skip to main content

KINERJA KEUANGAN DAERAH PEMERINTAH PROVINSI PAPUA DALA KERANGKA OTONOMI KHUSUS TAHUN 2014-2020

*Kania Falahiatika Hidayat  -  Department of Public Administration, Administration Faculty, Indonesia University, Depok, Jawa Barat, Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Meskipun Otonomi Khusus (Otsus) di Provinsi Papua telah berlangsung selama dua puluh tahun, namun nyatanya tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap kesenjangan di Provinsi Papua. Pada tahun 2021 Papua masih menjadi provinsi yang memiliki status desa sangat tertinggal terbanyak dengan nilai rata-rata indeks desa membangun (IDM) sebesar 0,4563 dan 27,38 persen penduduknya berada di bawah garis kemiskinan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data sekunder melalui studi literatur, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kinerja keuangan daerah Provinsi Papua tahun 2014 hingga 2020 yang dapat dijadikan sebagai evaluasi dan tolak ukur untuk peningkatan kinerja keuangan Otsus pemerintah daerah Provinsi Papua pada periode berikutnya. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa dari indiktor keberlanjutan, fleksibilitas, maupun kerentanan pada tahun kinerja keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Papua tahun 2014 hingga 2020 belum menunjukkan kinerja yang baik. Hal ini dikarenakan transfer pemerintah pusat dalam kerangka Otsus mengurangi upaya intensifikasi pemerintah daerah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Fulltext View|Download
Keywords: Otonomi Khusus; Provinsi Papua; Kinerja Keuangan Daerah

Article Metrics:

  1. Andrews, R. (2004). Analyzing Deprivation and Local Authority Performance: The Implications for CPA. Public Money and Management, 24, 19–26
  2. Anwar, M.C. (2022, March 5). Daftar Provinsi dengan Pendapatan Daerah Terbesar di Indonesia. Retrieved May 27, 2022, from https://money.kompas.com/read/2022/03/05/121701426/daftar-provinsi-dengan-pendapatan-daerah-terbesar-di-indonesia?page=all
  3. Anggraeni, R. (2021, January 26). Tata Kelola Keuangan Papua dan Papua Barat Masih Lemah. Retrieved May 25, 2022, from https://ekbis.sindonews.com/read/314694/33/tata-kelola-keuangan-papua-dan-papua-barat-masih-lemah-1611662502
  4. Budiratna, H. & Qibthiyyah, R.M. (2020). Evaluasi atas Transfer Dana Otonomi Khusus di Aceh, Papua, dan Papua Barat. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 1(5), 402-414. https://jiss.publikasiindonesia.id/index.php/jiss/article/view/103/127
  5. Bonasir, R. (2021, December 2). Kelola Dana Triliunan Rupiah Tapi Belum Capai Sasaran, Elite Papua Disebut Kapitalisasi Isu Kemerdekaan. Retrieved May 22, 2022, from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-59243056
  6. BAKN DPR RI. (2020). Penelaahan atas Dana Otonomi Khusus Provinsi Papua. Retrieved from https://www.dpr.go.id/dokakd/dokumen/BAKN-55-fff47ff1666a28f0fe03fa87efa749a2.pdf
  7. BPS. (n.d.). Apa Itu Indeks Pembangunan Manusia? Retrieved May 21, 2022, from https://www.bps.go.id/subject/26/indeks-pembangunan-manusia.html
  8. Briantika, (2021, May 27). Penyebab Ekonomi Provinsi Papua Tumbuh 2,2% Selama Pandemi 2020. Retrieved May 22, 2022, from https://tirto.id/gglo
  9. BPKAD Provinsi Papua. (2019). Pengalokasian Dana OTSUS Tahun Anggaran 2018. May 15, 2022. https://bpkad.papua.go.id/dana-otsus/21/pengalokasian-data-otsus-tahun-anggaran-2018.htm
  10. Cepos, A. (2021, December 14). Tingkatkan PAD Pegubin, Bupati Minta OPD Lakukan Inovasi Daerah. Retrieved May 22, 2022, from https://www.ceposonline.com/2021/12/20/tingkatkan-pad-pegubin-bupati-minta-opd-lakukan-inovasi-daerah/
  11. Chester, M. V. (2019). Sustainability and Infrastructure Challenges. Nature Sustainability, 2(4), 265–266. doi: 10.1038/s41893-019-0272-8
