skip to main content

EDUKASI PEMANFAATAN QUIZIZZ DAN GOOGLE FORM UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE

*Suhendra Suhendra orcid scopus  -  Mercu Buana University, Indonesia
Indra Ranggadara  -  Universitas Mercu Buana, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan Sekolah Menengah Pertama. Lokasi mitra berada di Kelurahan Meruya Selatan, yakni SMP 206. Guru yang ada pada sekolah tersebut masih belum mengetahui tentang pemanfaatan pembuatan soal dan juga tugas melalui media online yang interaktif. Hal ini karena kurangnya sosialisasi terkait dengan pemanfaatan media online dalam membuat soal seperti quiziz dan juga google form. Oleh karena itu dalam kegiatan ini diberikan pelatihan tentang  pemanfaatan dalam membuat soal Latihan dan juga pembuatan tugas yang interaktif yang berbasis online dengan menggunakan aplikasi berbasis web yaitu quiziz dan juga google form. Metode pelatihan yang dilakukan dengan cara menjelaskan dengan menggunakan materi berupa presentasi dan juga langsung dilakukan pembuatan soal dan juga tugas yang interaktif melalui quiziz dan google form. Hasilnya sekarang para guru yang mengikuti sosialisasi secara daring dengan menggunakan media video conference mendapatkan kemudahan dalam penggunaan aplikasi tersebut. Aplikasi Google Form dan juga quiziz yang digunakan dapat dengan mudah dalam membuat soal Latihan dan juga tugas yang interaktif dan juga dapat langsung melihat nilai yang didapatkan oleh para siswa di media tersebut.

Kata kunci : online learning, quizizz, google form

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Batubara, H. H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 8(1)
  2. Mulatsih, B. (2020). Penerapan aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam pembelajaran kimia di masa pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16-26
  3. Purba, L. S. L. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray (TS-TS) terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan koloid. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 1(2), 137-152

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.