skip to main content

PELATIHAN PEMBUATAN HERBARIUM KERING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEFAMENANU

*Emilia Juliyanti Bria orcid  -  Program Studi Biologi, Fakultas Pertanian, Universitas Timor, Indonesia
Noviana Mery Obenu  -  Program Studi Kimia, Fakultas Pertanian, Universitas Timor, Indonesia
Janrigo Kalumegio Mere  -  Program Studi Kimia, Fakultas Pertanian, Universitas Timor, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar-mengajar. Salah satu media pembelajaran yang mendukung pembelajaran berbasis lingkungan di tingkat sekolah menengah pertama khususnya metapelajaran IPA adalah herbarium. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan tentang herbarium dan keterampilan bagaimana teknik membuat herbarium secara sederhana bagi siswa di SMP Negeri 2 Kefamenanu. Metode yang digunakan adalah tutorial dan pendampingan secara kelompok kepada siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang ditunjukkan dengan diperolehnya pengetahuan dan keterampialn baru tentang herbarium dan teknik membuatnya secara sederhana. Selain itu, diperoleh juga sebelas spesies tumbuhan yang teridentifikasi nama ilmiahnya yang dibuat herbarium dari lingkungan sekolah dan dapat dijadikan sebagai perangkat pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

Kata kunci : pelatihan, herbarium, media pembelajaran, Kefamenanu

Fulltext View|Download
Funding: Universitas Timor

Article Metrics:

  1. Dahlia, & Janiarli, M. (2020). The Effectiveness of Herbarium as a Learning Medium on Compound Leaf Material for Students ’ Achievement in Biology. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 532, 114–118
  2. Mangdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/download/1373/958/
  3. Nisaa, R. A., Lestari, S., & Astuti, Y. (2019). Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Salah Satu Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan di SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Tangerang. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(1), 4–10
  4. Nurlia, Nur, A., & Muzain, D. (2022). Identifikasi Tumbuhan Berbasis Lingkungan Sekolah di SMP Negeri 2 Batui Kabupaten Banggai. Resona: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 6(2), 138–145
  5. Primawati, S. N., Harisanti, B. M., Utami, S. D., Dewi, I. N., & Sumarjan. (2021). Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Media Pembejalaran di Sekolah Bagi Guru MTs Dharut Tayyibin Batu Jai Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 2(1), 43–49
  6. Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar, 2(1), 470–477
  7. Seshagirirao, K., Harikrishnanaik, L., Venumadhav, K., Nanibabu, B., Jamir, K., Ratnamma, B. K., Jena, R., & Babarao, D. K. (2016). Preparation of Herbarium Specimen For Plant Identification and. Roxburghia, 6((1-4)), 111–119
  8. Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream:Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48
  9. Syamsiah, Nurhayati, B., & Hiola, S. F. (2020). Pemanfaatan spesimen herbarium sebagai media pembelajaran bagi Guru-Guru IPA / Biologi di Kabupaten Enrekang. Dedikasi, 22(1), 99–103
  10. Ulya, A. Z., & Ami, M. S. (2021). Expert Validation of The Plant Herbarium Collection Based on Local Wisdom of Sepasaran Bayi. APPLICATION: Applied Science in Learning Research, 1(1), 8–12

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.