skip to main content

Nilai Moral Film Kulari ke Pantai Karya Riri Riza (Tinjauan Sosiologi Sastra)

Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 16 Aug 2022; Revised: 5 Oct 2022; Accepted: 15 Oct 2022; Available online: 31 Oct 2022; Published: 24 Nov 2022.

Citation Format:
Abstract

Palupi, Indah. 2022. “Nilai Moral Film Kulari ke Pantai Karya Riri Riza (Tinjauan Sosiologi Sastra)”. Skripsi. Program Strata I Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya, Univesitas Diponegoro, Semarang. Pembimbing I Dr. Ken Widyatwati, S.S., M.Hum. Pembimbing II Fajrul Falah, S.Hum., M.Hum.

Objek material dalam penelitian ini adalah film Kulari ke Pantai karya Riri Riza. Objek formal dalam penelitian ini adalah nilai moral dalam film Kulari ke Pantai karya Riri Riza. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur naratif dan nilai moral yang terdapat dalam film Kulari ke Pantai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra untuk mengkaji nilai moral yang terdapat dalam film Kulari ke Pantai. Teori yang digunakan adalah struktur naratif film, teori pengkajian fiksi, dan teori moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam film Kulari ke Pantai terdapat unsur struktur naratif dan struktur fiksi antara lain elemen ruang, latar, elemen waktu, permasalahan dan konflik, pelaku cerita, tujuan, tema, dan alur. Analisis nilai moral menunjukkan bahwa dalam film Kulari ke Pantai terdapat nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri, antara lain yaitu menyenangkan orang lain dan mencintai bangsa Indonesia. Nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan lingkungan alam, antara lain yaitu membantu orang lain yang sedang dalam kesulitan, tidak semua hal dapat diselesaikan dengan uang, mengakui perbuatan yang salah, saling memaafkan, dan memiliki sikap peduli. Dalam film tersebut ditemukan ciri-ciri nilai moral yang berkaitan dengan tanggung jawab dan hati nurani.

Kata kunci: film, moral, struktur naratif, sosiologi sastra, Kulari ke Pantai

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Bertens, K. 2007. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  2. Damono, Sapardi Djoko. 2018. Alih Wahana. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  3. –––––––––––––––––. 2022. Sosiologi Sastra. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  4. Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Epistemologi, Model, Teori, Dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS
  5. Eneste, Pamusuk. 1991. Novel dan Film. Flores: Penerbit Nusa Indah
  6. Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
  7. Pratista, Himawan. 2017. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka
  8. Riza, Riri. (Director). (2018). Kulari Ke Pantai [Miles Films]

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.