Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Berwawasan Lingkungan Di Desa Puncel Kabupaten Pati

*Zulfaidah Ariany  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 19 Jun 2019; Accepted: 24 Nov 2019; Published: 26 Nov 2019; Available online: 25 Nov 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 65 105
Abstract

Sampah merupakan suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber aktivitas manusia maupun alam yang masih mempunyai nilai ekonomis hanya jika sampah tersebut dimanfaatkan kembali untuk menghasilkan sesuatu yang berguna.  Dengan memanfaatkan sampah organik rumah tangga menjadi pupuk tanaman, dapat memberikan fungsi ganda terhadap kehidupan masyarakat desa, yaitu selain menghasilkan pupuk tanaman, juga dapat membantu masyarakat dalam menjaga hidup bersih. Dimana dengan adanya kegiatan pengolahan sampah organik tersebut yang sebagian besar sampahnya berasal dari buangan sampah rumah tangga, dapat mengurangi volume sampah yang berpotensi terjadinya kekumuhan dan pencemaran lingkungan yang menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat dan kotor. Untuk itu, diperlukan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan dalam pemanfaatan sampah organik di lingkungan masyarakat desa Puncel menjadi pupuk kompos yang dapat digunakan sebagai pupuk tanaman dengan menggunakan komposter dan lubang biopori.

Keywords: Sampah; Pemberdayaan Masyarakat; Komposter, Biopori

Article Metrics:

  1. Damanhuri, Padmi. 2010. Pengelolaan Sampah. Diklat Kuliah Program Studi Teknik Lingkungan. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Institut Teknologi Bandung
  2. Indriyanti, Banowati, Margunani. 2015. Pengolahan Limbah Organik Sampah Pasar menjadi Kompos. ABDIMAS. 19(1) : 43-48.
  3. Karuniastuti, N.2015. Teknologi Biopori untuk Mengurangi Banjir dan Tumpukan Sampah Organik. Jurnal Forum Teknologi. 4(2) : 60-68.
  4. Mahyudin, R.2017. Kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah dan Dampak Lingkungan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Jurnal Teknik Lingkungan. 3(1): 66-74.
  5. Sahwan, Irawati, Suryanto. 2004. Efektifitas Pengomposan Sampah Kota dengan Menggunakan “Komposter” Skala Rumah Tangga. Jurnal Teknik Lingkungan. 5(2) : 134-139.
  6. Sulistyorini, L. 2015. Pengelolaan Sampah dengan cara Menjadikannya Kompos. Jurnal Kesehatan Lingkungan 2(1): 77-84.