Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{WJSBB16912, author = {Indah Yuliarti and Redyanto Noor}, title = {Peran Momentous Publisher dalam Produksi dan Distribusi Karya Sastra Berupa Novel (Sebuah Kajian Sosiologi Sastra)}, journal = {Wicara: Jurnal Sastra, Bahasa, dan Budaya}, volume = {2}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = { Penelitian ini mengggunakan teori sosiologi sastra Roberst Escarpit. Tujuannya untuk mengetahui proses produksi dan distribusi di Momentous Publisher. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi sastra, karena penelitian ini berada dalam ranah produksi dan distribusi karya sastra. Data yang diperoleh akan diolah dan disajikan data secara ilmiah dari apa yang diperoleh pada saat wawancara ke dalam pembahasan. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah, Momentous Publisher merupakan penerbit independent yang juga memberikan layanan Vanity Publisher . Momentous Publisher beroperasi secara virtual atau biasa dikenal dengan Virtual Office, para karyawannya dapat bekerja dari jauh tanpa perlu datang ke kantor. Kantor utamanya hanya digunakan sebagai gudang atau tempat pengemasan saja. Momentous Publisher membuka peluang untuk menerbitkan karya para penulis pemula dengan menyediakan berbagai jalur pemerolehan naskah melalui jalur seleksi, jalur berbayar, dan jalur pinangan. Upaya tersebut dilakukan untuk membantu para penulis pemula menguji karyanya di mata publik. Setelah kontrak terbit disetujui oleh kedua belah pihak, tahap produksi selanjutnya berupa penyuntingan, covering, layouting, dan pencetakan buku. Masing-masing memerlukan waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Distribusi yang meliputi tahap promosi dilakukan bahkan satu bulan sebelum rilis, kegiatan publikasi dilakukan secara terus menerus sebelum penjualan dibuka. Momentous Publisher yang usianya belum genap 3 tahun tetapi jumlah karya sastra yang dilahirkan kurang lebih sudah mencapai 60 judul. Didistribusikan dengan dua metode penjualan online dan offline berkerja-sama dengan delapan toko buku online dan sebuah toko offline ternama yaitu Gramedia. Kata kunci : Momentous Publisher, sosiologi sastra, produksi, distribusi. }, issn = {2830-0904}, pages = {49--53} doi = {10.14710/wjsbb.2023.16912}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/wicara/article/view/16912} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini mengggunakan teori sosiologi sastra Roberst Escarpit. Tujuannya untuk mengetahui proses produksi dan distribusi di Momentous Publisher. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi sastra, karena penelitian ini berada dalam ranah produksi dan distribusi karya sastra. Data yang diperoleh akan diolah dan disajikan data secara ilmiah dari apa yang diperoleh pada saat wawancara ke dalam pembahasan.
Hasil analisis dalam penelitian ini adalah, Momentous Publisher merupakan penerbit independent yang juga memberikan layanan Vanity Publisher. Momentous Publisher beroperasi secara virtual atau biasa dikenal dengan Virtual Office, para karyawannya dapat bekerja dari jauh tanpa perlu datang ke kantor. Kantor utamanya hanya digunakan sebagai gudang atau tempat pengemasan saja. Momentous Publisher membuka peluang untuk menerbitkan karya para penulis pemula dengan menyediakan berbagai jalur pemerolehan naskah melalui jalur seleksi, jalur berbayar, dan jalur pinangan. Upaya tersebut dilakukan untuk membantu para penulis pemula menguji karyanya di mata publik. Setelah kontrak terbit disetujui oleh kedua belah pihak, tahap produksi selanjutnya berupa penyuntingan, covering, layouting, dan pencetakan buku.
Masing-masing memerlukan waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Distribusi yang meliputi tahap promosi dilakukan bahkan satu bulan sebelum rilis, kegiatan publikasi dilakukan secara terus menerus sebelum penjualan dibuka. Momentous Publisher yang usianya belum genap 3 tahun tetapi jumlah karya sastra yang dilahirkan kurang lebih sudah mencapai 60 judul. Didistribusikan dengan dua metode penjualan online dan offline berkerja-sama dengan delapan toko buku online dan sebuah toko offline ternama yaitu Gramedia.
Kata kunci: Momentous Publisher, sosiologi sastra, produksi, distribusi.
Article Metrics:
Last update:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)
You are free to:
The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
Notices:
View My Stats