  12. Chohan, B., Imran, M., & Cheyne, C. (2011, Januari). Roads for economic development: an analysis of urban transport policies of New Zealand and Pakistan. Proceedings of the Australasian Transport Research Forum 2011
  13. Databoks. (2021). Papua Jadi Provinsi yang Miliki Desa Sangat Tertinggal Terbanyak pada 2021. May 16, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/15/papua-jadi-provinsi-yang-miliki-desa-sangat-tertinggal-terbanyak-pada-2021#:~:text=Menurut%20laporan%20Kementerian%20Desa%2C%20Pembangunan,lain%2C%20yakni%200%2C4563
  14. Databoks. (2021). Indeks Pembangunan Manusia Papua Naik Tipis Jadi 60,62 pada 2021. Retrieved May 21, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/04/indeks-pembangunan-manusia-papua-naik-tipis-jadi-6062-pada-2021#:~:text=Indeks%20Pembangunan%20Manusia%20(IPM)%20Papua%20(2016%2D2021)&text=Itu%20tercermin%20dengan%20Indeks%20Pembangunan,2019%20yang%20sebesar%2060%2C84
  15. Databoks. (2021). Skor Indeks Pembangunan Manusia Papua Menurun pada 2020. Retrieved May 21, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/22/skor-indeks-pembangunan-manusia-papua-menurun-pada-2020#:~:text=Skor%20Indeks%20Pembangunan%20Manusia%20Papua%20Menurun%20pada%202020,-Skor%20Indeks%20Pembangunan&text=Skor%20Indeks%20Pembangunan%20Manusia%20(IPM,sekaligus%20paling%20rendah%20di%20Indonesia
  16. Databoks. (2022). Lebih dari Sepertiga Penduduk Perdesaan Papua Hidup Miskin pada September 2021. May 16, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/18/lebih-dari-sepertiga-penduduk-perdesaan-papua-hidup-miskin-pada-september-2021
  17. Dilliana, S. M., Gayatri, G., Ratnadi, N. M. D., & Wirajaya, I. G. A. (2019). Regional Financial Performance Mediates the Effect of Regional Balance Funds and Expenditures on Economic Growth. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 6(6), 164-171
  18. DPR RI. (2013). Kajian atas Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Dana Otonomi Khusus Provinsi Papua, Papua Barat dan Provinsi Aceh. May 15, 2022. https://www.dpr.go.id/doksetjen/dokumen/bpkdpd_Analisa_Pengelolaan_&_Pertanggungjawaban_Dana_Otsus_Prov._Papua,_Papua_Barat_&_NAD20130304142912.pdf
  19. DPR RI. (2021). Laporan Kunjungan Kerja Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001 Tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua ke Provinsi Papua Barat. May 16, 2022. https://www.dpr.go.id/dokakd/dokumen/PANSUS-12-7e73eb6af2e4e842b19fe9c79eaed98c.pdf
  20. Fatahillah, T. N., Ananda, C. F., & Prasetyia, F. (2021). Dana otonomi khusus Papua, tingkat pembangunan daerah, dan kapasitas pajak. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 6(4), 345-359
  21. Fahmi, A. H. (2018). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Di Sektor Pendidikan dan Kesehatan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Papua Tahun 2011-2015
  22. Flick, U., von Kardorff, E., & Steinke, I. (2004). A Companion to Qualitative Research. London: SAGE Publications
  23. Groves, M., Godsey, W., & Shulman, M. (2003) Evaluating Financial Condition: A Handbook of Local Government, 3rd edn. The International City/County Management Association
  24. Halim, A. (2004). Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Revisi. Yogyakarta: YKPN
  25. Indrawati, I., Sarfiah, S. N., & Destiningsih, R. (2020). ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, KETIMPANGAN DISTRIBUSI PENDAPATAN, DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN PROVINSI PAPUA TAHUN 2014-2019. DINAMIC: Directory Journal of Economic, 2(4), 1068-1080
  26. Kartika, M. (2021, Maret 11). Kenaikan Dana Otsus Papua Dipertanyakan. Retrieved May 22, 2022, from https://www.republika.co.id/berita/qpsrhq485/kenaikan-dana-otsus-papua-dipertanyakan
  27. Kayame, H., Arie, M., Razak, A., & Pittingi, F. (2017). The Increase of Region Own Source Revenue in Realizes the Prosperity of Papua Communities. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(4), 45-52
