skip to main content

BALI INTERNATIONAL CIRCUIT

*Karima Az_Zahra  -  Departemen Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Trek balapatauraceways jarangdianggapsebagaifasilitaspublik, bahkanlebihjarangdianggapsebagaisolusikesehatanbagimasyarakatsecaraluas, yang mana halinijustrumerupakanimplikasi yang salah. Pasalnya, trek balapdapatdijadikansuatupelampiasanbagimereka yang menggemariindustriotomotifsebagaipelepaspenat dan waktuluang, khususnyaindividu yang menggunakanjalanumum dan jalanrayauntukmelakukanbalapan, mengujisertamenyetelpeningkatankendaraanmereka. Bali merupakandestinasiwisataandalan di Indonesia yang sangat terkenalhinggamancanegarasebabmemilikiberbagaiobjekwisataalam yang memanjakanmatasertadenganberbagaivariasi. Keindahanalam Bali juga didukung oleh keunikanbudayanya yang eratdengan Agama Hindu.  Kehadiranraceway di Bali akanmenarikbanyakpengunjung dan akanmeningkatkanekonomilokal. Perancanganinidilakukan di Jembrana, Bali, untukmendongkrakperekonomian dan dayawisata di Jembrana. Perancanganiniakanmenghasilkan output desain trek balapmobil Formula 1 yang hi-techdenganpendekatan-pendekatankepadamakna dan arsitektur Bali agar konseptualterhadappemilihanlokasitapak. Harapannyaialah agar raceway akanberdampak pada kesehatan mental masyarakatdenganmenghilangkansejumlahbesarajangkecepatan dan balapjalanankemudianmenggantikannyadengan trek balap.

Fulltext View|Download
  1. FIA, Automobile Year Book, s.n.,Paris: 1994
  2. Majalah Mobil Motor No 10/XXIII/23 Agustus-5 September 1993, halaman 10-17, Sirkit Sentul Arena Baru Prestasi Baru, s.n., si, 1993
  3. N.n., Arsip Pengurus Daerah Ikatan Mobil Motor Indonesia, Pengurus Daerah Ikatan Mobil Motor Indonesia, Yogyakarta, 1997
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Jembrana Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Bangunan Gedung
  5. Redaksi Tabloit Otomotif, Data Dokumentasi, Anonim, 1996

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.