skip to main content

Pengaruh Iklan Terhadap Perlindungan dan Niat Beli Konsumen

*Rielia Darma Bachriani  -  Universitas Karya Husada Semarang, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2025 Law, Development and Justice Review under http://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh iklan terhadap perlindungan dan niat beli konsumen mengingat di era digital saat ini pemasaran melalui media sosial dan periklanan internet telah muncul sebagai salah satu cara paling efisien untuk menjangkau pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan yuridis normative, mengkaji aspek aturan hukum yang berlaku saat ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa promosi dan periklanan memberi pengaruh terhadap cara orang membeli suatu produk, iklan yang dikemas dengan menarik dan ulasan positif terhadap produk yang diiklankan akan mendorong konsumen lebih mantab dan berniat  untuk membeli produk tersebut, meskipun tidak sering apa yang diiklankan belum tentu sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya, dan sebagai perlindungan hukum bagi konsumen yang mengalami kekecewaan dan bahkan kerugian akibat hasil kemanfaatan produk yang telah dibeli tidak sesuai dengan yang diiklankan, konsumen berhak mengajukan ganti kerugian sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. 

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Pengaruh Iklan Terhadap Perlindungan dan Niat Beli Konsumen
Subject
Type Research Instrument
  Download (1MB)    Indexing metadata
Keywords: Pengaruh Iklan; Perlindungan; Niat Beli Konsumen.

Article Metrics:

  1. Buku :
  2. Novi Kusuma Wardhani, Pengantar Etika Bisnis, Anak Hebat Indonesia, Yogyakarta, 2023
  3. Sidharta, Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia, Grasindo, Jakarta, 2000
  4. Skripsi :
  5. Adyatma Arifin, Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pasta Gigi Pepsodent Di Kota Makassar, Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar 2012
  6. Arief Budi Waluyo, Pengaruh Iklan Terhadap Minatbeli Konsumen Pada Produk Shampo Sunsilk Clean & Fresh, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia
  7. Rizky Amalia Ananda, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Tentang Iklan Produk Di Media Sosial Yang Tidak Sesuai Kriteria Oleh Pelaku Usaha, Fakultas Syariah Dan Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021
  8. Jurnal :
  9. Abednego Stephen, dkk, Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen, Indonesia Business Review (ibr), Vol. 02, No. 2, 2019 Vol. 02, No. 2, 2019
  10. Alfina Yulistari Siagian, Faisal, Penegakan Hukum Terhadap Kejahatan Dalam Iklan Melalui Media Sosial, EduYustisia (Jurnal Edukasi Hukum), Volume 2 Nomor 2 Tahun 2023, hal. 20, E-ISSN: 2963-7082 Link Access: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ey/index
  11. Ayu Sundari, Toni Hidayat, ‘Pengaruh Iklan di Media Sosial dan Komunikasi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT Berkah Jaya Medan’, ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting ISSN 2722-841X (Media Online) Vol 1, No 2, November 2020
  12. Darmawati, Anisa Febriyanti, Pengaruh Iklan Digital Terhadap Minat Beli Konsumen di Angkringan
  13. Sedulur, Pekanbaru, TUTURAN : Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora Volume. 3, Nomor. 1, Tahun 2025, e-ISSN : 2985-9204; dan p-ISSN : 2985-9743; DOI: https://doi.org/10.47861/tuturan.v3i1.1444,Availableonlineat:https://e-journal.nalanda.ac.id/index.php/TUTURAN
  14. Dino Gustaf Leonandri, Wala Erpurini, Pengaruh Iklan dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Demochist Clothin, Jurnal Ekonomi dan Manajemen Teknologi (EMT) KITA, 8 (2), 2024, 645-649 Available online at http://journal.lembagakita.org/index.php/emt
  15. Dio Afriyanto Minta, dkk, Perlindungan Hukum Konsumen dari Praktik Iklan yang Menyesatkan oleh Pelaku Usaha di Kota Kupang Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Referendum : Jurnal Hukum Perdata dan Pidana Volume. 1 No. 3 September 2024
  16. Edwin Yuliska, Penegakan Hukum Perlindungan Konsumen Dari Praktik Iklan Yang Menyesatka, Jurnal Normative Volume 12 Nomor 1 Tahun 2024, ISSN : 1907-5820 E-ISSN : 2620-8202
  17. Felicia Angelique Kusuma, dkk, Etika Periklanan pada Era Digital: Hoax dan Penipuan, Jurnal Locul : Penelitian dan Pengabdian, Volume 3 No. 7 Juli 2024, E-ISSN 2829-7334| P-ISSN 2829-5439 Hompage: https://locus.rivierapublishing.id/index.php/jl
  18. Indah Syafitri, Kresno Yulianto, Pengaruh Iklan Instagram Terhadap Respons Konsumen, Inter Community: Journal of Communication Empowerment | Vol. 2, No. 1, Th 2020, P-ISSN: 2715-8144 E-ISSN: 2715-815
  19. Kornelius Benuf and Muhamad Azhar, ‘Metodologi Penelitian Hukum Sebagai Instrumen Mengurai Permasalahan Hukum Kontemporer’, Gema Keadilan, 7.1 (2020), pp. 20–33, doi: https://doi.org/10.14710/gk.7.1
  20. Moch Burhan Nur Abdulloh, dkk, ‘Pengaruh Media Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Di Surabaya’ TEKNOBIS : Teknologi, Bisnis Dan Pendidikan Volume 2, No. 2, September 2024 ISSN 9999-9999 (media online)
  21. Rizky Novyan Putra, Perlindungan Hukum Bagi Pihak Konsumen Dari Tampilan Iklan Suatu Produk Yang Menyesatkan Dan Mengelabui, Business Law Review Volume Two
  22. Sita Nur Ramadhani Devi, Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Merek Dagang Asing yang Terkenal dari Pelanggaran di Indonesia, Unes Journal of Swara Justisia, 8 (2), 2024
  23. Steven S. Gugu, Sanksi Hukum Iklan Sesat Yang Dimuat Di Media Sosial, Scientia De Lex Volume 10 Nomor 3 Tahun 2022 ISSN. 2337 – 7453
  24. Surandy Malunsenge, dkk, Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Astra International Daihatsu, E-Journal Universitas Sam Ratulangi
  25. Syafrie Chandra Tridimarsetio, Ratih Lestarini, Tinjauan Yuridis Terhadap Iklan Yang Menyesatkan (Studi Kasus Iklan Property), Jurnal Kritis Studi Hukum, Vol. 9 No. 12 Tahun 2024
  26. Taat Kuspriyono, Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Apartemen Meikarta, Cakrawala, Vol. XVIII, No 1, Maret 2018, hal. 62
  27. Peraturan Perundang-Undangan
  28. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
  29. Kitab Undang-Undang Hukum Pidana
  30. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen
  31. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE
  32. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016. Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik
  33. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.