skip to main content

EDUKASI PENGGUNAAN INTERNET DAN PENERAPAN ETIKA DI DUNIA MAYA OLEH REMAJA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

*Ratu Nadya Wahyuningratna  -  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
Fitria Ayuningtyas  -  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Di tengah wabah pandemi Covid-19 yang belum usai, masyarakat jadi lebih banyak yang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selain ke tempat kerja, sekolah dan kuliah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penularan virus berbahaya tersebut. Tak ayal para remaja yang saat ini beberapa di antaranya masih melakukan kegiatan belajar secara daring, mereka banyak menghabiskan waktu untuk mengakses internet. Mulai dari bermain game online, membuka sosial media atau mengakses beberapa situs hiburan, mereka lakukan untuk “membunuh” rasa bosan. Dengan tingginya penggunaan internet di kalangan remaja ini, kadang mereka kuang memahami bahwa ada etika tersendiri di dalam dunia internet atau yang dikenal dengan dunia maya tersebut. Etika di dunia maya ini sangatlah penting dipahami oleh semua orang, dan lebih baik diketahui sedari usia remaja agar bisa diterapkan sejak dini karena pentingnya kita memiliki etika bukan hanya terjadi di dunia nyata tetapi juga di dunia maya. Tidak banyak yang memahami bahwa sikap kurang baik seperti hate speech, body shaming dan cyberbullying merupakan tindakan serius yang melanggar etika dunia maya dan dapat mengakibatkan hal yang fatal. Kerena itu penulis melakukan sosialisasi penggunaan internet dan penerapan etika di dunia maya oleh remaja di tengah pandemi Cobid-19 ini agar kaum mudah dapat memahami cara penggunaan internet yang baik dan dapat memahami etika penggunaannya.

Kata Kunci: covid-19, dunia maya, etika, internet, remaja

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Amalia, A. dan Saidah, N. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar di Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma. 15: 217
  2. Arifianto, S. 2018. Praktik Budaya Media Digital dan Pengaruhnya. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
  3. Dela, P.S. 2021. Budaya Internet (Cyberculture). Diakses dari: https://www.kompasiana.com/shelvia6876/60168087d541df4506435582/budaya-internet-cyberculture
  4. Hadi, N. 2006. Etika Berkomunikasi di Dunia Maya dengan Netiquette. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika
  5. Nurlitasari, A. 2018. Instagram Lebih Banyak Digunakan Remaja Dibandingkan Snapchat. Diakses dari: https://techno.okezone.com/read/2018/10/23/207/1967962/instagram-lebih-banyak-digunakan-remaja-dibandingkan-snapchat
  6. Purnama, T.P., Juliansyah, J., dan Chainar. 2020. Pandemi Covid-19, Perubahan Sosial dan Konsekuensinya Pada Masyarakat. Proyeksi: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 25: 65
  7. Sani, A.F.I. 2021. Instagram, Snapchat, dan TikTok Jadi Media Sosial Favorit Gen Z. Diakses dari: https://tekno.tempo.co/read/1490586/instagram-snapchat-dan-tiktok-jadi-media-sosial-favorit-gen-z/full&view=ok

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.