PENDAMPINGAN PEMBUATAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN TEMA “MY FAMILY” PADA PAUD (USIA KELOMPOK BERMAIN) ANAK CERDAS UNGARAN

*Girindra Putri Ardana Reswari -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Lenggahing Asri Dwi Eko Saputri -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Jazimatul Husna -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 21 Apr 2019; Published: 18 Jun 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 7 17
Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris sejak usia dini (English for Young Learner) saat ini tengah gencar dikampanyekan. Bahasa Inggris mulai diperkenalkan pada usia pendidikan terawal yakni pada tingkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Permasalahan yang ada pada penelitian ini adalah kesulitan guru dalam membuat materi ajar yang sesuai dengan usia anak didik khususnya pada masa Kelompok Bermain (KB). Hal ini dikarenakan pada usia Kelompok Bermain, kemampuan verbal dan motorik anak-anak masih terbatas. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah ini untuk membantu guru dalam menyusun model ajar kreatif, interaktif, dan inovatif bagi siswa untuk meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris siswa pada usia Kelompok Bermain sesuai dengan kemampuan siswa dengan tidak melupakan esensi pembelajaran anak di usia dini yang menyenangkan seperti belajar sambil bermain. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah qualitative-interpretative dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara serta teknik pendampingan pembuatan model ajar. Hasil penelitian mengacu pada kurikulum PAUD dan esensi pembelajaran PAUD yaitu bermain sambil belajar. Pemberian contoh pembuatan media pengajaran Bahasa Inggris pada Usia Kelompok Bermain di PAUD Anak Cerdas Ungaran memakai tema My Family dengan menggunakan metode menggambar dan mencocokan kartu.

Keywords
English for Young Learner; model ajar; PAUD;

Article Metrics:

  1. Santrock J. Educational psychology. 5th Edition. New York: McGraw-Hill; 2011. 1–27 p.
  2. Cohen L, Manion L, Morrison K, Publishers R. Book Reviews Research Methods in Education ( 6th ed ). A ustr alian Educ Res. 2009;36(2):147–56.
  3. Alshenqeeti H. Interviewing as a Data Collection Method: A Critical Review. English Linguist Res [Internet]. 2014;3(1):39–45. Available from: http://www.sciedu.ca/journal/index.php/elr/article/view/4081
  4. Walshe C, Ewing G, Griffiths J. Using observation as a data collection method to help understand patient and professional roles and actions in palliative care settings. Palliat Med. 2011;26(8).
  5. Mutairi S Al. Analysis of Delays during Initial Phase of Construction Projects and Mitigation Measures. Int J Soc Behav Educ Econ Bus Ind Eng. 2017;11(3):511–6.
  6. Paulus PB, Dzindolet MT. Social Influence Processes in Group Brainstorming. J Pers Soc Psychol. 1993;64(4):575–86.
  7. Utami S, Fahma N, Sahmah N, Muhammadiyah S, Pekalongan P, Raya J, et al. Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 2-3 Tahun. (8).
  8. Heo J, Han S, Koch C, Aydin H. Piaget‟s Egocentrism and Language Learning: Language Egocentrism (LE) and Language Differentiation (LD). J Lang Teach Res. 2011;2(4).
  9. McKay P. Foreign language teaching in Australian primary schools. In: An early start: Young learners and modern languages in Europe and beyond. 2000. p. 225–48.