BibTex Citation Data :
@article{Pasopati11980, author = {Selviska Pangestu and M. MIRZA ABDILLAH PRATAMA}, title = {IMPLEMENTASI TREASURE BINGO UNTUK MENINGKATKAN 4C (CRITICAL, CREATIVE, COLLABORATIVE, AND COMMUNICATIVE THINKING SKILL ) PESERTA DIDIK SDN WONOAYU KABUPATEN MALANG}, journal = {Jurnal Pasopati}, volume = {4}, number = {2}, year = {2022}, keywords = {}, abstract = { P eserta didik dituntut untuk dapat memiliki berbagai kemampuan, di antaranya kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif dan cakap dalam menyelesaikan permasalahan. Tenaga pendidik di SDN Wonoayu masih menggunakan cara konvensional dengan berbagai kendala salah satunya minimnya jaringan internet yang dapat menghambat berkembangnya pendidikan di SDN Wonoayu. Sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan s uatu model serta media pendidikan yang dapat memberikan kontribusi terhadap kemampuan 4C, namun juga interaktif salah satunya melalui permainan matematika yaitu Treasure Bingo. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan 4C (critical, creative, collaborative and communicative thinking skill) peserta didik SDN Wonoayu. Tahapan dari kegiatan pengabdian ini diawali dengan analisis kebutuhan yang dilaksanakan dengan menyebar kuesioner dan juga survey lapangan serta observasi langsung ke SDN Wonoayu. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan media dan kebutuhan lain yang diperlukan saat pelaksanaan kegiatan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiat a n pembelajaran menggunakan media Treasure Bingo dan yang terakhir adalah evaluasi. Dijumpai adanya perbedaan yang cukup signifikan terkait dengan motivas i belajar dan kemampuan 4C peserta didik saat sebelum dan pasca kegiatan . Hasil kegiatan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan hal tersebut ditunjukkan saat pembelajaran menggunakan media Treasure Bingo peserta didik sangat bersemangat dan antusias serta permainan Treasure Bingo ini dapat meningkatkan kemampuan 4C peserta didik SDN Wonoayu. Kata kunci : permainan matematika, Treasure Bingo, 4C, SDN Wonoayu }, issn = {2685-886X}, doi = {10.14710/pasopati.2022.11980}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/11980} }
Refworks Citation Data :
Peserta didik dituntut untuk dapat memiliki berbagai kemampuan, di antaranya kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif dan cakap dalam menyelesaikan permasalahan. Tenaga pendidik di SDN Wonoayu masih menggunakan cara konvensional dengan berbagai kendala salah satunya minimnya jaringan internet yang dapat menghambat berkembangnya pendidikan di SDN Wonoayu. Sebagai solusi untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan suatu model serta media pendidikan yang dapat memberikan kontribusi terhadap kemampuan 4C, namun juga interaktif salah satunya melalui permainan matematika yaitu Treasure Bingo. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan 4C (critical, creative, collaborative and communicative thinking skill) peserta didik SDN Wonoayu. Tahapan dari kegiatan pengabdian ini diawali dengan analisis kebutuhan yang dilaksanakan dengan menyebar kuesioner dan juga survey lapangan serta observasi langsung ke SDN Wonoayu. Kemudian dilanjutkan dengan persiapan media dan kebutuhan lain yang diperlukan saat pelaksanaan kegiatan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran menggunakan media Treasure Bingo dan yang terakhir adalah evaluasi. Dijumpai adanya perbedaan yang cukup signifikan terkait dengan motivasi belajar dan kemampuan 4C peserta didik saat sebelum dan pasca kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan hal tersebut ditunjukkan saat pembelajaran menggunakan media Treasure Bingo peserta didik sangat bersemangat dan antusias serta permainan Treasure Bingo ini dapat meningkatkan kemampuan 4C peserta didik SDN Wonoayu.
Kata kunci : permainan matematika, Treasure Bingo, 4C, SDN Wonoayu
Article Metrics:
Last update: