PENYULUHAN METODE PEMBUATAN KAPAL NELAYAN BERBAHAN KAYU DENGAN TEKNIK LAMINASI BAGI PARA PEKERJA DI GALANGAN KAPAL KAYU KARANGASEM, BATANG, JAWA TENGAH

*Adi Kurniawan Yusim  -  Vocational School of Diponegoro University, Indonesia
Solichin Djazuli Said  -  Vocational School of Diponegoro University, Indonesia
Zulfaidah Ariany  -  Vocational School of Diponegoro University, Indonesia
Mohd. Ridwan  -  Vocational School of Diponegoro University, Indonesia
M. Sawal Baital  -  Vocational School of Diponegoro University, Indonesia
Received: 9 Oct 2019; Revised: 22 Nov 2019; Accepted: 25 Nov 2019; Published: 26 Nov 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 357 88
Abstract
Material yang paling dominan dalam pembuatan kapal ikan adalah kayu. Sebagai daerah sentra pembuatan kapal ikan, Kabupaten Batang memiliki potensi untuk mendirikan galangan kapal ikan. Mayoritas penduduk di Kecamatan Karangasem bekerja sebagai nelayan. Untuk itu, perlu adanya suatu penyuluhan mengenai teknik pembuatan kapal ikan dengan kayu laminasi. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan gambaran berupa metode pembuatan kapal ikan dengan teknik laminasi, memberikan masukan kepada para pekerja di galangan kapal kayu tentang keselamatan kerja selama proses pembuatan kapal, memberikan pengetahuan kepada para pekerja dan warga setempat tentang aplikasi penggunaan metode laminasi dalam pembuatan kapal ikan. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah pengetahuan tepat guna yang diimplementasikan dalam masyarakat, publikasi pada media jurnal mengenai kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pembuatan kapal ikan berbahan kayu dengan teknik laminasi.
Keywords: Kapal ikan, laminasi, galangan.

Article Metrics:

  1. J. F. Dumanauw, Mengenal Kayu, Yogyakarta: Kanisius, 2001.
  2. B. K. Indonesia, Peraturan Kapal Kayu, Volume VI, Jakarta: Bina Hati, 1996.
  3. T. Sucipto, "Kayu Laminasi dan Papan Sambung," Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Medan, 2009.
  4. A. Trimulyono and A. W. B. Santosa, "PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR DI KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH MELALUI PENGEMBANGAN INDUSTRI GALANGAN KAPAL TRADISIONAL," KAPAL, vol. 11, no. 1, pp. 33-39, 2014.
  5. R. D. Kurniawan, Suyanto and A. W. B. Santosa, "PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT KELOMPOK PENGRAJIN KAPAL TRADISIONAL KABUPATEN BATANG JAWA TENGAH," Abdimas Unwahas, vol. 3, no. 2, pp. 35-43, 2018.
  6. P. Manik, Teknologi Pembuatan Kapal Kayu Laminasi, Semarang: Universitas Diponegoro, 1997.