skip to main content

Analisis Elemen Citra Kota yang Berpengaruh Terhadap Peningkatan Dimensi Smart Branding pada Penerapan Konsep Smart City di Kota Balikpapan

Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia


Citation Format:
Abstract

SmartCityyaitukonsepkotauntuk mengatasipermasalahanperkotaanmelalui penerapan teknologi dengan dimensi smart governance, smart economy, smartliving,smartsociety,smartenvironment,dansmartbranding.Konsepcitybranding sebagai salah satu upaya untuk membentuk daya saing kota dimana hal tersebut merupakan halyang diperlukan dalam pengembangan kota seperti pengembangan ekonomi dan daya saing daerah. Untuk dapat menerapkan citybranding,dapatdilakukanmelaluipenerapankonsepsmartcitymengingatterdapatdimensismartbranding yang bertujuan meningkatkan daya saing daerah melalui peningkatan brand value suatu kota.Kota Balikpapan sebagai salah satukotayanginginmewujudkan perekonomian kokoh berdasarkanarahanRPJMD Kota Balikpapan Tahun 2020-2024, perlu adanya peningkatanbrandvalue yang dapatditerapkan melalui penerapan konsep smart city melalui dimensi smart branding. Tujuan penelitian untuk mengetahui elemen citra kota yang berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakanpendekatanrasionalistikdenganmetodeskoringdan untukmengetahui variabel yang potensial untuk dikembangkan dalam smart branding. Analisis Delphiuntuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan smart branding di Kota Balikpapan.Hasil studi menemukan bahwa elemen citra kota yang paling berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan yaitu landmark,district, dan nodes

SmartCityyaitukonsepkotauntuk mengatasipermasalahanperkotaanmelalui penerapan teknologi dengan dimensi smart governance, smart economy, smartliving,smartsociety,smartenvironment,dansmartbranding.Konsepcitybranding sebagai salah satu upaya untuk membentuk daya saing kota dimana hal tersebut merupakan halyang diperlukan dalam pengembangan kota seperti pengembangan ekonomi dan daya saing daerah. Untuk dapat menerapkan citybranding,dapatdilakukanmelaluipenerapankonsepsmartcitymengingatterdapatdimensismartbranding yang bertujuan meningkatkan daya saing daerah melalui peningkatan brand value suatu kota.Kota Balikpapan sebagai salah satukotayanginginmewujudkan perekonomian kokoh berdasarkanarahanRPJMD Kota Balikpapan Tahun 2020-2024, perlu adanya peningkatanbrandvalue yang dapatditerapkan melalui penerapan konsep smart city melalui dimensi smart branding. Tujuan penelitian untuk mengetahui elemen citra kota yang berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakanpendekatanrasionalistikdenganmetodeskoringdan untukmengetahui variabel yang potensial untuk dikembangkan dalam smart branding. Analisis Delphiuntuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan smart branding di Kota Balikpapan.Hasil studi menemukan bahwa elemen citra kota yang paling berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan yaitu landmark,district, dan nodes
Fulltext View|Download
Keywords: Citra Kota, Ekonomi, Pariwisata, Smart Branding, Smart City

Article Metrics:

  1. Budiman, I. T. R., Rondonuwu, D. M., & Tungka, A. E. (2018). Analisis Elemen–Elemen Pembentuk Citra Kota Di Kawasan Perkotaan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Spasial, 5(2), 190-199
  2. Buhalis, Dimitrios. (2000). “Marketing the competitive destination of the future”, Tourism Management, 21 (1), 97-116
  3. Chahal, H., & Devi, A. (2015). Destination attributes and destination image relationship in volatile tourist destination: role of perceived risk. Metamorphosis, 14(2), 1-19
  4. Heriani. (2020). Balikpapan Songsong Smart City, Perhatikan Aspek Lingkungan. https://kaltim.tribunnews.com/2020/08/17/wawali-rahmad-masud-sebut-komitmen-bangun- balikpapan-jadi-kota-industri-perdagangan-dan-jasa (diakses pada 22 Oktober 2020)
  5. Husna, N. (2013). Analisis Pengembangan Potensi Ekonomi Lokal untuk Menguatkan Daya Saing Daerah di Kabupaten Gresik, Universitas Brawijaya, Malang, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol.1, No. 1
  6. I Wayan Widana & Gede Sri Darma. (2018). Branding Denpasar Smart City Guna Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(1)
  7. Indriani, J., & Kuswoyo, C. (2017). Pengaruh city branding pada city image dan keputusan berkunjung wisatawan ke Kabupaten Purwakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 41-52
  8. Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Il marketing del nuovo millennio. Pearson Italia Spa
  9. Lynch, Kevin. (1982). The Image of The City. London: Massachusets Institute of Technology
  10. Monica, C.A. (2017). Analisis Potensi Daerah Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Daerah di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 15 (1): 60-68
  11. Patabuga, R., Purnomo, E. P., & Kasiwi, A. N. (2020). Pengembangan Smart Branding Sebagai Langkah Awal Menuju Terwujudnya Smart City Di Kota Tomohon. Jurnal Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 116-126
  12. Pratama, Agus Eka. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika Bandung
  13. Rencana Jangka Menengah Daerah Kota Balikpapan Tahun 2016 - 2021
  14. Rafsyanjani, M. A., & Purwantiasning, A. W. (2020). Kajian Konsep Teori Lima Elemen Citra Kota pada Kawasan Kota Lama Semarang. Arsir, 3(2), 47-53
  15. Ramadhan, A. H. (2015). Pengaruh city branding terhadap minat berkunjung serta dampaknya pada keputusan berkunjung (survei pada wisatawan kota Surabaya 2015) (Doctoral dissertation, Brawijaya University)
  16. Shimp, T. A. (2000). Advertising promotion. Supplemental Aspects of Integrated, 4, 245-273
  17. Siti Zumroh Nur Ivani. (2015). Pengaruh City Branding “Enjoy Jakarta” Terhadap Citra Kota dan Keputusan Berkunjung Youth Traveler ke Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  18. Sukmaraga, A. A., & Nirwana, A. (2016). City Branding: Sebuah Tinjauan Metodologis dengan Pendekatan Elaboratif, Praktis, dan Ilmiah. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 1(1)
  19. Vamala, M. A. (2021). Analisis Elemen-Elemen Pembentuk Citra Kota Di Kawasan Kota Tua Ampenan. Mataram: Universitas Muhammadiyah Mataram

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.