skip to main content

EVALUASI UJI PERBANDINGAN KETELITIAN PADA ORTOFOTO BERDASARKAN STANDAR ASPRS

*FRANSISCA DWI AGUSTINA  -  Institut Teknologi Nasional Malang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pemetaan dengan pemotretan foto udara pada umumnya menghasilkan ketelitian yang cukup akurat. Pemotretan foto udara tersebut menghasilkan sumber data berupa ortofoto. Ortofoto yang masih belum melalui proses rektifikasi yaitu sebuah metadata dalam bidang proyeksi perspektif dan masih dipengaruhi oleh pergeseran relief, distorsi lensa, dan kemiringan kamera. Proses pengolahan ortofoto dapat dilakukan dengan berbagai macam software pendukung guna untuk melakukan proses rektifikasi. Dari berbagai macam software pengolahan ortofoto memiliki ketelitian yang berbagai macam pula, terutama hasil produk dari ortofoto. Ortofoto digital diperoleh melalui digital yaitu dengan menggunakan software, yang mana di awali dengan melakukan koreksi ketinggian Digital Elevation Model (DEM). Kualitas ortofoto dapat ditentukan dengan menggunakan kontrol kualitas yaitu melakukan uji ketelitian geometrik.

Pada penelitian ini dilakukan proses untuk menghasilkan ortofoto dengan menggunakan software Agisoft Metashape dan Pix4d Mapper. Data yang diolah yaitu metadata foto udara dan hasil pengukuran titik GCP menggunakan Pengukuran GPS Geodetic. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi ketelitian geometrik pada ortofoto menggunakan dua software yang berbeda.  Ketelitian geometri dihasilkan oleh nilai residu error ICP terhadap geometri ortofoto yang terbentuk pada pemrosesan foto udara menggunakan software Agisoft Metashape dan Pix4d Mapper.

Hasil perhitungan ketelitian geometrik merujuk pada ketelitian standar ASPRS. Evaluasi terhadap uji perbandingan ketelitian software Agisoft Metashape memiliki nilai RMSEr : 0.056310298m dan untuk tingkat kepercayaan 95% maka RMSEr x 1.7308 :  0.097462 m. Hasil ketelitian software Pix4d Mapper memiliki nilai RMSEr : 0.063017 m dan untuk tingkat kepercayaan 95% maka RMSEr x 1.7308 :  0.109071m.

Pada software Agisoft Metashape menunjukkan bahwa hasil pengolahan ortofoto tergolong kategori class III  dengan skala 1 : 200, dan software Pix4dMapper hasil pengolahan ortofoto tergolong kategori class III dengan skala 1 : 250. Maka dapat disimpulkan menurut hasil evaluasi terhadap hasil uji ketelitian data ortofoto menurut standar ASPRS menunjukkan bahwa software Agisoft Metashape memiliki nilai keakurasian yang lebih baik daripada software Pix4dMapper.

Kata Kunci : Ortofoto, ASPRS, Agisoft Metashape, Pix4dMapper

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2021-11-30 06:51:17

No citation recorded.