skip to main content

IMPLEMENTASI TREASURE BINGO UNTUK MENINGKATKAN 4C (CRITICAL, CREATIVE, COLLABORATIVE, AND COMMUNICATIVE THINKING SKILL ) PESERTA DIDIK SDN WONOAYU KABUPATEN MALANG

Selviska Pangestu  -  Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang 5, Malang 65145, Indonesia, Indonesia
*M. MIRZA ABDILLAH PRATAMA orcid scopus publons  -  Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Peserta didik dituntut untuk dapat memiliki berbagai kemampuan, di antaranya kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif dan cakap dalam menyelesaikan permasalahan. Tenaga pendidik di SDN Wonoayu masih menggunakan cara konvensional dengan berbagai kendala salah satunya minimnya jaringan internet yang dapat menghambat berkembangnya pendidikan di SDN Wonoayu. Sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan suatu model serta media pendidikan yang dapat memberikan kontribusi terhadap kemampuan 4C, namun juga interaktif salah satunya melalui permainan matematika yaitu Treasure Bingo. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan 4C (critical, creative, collaborative and communicative thinking skill) peserta didik SDN Wonoayu. Tahapan dari kegiatan pengabdian ini diawali dengan analisis kebutuhan yang dilaksanakan dengan menyebar kuesioner dan juga survey lapangan serta observasi langsung ke SDN Wonoayu. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan media dan kebutuhan lain yang diperlukan saat pelaksanaan kegiatan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran menggunakan media Treasure Bingo dan yang terakhir adalah evaluasi. Dijumpai adanya perbedaan yang cukup signifikan terkait dengan motivasi belajar dan kemampuan 4C peserta didik saat sebelum dan pasca kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan hal tersebut ditunjukkan saat pembelajaran menggunakan media Treasure Bingo peserta didik sangat bersemangat dan antusias serta permainan Treasure Bingo ini dapat meningkatkan kemampuan 4C peserta didik SDN Wonoayu.

Kata kunci : permainan matematika, Treasure Bingo, 4C, SDN Wonoayu

Fulltext View|Download
Funding: LP2M Universitas Negeri Malang

Article Metrics:

  1. Churiyah, M. dkk. (2020). Mobile Learning Application Berbasis Android : Peran Guru dalam Pembelajaran Peserta Didik Gen Z dan Alfa. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4) : 283-295
  2. Gunawan, I. dkk. (2017). Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1) : 37-47
  3. Guntur, M. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif, Kritis, dan Komunikasi Matematika Peserta didik dalam Academic-Constructive Controversy (AC). PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika. 3(1). 386-391
  4. Hidayah, N. dkk. (2019). Pelatihan Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pengambilan Keputusan Karir Peserta didik SMA. Abdimas Pedagogi, 2(2) : 109-116
  5. Hidayat, W N. dkk. 2019. Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Guru SMK. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2) : 93-103
  6. Hikmah, W. (2016). Penerapan Permainan Edukatif pada Pembelajaran Matematika di MI Ma’arif Nu Darul Abror Kedungjati Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Purwokerto: IAIN Purwokerto
  7. Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 234-244
  8. Kusumaningrum, D. E. dkk. (2017). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Abdimas Pedagogi, 1(1) : 16-21
  9. Latifah, S. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Berbantu Puzzle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas X Pada Materi Gelombang. FTK IAIN Raden Intan Lampung. 3(1). 100-101
  10. Puspitasari, D. H. dkk. (2019). Psikoedukasi Membangun Komunikasi Efektif dalam Menghadapi Remaja. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2) : 104-111
  11. Rahayu, P. (2016). Implementasi Dan Pengembangan Model Permainan Funtastic “Ganbatte Dan Bingo Matematik” Untuk Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Perkalian Peserta didik Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(2) : 15-23
  12. Robandi, D., & Mudjiran, M. (2020). Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Peserta didik SMP di Kota Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.878
  13. Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 8(2)
  14. Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 3(2).23-24
  15. Slavin. (2010). Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan,. 1(1). 330-333
  16. Sutama, I. W. dkk. 2020. Pengembangan Aktivitas Bermain Pemicu Kecakapan Berpikir Tingkat Tinggi Anak bagi Guru TK Kecamatan Klojen Kota Malang. Jurnal Graha Pengabdian, 2(1) : 27-39
  17. Wasilah, E. B. (2012). Peningkatan Kemampuan Menyimpulkan Hasil Praktikum IPA Melalui Penggunaan Media Kartu. 1(1): 82-90

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.