimana keberadaan spesies ini merupakan tempat tinggal makhluk hidup laut lainnya dan dapat berfugsi untuk mencegah abrasi pantai. Keberadaan terumbu karang serta biota laut lainnya mempunyai hubungan erat dengan sedimentasi dan suspensi padatan yang berada disekelilingnya. Dengan adanya suspense padatan yang tinggi dapat menyebabkan penurunan terhadap keanekaragaman terumbu karang dan biota laut lainnya.

Dalam rangka mengetahui serta menilai suspensi padatan yang dihasilkan diperairan karimunjawa maka dilakukan penelitian mengenai Total Suspended Solid yang berfungsi untuk mengetahui tingkat sedimentasi yang terjadi di perairan karimunjawa yang berguna untuk mencegah terjadinya penurunan keanekaragaman terumbu karang dan biota laut lainnya yang ada disana.

Dalam penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode penginderaan jauh yang memanfaatkan citra satelit resiolusi tinggi (Woldview 3) didapatkan hasil bahwa tingkat sedimentasi yang berada perairan karimunjawa didominasi oleh kategori sedang (10-20 mg/l) yang banyak ditemukan di bagian laut dangkal dan laut dalam, untuk kategori rendah (5-10 mg/l) banyak ditemukan di bagian bibir pantai. Sehingga dengan data tersebut dapat dikatakan bahwa sedimentasi yang berada diperairan karimunjawa masih berada ditingkat sedimentasi sedang yang masih bisa ditoleransi dan tidak mengganggu keanekaragaman terumbu karang dan biota laut lainnya.

Note: This article has supplementary file(s).

Funding: Aditya Hafidh Baktiar, MAGISTER TEKNIK GEOMATIKA DEPARTEMEN TEKNIK GEODESI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS GADJAH MADA

Article Metrics:

  1. Suryantini, Ismanto Aris.2011. Marine Sediment Characteristics At Karimun Java Sea Based On Stratigraphic Profile Analysis, Total Suspended Solid (Tss) And Grain-Size Analysis (Granulometry). Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, Vol. 3, No.1 Hal 26-51

Last update: 2021-05-05 20:39:19

No citation recorded.

Last update: 2021-05-05 20:39:19

No citation recorded.