skip to main content

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA BANYUMENENG BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI RUMAH JAMUR DI ERA NEW NORMAL

Amalia Rohmah Nur Wahyuni  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
Athalia Putriwika Salsabila  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
*Diana Kusuma  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Potensi alam Jamur Tiram di desa Banyumeneng belum dikelola secara maksimal, terlihat dari kurangnya inovasi dari hasil olahan jamur tiram dan rendahnya partisipasi masyarakat terhadap pengolahan produk jamur tiram. Di tengah kondisi Pandemi Covid-19 hasil penjualan jamur tiram dan hasil tani menurun sebesar 30% - 75% dikarenakan kurangnya permintaan pasar. Metode yang kami gunakan dalam program ini adalah metode pemberdayaan masyarakat desa dilaksanakan secara penuh di lapangan (offline). BEM FKM Universitas Diponegoro melalui program PHP2D tahun 2021 akan memberikan sebuah solusi dengan adanya pendampingan pengolahan jamur tiram serta pembangunan rumah jamur yang ditujukan kepada kelompok masyarakat yang berada di RW 03 yang didukung oleh Bumdes, Kelompok Tani Jamur Tiram, Kelompok Berkah Kesumo, dan Karang Taruna. Rumah jamur ini merupakan tempat kuliner sebagai pusat penjualan dan pengolahan produk jamur tiram sebagai ciri khas Desa Banyumeneng. Metode yang digunakan dalam program ini adalah metode pemberdayaan masyarakat desa dilaksanakan secara penuh di lapangan (offline). Hasil yang diperoleh yaitu terlaksananya pendampingan pengolahan produk inovasi jamur tiram, pembangunan rumah jamur sebagai pusat oleh-oleh, meningkatnya minat masyarakat dalam mengembangkan potensi alam, pendampingan pengemasan produk kreatif dan pemasaran berbasis e-commerce.

Kata kunci : jamur tiram, ekonomi kreatif, inovasi olahan produk

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Gerson, R.F. (2004). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PPM
  2. Haefner, J. E., Deli-Gray, Z., & Rosenbloom, A. (2011), “The importance of brand liking and brand trust in consumer decision making: Insights from Bulgarian and Hungarian consumers during the global economic crisis”. Managing Global Transitions: International Research Journal, 9(3), 249-273
  3. Hafeez, S., & Hasnu, S. (2010), “Customer satisfaction for cellular phone in Pakistan: A case study of Mobilink”. Business and Economics Research Journal, 1(3), 35-44
  4. Hafeez, S. and Muhammad, B. (2012), “The Impact of Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty Programs on Customer’s Loyalty: Evidence from Banking Sector of Pakistan”. International Journal of Business and Social Science,3(16), 200-209
  5. Heriyadi, Listiana, E. dan Lay, Y.N. (2018). An Analysis of the Influence of Service Quality, Personal Selling and Complaint Handling and Trust on Customer Retention (Survey of Bank Harda International Savings Customers, Pontianak Branch). 7(2)
  6. Kotler.P. (2008). Marketing Principles 2. Twelfth Edition. Jakarta: Erlangga

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.