skip to main content

HUBUNGAN EKSPRESI TUMOR-ASSOCIATED MACROPHAGES (TAM)/CD68 DENGAN STATUS EKSPRESI HER2 PADA KARSINOMA PAYUDARA INVASIF

*Dik Puspasari  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/Laboratorium Patologi RS Dr Kariadi, Indonesia
Hermawan Istiadi  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia
Siti Amarwati  -  Dept Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro/Laboratorium Patologi RS Dr Kariadi, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Kanker payudara merupakan kanker terbanyak pada wanita yang menyebabkan kematian di Indonesia. Ekspresi HER2 yang overexpressed pada kanker payudara merupakan penanda prognosis yang buruk. Tumor Associated Macrophage (TAM) berperan dalam pertumbuhan, invasi dan metastasis tumor dan berkaitan erat dengan prognosis yang buruk. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara ekspresi TAM/CD68 dengan status ekspresi HER2 pada karsinoma payudara invasif.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain case control, dengan jumlah sampel total 50 blok paraffin dari pasien yang telah didiagnosis invasive carcinoma of no special type di RSUP dr. Kariadi Semarang pada tahun 2015-2016, yang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok : HER2 positif (+) dan HER2 negatif (-). Data yang diambil adalah distribusi dan intensitas ekspresi CD68 menggunakan Allred immunohistochemistry score pada 5 lapangan pandang besar pada masing-masing sampel.

Hasil : Jumlah distribusi ekspresi CD68 kelompok HER2 positif lebih banyak daripada kelompok HER2 negatif pada skor 3, 4 dan 5, dengan perbedaan yang bermakna (p = 0,001). Untuk intensitas ekspresi CD68, kelompok HER2 positif memiliki jumlah sel dengan intensitas kuat lebih banyak secara bermakna dibandingkan kelompok HER2 negatif. (p = 0,005).

Kesimpulan : Karsinoma payudara invasif HER2 positif memiliki distribusi dan intensitas ekspresi TAM/CD68 yang lebih banyak dan lebih kuat secara bermakna dibanding kelompok karsinoma payudara invasif HER2 negatif.

 

Kata Kunci : Tumor Associated Macrophage (TAM), CD68, HER2, Kanker Payudara Invasif

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.