APARTEMEN MAHASISWA UNDIP SEMARANG

*LAURA AGNES MUTIARA SAKTI  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Received: 22 Mar 2020; Published: 22 Mar 2020.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Apartemen mahasiswa dengan harga yang lebih terjangkau pada saat ini sangat diminati. Selain untuk menekan pengunaan lahan karna peningkatan kepadatan penduduk, apartemen mahasiswa juga menjadi ladang investasi sekaligus sebagai tempat tinggal yang praktis dan modern bagi mahasiswa termasuk di Univesitas Diponegoro.

  Tingginya minat terhadap apartemen mahasiswa pada saat ini dibuktikan dengan persentase penjualan apartemen saat ini di sekitar Undip. Seperti Cordova Edupark Apartment yang berhasil menjual 30% dari unit sampai pada tahun 2018 dan The Alton Apartment yang berhasil menjual 80% dari unit sampai pada tahun 2017 dengan tipe yang paling cepat terjual didominasi oleh penjualan unit tipe studio

  Dari penjabaran di atas, maka disimpulkan bahwa perencanaan pembangunan Apartemen Mahasiswa merupakan penyelesaian dari perkembangan hunian vertikal modern dan penyelesaian dari permasalahan kepadatan penduduk yang terus meningkat dari waktu ke waktu dengan berkurangnya ketersediaan lahan terbuka bagi hunian.

Article Metrics:

  1. Akmal, Imelda. (2007). Menata Apartemen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
  2. Rahwidyasa, Aditya, & Ferihan F. (2007). Indonesian Apartment: Design Concept Lifestyle.
  3. Jakarta: PT. Griya Asri Prima.
  4. Permen PUPR no, 14 tahun 2017 Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung