BibTex Citation Data :
@article{Pasopati17369, author = {Emilia Bria and Noviana Mery Obenu and Janrigo Kalumegio Mere}, title = {PELATIHAN PEMBUATAN HERBARIUM KERING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEFAMENANU}, journal = {Jurnal Pasopati}, volume = {5}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {}, abstract = { Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar-mengajar. Salah satu media pembelajaran yang mendukung pembelajaran berbasis lingkungan di tingkat sekolah menengah pertama khususnya metapelajaran IPA adalah herbarium. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan tentang herbarium dan keterampilan bagaimana teknik membuat herbarium secara sederhana bagi siswa di SMP Negeri 2 Kefamenanu. Metode yang digunakan adalah tutorial dan pendampingan secara kelompok kepada siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang ditunjukkan dengan diperolehnya pengetahuan dan keterampialn baru tentang herbarium dan teknik membuatnya secara sederhana. Selain itu, diperoleh juga sebelas spesies tumbuhan yang teridentifikasi nama ilmiahnya yang dibuat herbarium dari lingkungan sekolah dan dapat dijadikan sebagai perangkat pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Kata kunci : pelatihan, herbarium, media pembelajaran, Kefamenanu }, issn = {2685-886X}, pages = {37--43} doi = {10.14710/pasopati.2023.17369}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/17369} }
Refworks Citation Data :
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar-mengajar. Salah satu media pembelajaran yang mendukung pembelajaran berbasis lingkungan di tingkat sekolah menengah pertama khususnya metapelajaran IPA adalah herbarium. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan tentang herbarium dan keterampilan bagaimana teknik membuat herbarium secara sederhana bagi siswa di SMP Negeri 2 Kefamenanu. Metode yang digunakan adalah tutorial dan pendampingan secara kelompok kepada siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa-siswi sangat antusias dalam mengikuti pelatihan yang ditunjukkan dengan diperolehnya pengetahuan dan keterampialn baru tentang herbarium dan teknik membuatnya secara sederhana. Selain itu, diperoleh juga sebelas spesies tumbuhan yang teridentifikasi nama ilmiahnya yang dibuat herbarium dari lingkungan sekolah dan dapat dijadikan sebagai perangkat pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.
Kata kunci : pelatihan, herbarium, media pembelajaran, Kefamenanu
Article Metrics:
Last update: