skip to main content

ANALISIS PERUBAHAN LAYANAN BEBAS PINJAM UPT PERPUSTAKAAN DAN UNDIP PRESS TAHUN 2019-2022

*Romdha Nugrahani  -  UPT Perpustakaan dan Undip Press, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Perubahan layanan bebas pinjam di UPT Perpustakaan dan Undip Press dalam kurun waktu
tahun 2019 sampai dengan tahun 2022, antara lain dipengaruhi pandemi akibat Covid-19.
Kajian ini menganalisis bagaimana layanan bebas pinjam sebelum pandemi, saat pandemi
maupun saat menuju masa transisi menuju normal. Selain itu untuk mengetahui sistem
permohonan bebas pinjam seperti apa yang paling dibutuhkan civitas akademika Universitas
Diponegoro. Metode kajian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan
data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan data statistik sebagai tambahan. Hasil
kajian menunjukkan bahwa di masa sebelum pandemi, masa pandemi, dan masa transisi
memberikan dampak terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) dan berdampak pada
tingkat kesulitan mahasiswa dalam mengakses layanan. Model layanan bebas pinjam online
dianggap paling efektif diterapkan dalam beragam kondisi, ini menjadi pilihan terbaik pada
layanan bebas pinjam UPT Perpustakaan dan Undip Press.


Kata Kunci: Perubahan Layanan Bebas Pinjam, Layanan Bebas Pinjam Online, Layanan Bebas Pinjam Masa Pandemi, SOP Layanan Bebas Pinjam.

 

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.