ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK OLAHAN SINGKONG

*Pradiptya Ayu Harsita -  Universitas Negeri Jember, Indonesia
Amam Amam -  Universitas Negeri Jember, Indonesia
Received: 31 Mar 2018; Published: 31 May 2019.
Open Access Copyright 2019 Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 215 94

Abstract

Kandungan karbohidrat singkong yaitu 38 gram per 100 gram singkong atau setara dengan 12%, sehingga singkong cocok dijadikan makanan pengganti beras. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Jombang pada bulan Oktober - November 2017. Sampel untuk penelitian ini adalah siswa Pondok Pesantren Al-Mardliyah Tambakberas. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sikap konsumsi terhadap produk olahan singkong. Atribut yang digunakan dalam penelitian adalah: rasa, warna, bau, dan tekstur. Produk yang digunakan sebagai objek penelitian adalah: singkong rebus, singkong goreng, singkong bakar, keripik singkong, tape, slondok, dan gethuk. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu 100 responden. Analisis data menggunakan analisis Fishbein dan analisis deskriptif pada model multi-atribut yang mencakup skor kepercayaan (bi) dan skor evaluasi (ei). Hasil penelitian menyebutkan bahwa secara keseluruhan, hasil dari sikap konsumen terhadap produk olahan singkong adalah positif berdasarkan hasil analisis Fishbein. Keripik singkong merupakan produk olahan singkong dengan nilai atribut paling tinggi dan gethuk merupakan produk olahan singkong dengan nilai atrbut paling rendah. Kesimpulan penelitian ini yaitu produk-produk olahan singkong mempunyai potensi sebagai bahan makanan pengganti nasi.

 


Keywords
atribut; konsumen; sikap; dan singkong.

Article Metrics:

