skip to main content

EDUKASI GIZI SEIMBANG PADA ANAK-ANAK DI DESA BAWURAN, KECAMATAN PLERET, KABUPATEN BANTUL

*Jihan Oktaviani Amalia  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Prof. DR. Soepomo SH, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55164, Indonesia
Tyas Aisyah Putri  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Prof. DR. Soepomo SH, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55164, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Masalah gizi terutama pada anak usia sekolah masih cukup tinggi. Masalah gizi di Kabupaten Bantul  tahun 2017 pada anak usia 5-12 tahun yaitu 0,5% sangat pendek, 13,6% pendek, 0,5% sangat kurus, 7,7% kurus, 7,7 % gemuk dan 3,9 % mengalami obesitas Kecukupan gizi pada anak sangat mempengaruhi perkembangan fisik, mental serta kesehatannya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di RT 1 Desa Bawuran, Kecamatan Pleret dengan 30 anak usia 7-12 tahun. Tujuan kegiatan pengabdian adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak terkait gizi seimbang. Metode yang digunakan dengan melaksanakan penyuluhan gizi seimbang menggunakan media poster. Peserta mengisi pre-test sebelum dilakukan penyuluhan dan dilanjutkan mengisi post-test. Hasil pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05) dan diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh antara pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan edukasi gizi.


Kata kunci : penyuluhan gizi, edukasi gizi, gizi seimbang, anak sekolah


Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Jamin, S. R., Afifah, E., & Astiti, D. (2019). PENGARUH EDUKASI GIZI PADA ORANG TUA TERHADAP KEANEKARAGAMAN MAKANAN INDIVIDU PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANTUL. Universitas Alma Ata
  2. Kartini, T., Manjilala, & Yuniawati, S. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Pengetahuan dan Praktik Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Pangan, 26(2), 201–208
  3. Kemenkes RI. (2018). Buku Saku Pemantauan Status Gizi Tahun 2017. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  4. Kurdanti, W., Khasana, T. M., & Fatimah, A. S. (2019). Pengaruh Media Promosi Gizi Terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of The Indonesian Nutrition Association, 42(2). https://doi.org/10.36457/gizindo.v42i2.378
  5. Maslakah, N., & Setiyaningrum, Z. (2017). Pengaruh Pendidikan Media Flashcard terhadap Pengetahuan Anak tentang Pedoman Umum Gizi Seimbang di SD Muhammadiyah 21 Baluwarti Surakarta. Jurnal Kesehatan, 10(1), 9. https://doi.org/10.23917/jurkes.v10i1.5487
  6. Nugroho, A. (2018). Pengaruh Media Pendidikan Gizi (Komik) terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perubahan Berat Badan pada Anak Sekolah Dasar dengan Obesitas. Jurnal Kesehatan, 9(1), 57. https://doi.org/10.26630/jk.v9i1.746
  7. Nuryanto, Pramono, A., Puruhita, N., & Muis, S. F. (2014). Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia, 3(1), 183. https://doi.org/10.20473/mgi.v12i2.183-190
  8. Panjaitan, W. F., Siagian, M., & Hartono, H. (2019). Hubungan Pola Makan dengan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Al Hidayah Terpadu Medan Tembung. Jurnal Dunia Gizi, 2(2), 71. https://doi.org/10.33085/jdg.v2i2.4448
  9. Rahmiwati, A., Sitorus, R. J., Arinda, D. F., & Utama, F. (2018). Determinan Obesitas Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan, 11(2), 25–34. https://doi.org/10.23917/jk.v11i2.7537
  10. Rahmy, H. A., Prativa, N., Andrianus, R., & Shalma, M. P. (2020). Edukasi Gizi Pedoman Gizi Seimbang Dan Isi Piringku Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 06 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 3(2), 162–172. https://doi.org/10.25077/bina.v3i2.208
  11. Sirajuddin, S., Masni, M., & Najamuddin, U. (2019). Peningkatan praktek gizi seimbang dan PHBS Pada murid sekolah dasar. Media Gizi Pangan, 25(2), 13. https://doi.org/10.32382/mgp.v25i2.988
  12. Siregar, P. A., Harahap, R. A., & Aidha, Z. (2020). Promosi Kesehatan Lanjutan Dalam Teori dan Aplikasi. Prenada Media
  13. Sofianita, N. I., Meiyetriani, E., & Arini, F. A. (2018). Intervensi Pendidikan Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Anak-Anak Sekolah. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 14(2), 54. https://doi.org/10.24853/jkk.14.2.54-64
  14. Sulistiawati, Y., Pratiwi, A. R., Fitriana, & Anasiru, M. A. (2019). Edukasi gizi seimbang pada anak usia sekolah di SD N 2 Wonosari kecamatan Gadingrejo kabupaten Pringsewu tahun 2019. Jurnal Kesehatan Manarang, 1(1), 43

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.