skip to main content

UPAYA MEWUJUDKAN DYNAMIC GOVERNANCE PADA PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SIDOARJO

*Bimantara Nur Alim  -  Departemen Administrasi Publik, Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Bertambahnya jumlah layanan kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo berdampak pada pelayanan yang terkesan tidak terorganisir dengan baik. Tujuan penelitian ini menganalisi dynamic governance dalam pelayanan public dengan memperhatikan elemen culture dan capabilities yang meliputi thinking ahead, thinking again, dan thinking across. Melalui pendekatan penelitian deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa kurang meratanya kompetensi dan kurang banyaknya tenaga kerja menyebabkan gagasan thinking ahead belum dapat direncanakan dengan lebih matang. Elemen kapabilitas yang dapat dijalankan dengan baik yaitu thinking again dimana instansi selalu meninjau evaluasi kinerja pegawai dan menganalisa respon masyarakat terhadap kinerja organisasi. Selanjutnya, thinking across menjadi elemen kapabilitas yang juga telah dijalankan dengan baik dengan mempelajari keberhasilan daerah lain dalam menyelenggarakan mal pelayanan publik lalu mengadopsinya.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Andhika, L. R. (2017). EVOLUSI KONSEP TATA KELOLA PEMERINTAH: SOUND GOVERNANCE, DYNAMIC GOVERNANCE Dan OPEN GOVERNMENT. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 8(2). https://doi.org/10.22212/jekp.v8i2.867
  2. Bezerra, M. C. da C., Gohr, C. F., & Morioka, S. N. (2020). Organizational capabilities towards corporate sustainability benefits: A systematic literature review and an integrative framework proposal. Journal of Cleaner Production, Vol. 247. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.119114
  3. Colm, L., Ordanini, A., & Bornemann, T. (2020). Dynamic Governance Matching in Solution Development. Journal of Marketing, 84(1). https://doi.org/10.1177/0022242919879420
  4. Cresweell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications, Inc
  5. Firnanda dan Prabawati. (2020). Implementasi Kebijakan Kartu Identitas Anak Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Implementasi Kebijakan Kartu Identitas Anak Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo, (2)
  6. Hartley, J., & Rashman, L. (2018). Innovation and inter-organizational learning in the context of public service reform. International Review of Administrative Sciences, 84(2). https://doi.org/10.1177/0020852318762309
  7. Haryani, T. N., Nugroho, R. A., & Nurhalima, I. (2022). Adoption of Public Service Mall in Kebumen Regency. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v7i5.10568
  8. Haryani, T. N., & Puryatama, A. F. (2020). Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Di Indonesia. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(1). https://doi.org/10.35326/kybernan.v1i1.580
  9. Kamil, M., Roziqin, A., & Rahmawati, Y. (2021). Dynamic Governance Model Within Integrated Waste Management In Malang City: Agile People And Process In Actions. Jurnal Studi Pemerintahan, 12(3). https://doi.org/10.18196/jgp.123140
  10. Lawrence Neuman, W. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches W. Lawrence Neuman Seventh Edition. In Pearson New International Edition
  11. Mahknunah, L., & Choiriyah, I. U. (2021). Public Satisfaction Survey On The Availability Of Facilities And Infrastructure Of The Department Of Population And Civil Registration Of Sidoarjo District. Academia Open, 3. https://doi.org/10.21070/acopen.3.2020.1131
  12. Mayarni, M. (2019). Implementation Of Dynamic Governance Concept In Regional Government Of Siak Regency. Iapa Proceedings Conference. https://doi.org/10.30589/proceedings.2018.179
  13. Neo, B. S., & Chen, G. (2007). Dynamic governance: Embedding culture, capabilities and change in Singapore. In Dynamic Governance: Embedding Culture, Capabilities and Change in Singapore. https://doi.org/10.1142/6458
  14. Rahmadanik, D. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo di Era Pandemi Covid-19. Dinamika Governance : Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1). https://doi.org/10.33005/jdg.v11i1.2480
  15. Rahman, A., & Bakri, R. (2019). Penataan Pengelolaan Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Dynamic Governance. Jurnal Konstituen, 1(1). https://doi.org/10.33701/jk.v1i1.309
  16. Rahmatunnisa, M. (2019). Dialektika Konsep Dynamic Governance. Jurnal Academia Praja, 2(02). https://doi.org/10.36859/jap.v2i02.116
  17. Ridder, H. G., Miles, M. B., Michael Huberman, A., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis. A methods sourcebook. Zeitschrift Fur Personalforschung, 28(4)
  18. Schoemaker, P. J. H., Heaton, S., & Teece, D. (2018). Innovation, dynamic capabilities, and leadership. California Management Review, 61(1). https://doi.org/10.1177/0008125618790246
  19. Thomas, N. L. (2014). Democracy by Design. Journal of Deliberative Democracy, 10(1). https://doi.org/10.16997/jdd.187
  20. Turner, M., Prasojo, E., & Sumarwono, R. (2022). The challenge of reforming big bureaucracy in Indonesia. Policy Studies, 43(2). https://doi.org/10.1080/01442872.2019.1708301
  21. Wardani, A. K. (2019). Urgensi Inovasi Pelayanan Bidang Administrasi Publik di Era Disrupsi. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.