skip to main content

ANALISIS PEMASARAN RAJUNGAN (Portunus sp.) DI KABUPATEN TUBAN

*Ardiansyah Bhakti Laksono  -  Departemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Jacub Rais, Tembalang, Semarang 50275, Indonesia
Dian Wijayanto  -  Departemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Jacub Rais, Tembalang, Semarang 50275, Indonesia
Bambang Argo Wibowo  -  Departemen Perikanan Tangkap, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Jacub Rais, Tembalang, Semarang 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dengan mengambil responden dari 6 Desa penghasil rajungan terbanyak di Kabupaten Tuban. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis distribusi pemasaran rajungan, efisiensi pemasaran setiap lembaga pemasaran, marjin pemasaran, dan fisherman’s share. Data yang dikumpulkan berupa data primer yang didapat secara langsung melalui wawancara, observasi, dan pengamatan langsung serta data sekunder yang berasal dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tuban selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian menggunakan metode purposice sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan terdapat dua saluran pemasaran rajungan di Kabupaten Tuban dimana saluran pemasaran pertama dari nelayan dijual menuju bakul dan mengarah pada konsumen lokal dan saluran pemasaran rajungan dari nelayan dibeli bakul, dijual ke miniplant dan rajungan daging dijual ke eksportir selanjutnya mengarah pada konsumen ekspor. Saluran pemasaran pertama, nilai fisherman’s share sebesar 70%, nilai efisiensi bakul sebesar 8% dan marjin sebesar Rp.15.000. Saluran pemasaran kedua, nilai fisherman’s share sebesar 49%, efisiensi pemasaran bakul sebesar 2,3% dengan marjin pemasaran Rp.2000 dan nilai efisiensi pemasaran miniplant sebesar 26,5% dengan marjin sebesar Rp.34.417. Sebagian besar pemasaran rajungan di Kabupaten Tuban menggunakan saluran pemasaran dua.

 

 

Fulltext View|Download
  1. Abidin, Z., Harahab, N., & Asmarawati, L. (2017). Pemasaran Hasil Perikanan. Malang. Universitas Brawijaya Press
  2. Agustina, E. R., Mudzakir, A. K., & Yulianto, T. (2014). Analisis Distribusi Pemasaran Rajungan (Portunus sp.) di Desa Betahwalang Kabupaten Demak. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 3(3), 190-199
  3. Drakel, A. (2010). Kajian Marjin Pemasaran Kopra di Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 3(1), 45-52
  4. Huda, H. M., Wijaya, R. A., Triyanti, R., Sari, Y. D., & Zamroni, A. (2021). Status dan Permasalahan Pemanfaatan Sumber Daya Rajungan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 11(2), 119-126
  5. Kusuma, B. T., & Dewi, D. M. (2017). Peran Kebijakan dan Lembaga Perikanan dalam Pengelolaan Rajungan (Portunus pelagicus) Sehingga Menjadi Perikanan Yang Berkelanjutan. Prosiding Pusat Riset Perikanan, 67-77
  6. Miftahurrahmi, M., Mudzakir, A. K., & Wijayanto, D. (2018). Analisis Rantai Nilai Komoditas Ikan Teri (Stolephorus sp.) di PPP Morodemak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology, 7(2), 106-115
  7. Riandi, R., Batubara, M. M., & Iskandar, S. (2018). Analisis Efisiensi Pemasaran Udang Windu (Penaeus monodon) di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir. Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 6(2), 81-87
  8. Sudana, I. W. (2019). Analisis Efisiensi Pemasaran Ikan Teri Segar Hasil Tangkapan Nelayan di Desa Sanggalangit Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 637-648
  9. Yeni, Y. & Sutarmin, A. (2020) Analisis Marjin Pemasaran dan Elastisitas Transmisi Harga Produk-Produk Perikanan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 7(2)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.