skip to main content

PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS PRAKTIS PELAKU USAHA DI KAWASAN PESISIR PANTAI BARU YOGYAKARTA UNTUK PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA

*Sri Sartini publons  -  Prodi Studi Nautika, Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta, Indonesia
Heni Dwi Iryanti  -  Program Studi Transportasi, Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta, Jl. Magelang Km.4,4 Yogyakarta, 55284, Indonesia
Yudhanita Pertiwi  -  Program Studi Nautika, Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta, Jl. Magelang Km.4,4 Yogyakarta, 55284, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan para pelaku usaha di kawasan pesisir Pantai Baru Yogyakarta. Mitra tergabung dalam komunitas pedagang dengan nama Ulam Sari. Komunitas pedagang Ulam Sari memerlukan kemampuan berbahasa Inggris praktis guna mendukung mereka dalam memasarkan barang dagangannya lebih luas kepada para wisatawan asing yang banyak berkunjung ke daerah pantai tersebut. Minimnya kemampuan berbahasa Inggris praktis menghambat kemampuan komunikasi terhadap wisatawan asing. Oleh karena itu dalam kegiatan ini diberikan pelatihan tentang berbagai metode pembelajaran berkomunikasi secara praktis yang mudah diserap dan dipraktikkan oleh para mitra dari berbagai usia dan latar belakang pendidikan sebagai bekal dalam upaya meningkatkan perekonomian keluarga. Metode penyelesaian yang digunakan pada program ini adalah melakukan evaluasi terhadap komunitas Ulam Sari dalam berkomunikasi praktis bahasa Inggris. Hasilnya sekarang para pelaku usaha di komunitas Ulam Sari sudah memiliki kemampuan berbicara secara praktis terutama dalam topik menawarkan barang atau jasa, menyebutkan harga, tawar menawar barang dan jasa serta merespon percakapan sederhana sesuai rutinitas sehari-hari. Di samping itu kepercayaan diri para pedagang meningkat setelah mendapatkan kegiatan pendampingan.  

Kata kunci : Bahasa Inggris, praktis, pesisir

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Grice,H.P. (1975). Logic and Conversation: Syntax and Semantics edited by Cole, P. & Morgan. New York: Academic Press
  2. Holtgraves,T.M. (2002). Language as Social Action. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associate,Inc publisher
  3. Krashen,S.D. (1983). Principle and Practice in Second Language Acquisition.Prentice-Hall International
  4. Richards,J.C. (2007). Curriculum Development in Language Teaching. New York:Cambridge University Press
  5. Ruben, Brent D.,& Stewart, Lea P, (1998), Communication and Human Behaviour. USA: Alyn and Bacon
  6. Widiyarto,S., Mut’hia,M. & Aster, P.A. (2018). Penerapan English Communication Skill pada Siswa SMP. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP SILIWANGI, 1(2),P.75-80

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.