  28. Kekry, B. P. (2020). Indeks Kemampuan Keuangan Daerah di Provinsi Papua. Jumabis: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1), 27-34
  29. Kementerian PUPRa. (2021). Informasi Statistik Kementerian PUPR. Open Data PUPR. Retrieved April 20, 2022, from https://data.pu.go.id/sites/default/files/Buku%20Informasi%20Statistik%20Infrastruktur%20PUPR%202021_Final.pdf
  30. Laurance, W. F., Sloan, S., Weng, L., & Sayer, J. A. (2013). Estimating the Environmental Costs of Africa’s Massive “Development Corridors”. Trends in ecology & evolution, 24(11), 659-669. https://doi.org/10.1016/j.cub.2015.10.046
  31. Lele, G. (2019). Asymmetric Decentralization and the Problem of Governance: The Case of Indonesia. Asian Politics & Policy, 11(4), 544–565. doi: 10.1111/aspp.12493
  32. Li, Y. (2018). Asymmetric Decentralization, Intergovernmental Transfers, and Expenditure Policies of Local Governments. Frontiers of Economics in China, 13(2), 223–248
  33. Llanto, G. M. (2016). Philippine Infrastructure and Connectivity: Challenges and Reforms. Asian Economic Policy Review, 11, 243-261. doi: 10.1111/aepr.12141
  34. Mayor, R. (2022, Maret 2). Dana Otsus Jadi Sumber Pembiayaan Utama APBD Papua, Sementara Sumber PAD Dibawah Rata-rata NasionaL. Retrieved May 21, 2022, from https://portalpapua.pikiran-rakyat.com/lokal/pr-1303872694/dana-otsus-jadi-sumber-pembiayaan-utama-apbd-papua-sementara-sumber-pad-dibawah-rata-rata-nasional
  35. Mutaqin, A. (2013). Otonomi Khusus Papua Sebuah Upaya Merespon Konflik Dan Aspirasi Kemerdekaan Papua. Politika: Jurnal Ilmu Politik Undip, 4(1), 5-18
  36. Neuman, W. L., & Robson, K. (2014). Basics of Social Research. Toronto: Pearson Canada
  37. Nugroho, A.H. (2020). Kebijakan Pemerintah Joko Widodo dan Jusuf Kalla Dalam Upaya Membangun Dialog Untuk Penyelesaian Konflik Vertikal Papua Tahun 2014-2019
  38. Parera, J.R. (2017). Analisis Efektivitas Pajak Daerah di Provinsi Papua. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 47-55
  39. Pemprov Papua. (2020, September 14). Proyek Fisik Ditiadakan Dalam APBD Perubahan 2020. Retrieved May 22, 2022, from https://papua.go.id/view-detail-berita-7450/proyek-fisik-ditiadakan-dalam-apbd-perubahan-2020.html
  40. Romdioni, A.N., Ulita, A.S., Hiktaop, A., Herdijono, M.V.I., Hayon, P.P., & Kadir, A.R. (2020, March). Fiscal Decentralization and Regional Income: Evidence from Papua Province, Indonesia. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 473, No. 1, p. 012079). IOP Publishing
  41. Rusiana, D.A. (2021, December 16). Dana Otsus Papua Naik, Mendagri Yakin Lebih Tepat Sasaran. Retrieved May 22, 2022, from https://nasional.sindonews.com/read/629881/15/dana-otsus-papua-naik-mendagri-yakin-lebih-tepat-sasaran-1639624336
  42. Safa’at, M.A. (2014). Problem Otonomi Khusus Papua. http://safaat.lecture.ub.ac.id/files/2014/03/PROBLEM-OTONOMI-KHUSUS-PAPUA.pdf
  43. Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif. Bandung: UPI
  44. Tauda, G.A. (2018). Desain Desentralisasi Asimetris Dalam Sistem Ketatanegaraan Republik Indonesia. Administrative Law and Governance Journal, 1(4), 413-434
  45. Worumi, H. (2018). Model Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Sarmi Provinsi Papua. Jurnal Ekologi Birokrasi, 6(3), 23-39
  46. Yasin, M. (2020). Analysis of Regional Original Revenues and Routine Expenditures on Regional Financial Performance in East Java Regencies and Cities: Analysis of Regional Original Revenues and Routine Expenditures on Regional Financial Performance in East Java Regencies and Cities. Jurnal Mantik, 3(4), 64-69
  47. Zuhri, M., & Soleh, A. (2016). Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kaur. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 4(2)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.