Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Kalimantan, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{Ruang11898, author = {Meydheana Wahyudhi and Devi Triwidya Sitaresmi}, title = {Analisis Elemen Citra Kota yang Berpengaruh Terhadap Peningkatan Dimensi Smart Branding pada Penerapan Konsep Smart City di Kota Balikpapan}, journal = {Ruang}, volume = {9}, number = {2}, year = {2023}, keywords = {Citra Kota, Ekonomi, Pariwisata, Smart Branding, Smart City}, abstract = { SmartCity yaitukonsepkotauntuk mengatasipermasalahanperkotaanmelalui penerapan teknologi dengan dimensi smart governance, smart economy, smartliving,smartsociety,smartenvironment, dan smartbranding. Konsep citybranding sebagai salah satu upaya untuk membentuk daya saing kota dimana hal tersebut merupakan halyang diperlukan dalam pengembangan kota seperti pengembangan ekonomi dan daya saing daerah. Untuk dapat menerapkan citybranding ,dapatdilakukanmelaluipenerapankonsep smartcity mengingatterdapatdimensi smartbranding yang bertujuan meningkatkan daya saing daerah melalui peningkatan brand value suatu kota.Kota Balikpapan sebagai salah satukotayanginginmewujudkan perekonomian kokoh berdasarkanarahanRPJMD Kota Balikpapan Tahun 2020-2024, perlu adanya peningkatan brandvalue yang dapatditerapkan melalui penerapan konsep smart city melalui dimensi smart branding . Tujuan penelitian untuk mengetahui elemen citra kota yang berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan. Penelitian ini me nggunakan pendekatanrasionalistikdenganmetodeskoring dan untukmengetahui variabel yang potensial untuk dikembangkan dalam smart branding . A nalisis Delphiuntuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan smart branding di Kota Balikpapan. H asil studi menemukan bahwa elemen citra kota yang paling berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan yaitu landmark, district, dan nodes SmartCity yaitukonsepkotauntuk mengatasipermasalahanperkotaanmelalui penerapan teknologi dengan dimensi smart governance, smart economy, smartliving,smartsociety,smartenvironment, dan smartbranding. Konsep citybranding sebagai salah satu upaya untuk membentuk daya saing kota dimana hal tersebut merupakan halyang diperlukan dalam pengembangan kota seperti pengembangan ekonomi dan daya saing daerah. Untuk dapat menerapkan citybranding ,dapatdilakukanmelaluipenerapankonsep smartcity mengingatterdapatdimensi smartbranding yang bertujuan meningkatkan daya saing daerah melalui peningkatan brand value suatu kota.Kota Balikpapan sebagai salah satukotayanginginmewujudkan perekonomian kokoh berdasarkanarahanRPJMD Kota Balikpapan Tahun 2020-2024, perlu adanya peningkatan brandvalue yang dapatditerapkan melalui penerapan konsep smart city melalui dimensi smart branding . Tujuan penelitian untuk mengetahui elemen citra kota yang berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan. Penelitian ini me nggunakan pendekatanrasionalistikdenganmetodeskoring dan untukmengetahui variabel yang potensial untuk dikembangkan dalam smart branding . A nalisis Delphiuntuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan smart branding di Kota Balikpapan. H asil studi menemukan bahwa elemen citra kota yang paling berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan yaitu landmark, district, dan nodes }, issn = {2356-0088}, pages = {110--118} doi = {10.14710/ruang.9.2.110-118}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/ruang/article/view/11898} }
Refworks Citation Data :
SmartCityyaitukonsepkotauntuk mengatasipermasalahanperkotaanmelalui penerapan teknologi dengan dimensi smart governance, smart economy, smartliving,smartsociety,smartenvironment,dansmartbranding.Konsepcitybranding sebagai salah satu upaya untuk membentuk daya saing kota dimana hal tersebut merupakan halyang diperlukan dalam pengembangan kota seperti pengembangan ekonomi dan daya saing daerah. Untuk dapat menerapkan citybranding,dapatdilakukanmelaluipenerapankonsepsmartcitymengingatterdapatdimensismartbranding yang bertujuan meningkatkan daya saing daerah melalui peningkatan brand value suatu kota.Kota Balikpapan sebagai salah satukotayanginginmewujudkan perekonomian kokoh berdasarkanarahanRPJMD Kota Balikpapan Tahun 2020-2024, perlu adanya peningkatanbrandvalue yang dapatditerapkan melalui penerapan konsep smart city melalui dimensi smart branding. Tujuan penelitian untuk mengetahui elemen citra kota yang berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakanpendekatanrasionalistikdenganmetodeskoringdan untukmengetahui variabel yang potensial untuk dikembangkan dalam smart branding. Analisis Delphiuntuk mengetahui variabel yang berpengaruh terhadap peningkatan smart branding di Kota Balikpapan.Hasil studi menemukan bahwa elemen citra kota yang paling berpotensi untuk meningkatkan smart branding Kota Balikpapan yaitu landmark,district, dan nodes
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the copyright of the article shall be assigned to Ruang, Department of Urban and Regional Planning, Faculty of Engineering, Universitas Diponegoro as the publisher of the journal. Copyright includes the rights to reproduce and deliver the article in all forms and media.
Visitor Number:
Visitor Statistic
RUANGDepartment of Urban and Regional PlanningBuilding A, 3rd Floor. Faculty of Engineering - Diponegoro UniversityCampus UNDIP Tembalang 50275Telp. (024) 7460054, Ext. 105
Email: ruang@live.undip.ac.id