skip to main content

Peran Momentous Publisher dalam Produksi dan Distribusi Karya Sastra Berupa Novel (Sebuah Kajian Sosiologi Sastra)

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro., Indonesia

Received: 28 Dec 2022; Revised: 10 Mar 2023; Accepted: 31 Mar 2023; Available online: 30 Apr 2023; Published: 29 May 2023.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini mengggunakan teori sosiologi sastra Roberst Escarpit. Tujuannya untuk mengetahui proses produksi dan distribusi di Momentous Publisher. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi sastra, karena penelitian ini berada dalam ranah produksi dan distribusi karya sastra. Data yang diperoleh akan diolah dan disajikan data secara ilmiah dari apa yang diperoleh pada saat wawancara ke dalam pembahasan.

Hasil analisis dalam penelitian ini adalah, Momentous Publisher merupakan penerbit independent yang juga memberikan layanan Vanity Publisher. Momentous Publisher beroperasi secara virtual atau biasa dikenal dengan Virtual Office, para karyawannya dapat bekerja dari jauh tanpa perlu datang ke kantor. Kantor utamanya hanya digunakan sebagai gudang atau tempat pengemasan saja. Momentous Publisher membuka peluang untuk menerbitkan karya para penulis pemula dengan menyediakan berbagai jalur pemerolehan naskah melalui jalur seleksi, jalur berbayar, dan jalur pinangan. Upaya tersebut dilakukan untuk membantu para penulis pemula menguji karyanya di mata publik. Setelah kontrak terbit disetujui oleh kedua belah pihak, tahap produksi selanjutnya berupa penyuntingan, covering, layouting, dan pencetakan buku.

Masing-masing memerlukan waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Distribusi yang meliputi tahap promosi dilakukan bahkan satu bulan sebelum rilis, kegiatan publikasi dilakukan secara terus menerus sebelum penjualan dibuka. Momentous Publisher yang usianya belum genap 3 tahun tetapi jumlah karya sastra yang dilahirkan kurang lebih sudah mencapai 60 judul. Didistribusikan dengan dua metode penjualan online dan offline berkerja-sama dengan delapan toko buku online dan sebuah toko offline ternama yaitu Gramedia.

 

Kata kunci: Momentous Publisher, sosiologi sastra, produksi, distribusi.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Aliansi Internasional Penerbit Independen di Paris (Prancis), 2007 ( Deklarasi Internasional Penerbit Independen untuk bersama-sama mempromosikan dan memperkuat keanekaragaman hayati (diakses pada 10 Desember 2022)
  2. Escarpit, Robert. 2017. Sosiologi Sastra (Terjemahan oleh Ida Sundari Husen). Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
  3. Junus, Umar. 1986. Sosiologi Sastra: Persoalan Teori dan Metode. Kualalumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka Kementerian Pelajaran Malaysia
  4. Ratna, N. K. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  5. Trimansyah, B. 2017. 200+ Solusi Editing Naskah dan Penerbitan. Jakarta: Bumi Aksara

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.