skip to main content

Gaya Bahasa Lirik Lagu "untuk hati yang terluka", "ragu Semesta", dan "Sikap Dunawi" pada Album LEXICON Isyana Sarasvati (Sebuah Kajian Stilistika)

1Jurusan Sastra Indonesia Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto,SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

2Faculty of Humanities, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Received: 14 Sep 2022; Revised: 9 Oct 2022; Accepted: 15 Oct 2022; Available online: 31 Oct 2022; Published: 24 Nov 2022.

Citation Format:
Abstract
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gaya bahasa dalam lirik lagu “untuk hati yang terluka”, “ragu Semesta”, dan “Sikap Duniawi” yang dianalisis dari segi gaya bahasa dalam bunyi, gaya bahasa dalam kata, gaya kalimat, dan gaya wacana menggunakan kajian stilistika. Penelitian ini menggunakan teori struktur puisi, teori stilistika, dan teori gaya bahasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode stilistika yang menitikberatkan pada pengkajian mengenai gaya bahasa objek material penelitian yang mencakup: (1) teknik pengumpulan data; (2) teknik analisis data; (3) tahap penyajian hasil analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah, gaya bahasa dalam bunyi pada lirik lagu “untuk hati yang terluka” dan “ragu Semesta” menunjukkan bunyi kakafoni yang mengisyaratkan makna yang memiliki nuansa sedih, sedangkan pada lirik lagu “Sikap Duniawi” menujukkan bunyi efoni yang mengisyaratkan makna dan nuansa bahagia. Gaya bahasa dalam kata pada ketiga objek material penelitian ini menggunakan bahasa keseharian namun dari segi tata bahasa dikemas secara implisit untuk memberikan nilai puitis. Gaya kalimat pada lirik lagu “untuk hati yang terluka” meliputi gaya bahasa aferesis sebanyak sebelas (11) data, repetisi, alegori, metafora, hiperbola masing-masing sebanyak dua (2) data, dan personifikasi sejumlah satu (1) data. Pada lirik lagu “ragu Semesta” meliputi gaya bahasa aferesis sebanyak dua belas (12) data, simile, personifikasi, dan repetisi masing-masing sebanyak sati (1) data, dan metafora sebanyak tiga (3) data. Dan gaya bahasa pada lirik lagu “Sikap Duniawi” meliputi gaya bahasa aferesis sebanyak dua (2) data, retoris dan ironi masing-masing sebanyak satu (1) data, metafora sebanyak enam (6) data, dan repetisi sebanyak tiga (3) data. Gaya wacana pada ketiga objek material penelitian merupakan wacana yang saling terhubung dan padu.

Kata kunci: “untuk hati yang terluka”, “ragu Semesta”, “Sikap Duniawi”, Album LEXICON, Stilistika.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Isyana Sarasvati. URL https://isyanasarasvati.com/. Diakses pada 12 Mei 2022
  2. Noor, Redyanto. 2015. Pengantar Pengkajian Sastra. Semarang: FASindo
  3. Pradopo, Rachmat Djoko. 2017. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  4. ___________________. 2020. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  5. Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika: Kajian Puitika, Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.