  1. Afriani. 2011. Pengaruh Rangsangan Pemasaran Terhadap Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Membeli Susu Bubuk di Kota Jambi. Jurnal Ilmiah – Ilmu Peternakan XIV (2).
  2. Alvita, R. 2008. Hubungan Antara Persepsi & Preferensi Konsumen dalam Kaitannya dengan Pengambilan Keputusan Pembelian Susu Bubuk & Susu Cair. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. Agribisnis Universitas Brawijaya. Malang.
  3. Amama. 2015. Analisis Sikap Konsumen terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi dengan Menggunakan Multi-atribut dan Norma Subyektif Model. Tesis: Program Pascasarjana Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Malang.
  4. _____b. 2015. Analisis Sikap Konsumen terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi dengan Menggunakan Multi-atribut dan Norma Subyektif Model. Jurnal Wacana: 19 (1) 1-12.
  5. _____c. 2016. Pengaruh Atribut Susu Bubuk Berkalsium Tinggi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal UKK: 8 (1) 1-8.
  6. _____d. 2017. Rekayasa Budaya Konsumsi Singkong sebagai Pelengkap Makanan Pokok dan Sikap Konsumen terhadap Pangan Berbasis Singkong. Laporan Penelitian PDP. Universitas Jember.
  7. Arikunto. 1986. Struktur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Penerbit: PT. Bina Aksara. Jakarta.
  8. Asseal, H. 1987. Consumer Behavior & Marketing Action. Third Edition. Wadsworth Inc. Boston.
  9. Engel, F., James, R., Blackwell, D., Paul, W., Miniard. Consumer Behaviour 8thEdition. 2001. Dryden Press. Hourcout Brace Collage Publisher.
  10. Farid, M. dan Sukesi, H. 2011. Pengembangan Susu Segar dalam Negeri untuk Pemenuhan Kebutuhan Susu Nasional. Buletin Ilmiah Pusat Penelitian & Pengembangan Perdagangan. Kementerian Perdagangan.
  11. Fishbein, M. 1967. A Behavior Theory Approach of the Rebition Beliefs About & Object & the Attitude Toward the Object. Reading Attitude Theory & Measurement, Wiley. New York.
  12. Fishbein, M. and Ajzeen, I. 1975. Belief, Attitude, Intention & Behavior: An Introduction to Theory & Research. Addison Wesley Publishing Company. New York.
  13. Ginter, J., L,. 1974. An Experimental Investigation of Attitude Change and Choice of New Brand. Journal of Marketing Research 11 Februari.
  14. Hartono, B., Utami, H. D., Amanatullaili, N. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Membeli Produk Susu Pasteurisasi Kabupaten Kudus. Buletin Peternakan Vol. 34 (2) : 123-130.
  15. Henry, M. 2013. Pengertian Data & Jenis Data. Penerbit: Referensi Press. Yogyakarta.
  16. Ibrahim. 2001. Analisis Sikap Konsumen Terhadap Atribut Sabun Mandi Biasa di Kota Yogyakarta: Studi Kasus Sabun Mandi Merek Lux dan Giv.Jurnal Ilmu Manajemen. Manajemen Pemasaran. UB. Malang.
  17. Iriani, Y. dan Barokah, M. 2010. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian. Jurnal Teknik Industri. Universitas Widyatama.
  18. Istiana, L., Syahlani, S.P., dan Nurtini, S. 2006. Pengaruh Sikap, Norma Subyektif & Kontrol Keperilakuan Terhadap Niat & Perilaku beli Produk Susu UHT. Jurnal Ilmiah – Ilmu Peternakan, UGM. Yogyakarta.
  19. Kilamanca, C. M. 2008. Sikap Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Produk Susu Kedelei di Kota Surakarta. Jurnal Pertanian. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
  20. Kombe, A. 2008. Klasifikasi Data: Data Primer, Data Sekunder & Data Tersier dalam Konsumsi Referensi Bisnis. Groin Press, Grage. Cirebon.
  21. Kotler, P. 1995. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan & Pengendalian. Edisi VIII. Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.
  22. _____________. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi & Kontrol. Edisi IX. Prenhallindo. Jakarta.
  23. Loudon, D.L, & Bitta, Della, A.J, . 1993. Consumer Behavior: Concept & Aplicatiom. 4th Edition, Singapore: Mc. Graw Hill Inc, New York.
  24. Lufhtiyah, F. 2011. Metode Penelitian Kualitatif: Sistematika Penelitian Kualitatif. Wordpress Teknologi Pendidikan.
  25. Mowen, J. C. & Minor, M. Consumer Behaviur Six Edition. New Jersey. Prentice Hall.
  26. Musthofa, A. 2013. Manfaat Susu: Studi Kasus pada Susu Bubuk Merek Anlene. Jurnal Nasional: Ilmu-ilmu Manajemen. Bandung.
  27. Prasetyo, H. 2007. Analisis Motivasi dan Pertimbangan Pembelian serta pengaruhnya terhadap Preferensi (Studi Preferensi Konsumen Susu Bubuk Olahan di Kota Malang).Disertasi. Program Doktor Ilmu Pertanian Minat Peternakan. Universitas Brawijaya. Malang.
  28. Ratih, H. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan ke tiga. Penerbit: CV Alfabeta. Bandung.
  29. Retnaningsih, dkk. 2002. Perilaku Konsumen Susu pada Wanita Dewasa di Jakarta Timur. Jurnal Nasional. IPB Press. Bogor.
  30. Sanusi, A. 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi kedua. Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.
  31. Santoso, S. 2010. Statistik Nonparametik. Penerbit: PT. Media Elek Komputindo. Jakarta.
  32. Suciptawati, N. L. P. 2009. Metode Statistika Nonparametik. Penerbit: Udayana University Press.
  33. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, & Kualitatif. Penerbit: CV Alfabeta. Bandung.
  34. ________. 2011. Statistik untuk Penelitian. Penerbit: CV Alfabeta. Bandung.
  35. Sumarwan, U., Fauzi, A., Mulyana, A., Karno, B. N., Mawardi, P. K., dan Nugroho, W. 2011. Riset Pemsaran dan Konsumen (Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas dan Persepsi Resiko). IPB Press. Bogor.
  36. Supartono, dkk. 1996. Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Terhadap Pemilihan Ukuran Kemasan Produk Susu. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. UGM Press. Yogyakarta.
  37. Suryabrata. 1983. Metodologi Penelitian. Penerbit: Rajawali. Jakarta.
  38. Swastha, B. 1992. Riset Tentang Minat & Perilaku Konsumen: Sebuah Catatan & Tantangan Bagi Peneliti yang Mengacu pada Theory of Reason Action. Journal economic & business Indonesia, FE-UGM, No. I tahun ke VII.
  39. _________. 1994. Perilaku Konsumen Indonesia Tahun 2000. Penerbit: Gajahmada University Press on Business Review, NO. 6/III/Mei 1994.
  40. Utami, R. W. 2009. Segmentasi & Analisis Perilaku Konsumen. Jurnal Pascasarjana UNEJ. Jember.
  41. Wilkie, F. & Kemins, M. 1990. An Empirical Investigation of Consumer Memory, Attiutude & Perception Toward Pioner & Follower Brand. Journal of Marketing. Boston.