skip to main content

Kepuasan Pengguna Laboratorium Pendidikan

1Laboratorium keselamatan dan kesehatan kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro , Indonesia

2Laboratorium Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro , Indonesia

3Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro , Indonesia

Open Access Copyright 2023 Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau tidak senang seseorang yang muncul dari perbandingan antara kesan terhadap kinerja produk dan harapannya. Pengguna tidak puas bila pengguna merasa produk atau pelayanan yang diterima tidak sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna laboratorium FKM Undip dan mengetahui atribut apa saja yang menjadi ketidakpuasan. Penelitian ini bersifat cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Kepuasan pelanggan mengacu pada metode servqual (servis quality) yaitu penilaian terhadap pelayanan petugas, penilaian terhadap peralatan, bahan dan penilaian terhadap sarana prasarana di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna memberikan penilaian sangat puas paling tinggi pada pelayanan petugas yaitu dalam hal penguasaan terhadap alat dan bahan (57,9%). Namun ada pengguna yang memberikan penilaian sangat tidak puas pada keramahan, kesopanan dan sikap dalam pelayanan petugas meskipun jumlahnya sedikit (1,8%). Kesimpulan penelitian ini adalah secara keseluruhan pengguna menyatakan puas terhadap pelayanan laboratorium FKM Undip.  

 

Fulltext View|Download
Keywords: Kepuasan, Pengguna, Laboratorium

Article Metrics:

  1. Ratna Kumalasari. 2022 Definisi, Metode, serta Indikator Kepuasan Pelanggan. https://majoo.id/solusi/detail/indikator-kepuasan-pelanggan
  2. Ahmad. Pengertian Kepuasan Pelanggan: Factor, Indikator, dan Optimalisasinya. https://www.gramedia.com/literasi/kepuasan-pelanggan/
  3. Handi Irawan D. 2007. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Gramedia
  4. M Hult. 2023. 10 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. https://hbr.org/2023/01/10-ways-to-boost-customer-satisfaction
  5. Supranto,MA.APU. 2011 Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan.Rineka Cipta
  6. Kusumapradja. 2022 Menjaga Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, MMIK Universitas Diponegoro
  7. Poltekkes Kemenkes Tanjung Pinang. 2020. Hasil Evaluasi Kepuasan Penggunaan Laboratorium Terpadu Poltekkes Kemenkes Tanjung Pinang. Kemenkes
  8. Mohammad Iqbal. 2007. Pelayanan yang Memuaskan. PT. Elex Media Komputindo
  9. Lab Mania. 5 Langkah Penting Pada Manajemen Peralatan Laboratorium. www.LabManiaIndonesia.id
  10. Firdha. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Herba Penawar Almahida Indonesia. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4807/1/SKRIPSI%20VIR%20OK.pdf
  11. MenPAN RB . Per Men PAN RB Nomor 03 Tahun 2010. Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan dan Angka Kreditnya
  12. ISO IEC 17025-2017. General Requirement for The competency of Testing and Calibration utk DaftarLaboratories
  13. Syukri. 2018. Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Laboratorium Jaringan Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis. Invotek
  14. Indo-Asia. 2022. Pelatihan dan Sertifikasi Teknisi Laboran Internasional Sertifikasi Personil
  15. Zaenal Mukarom,MSi,dkk. 2018. Manajemen Pelayanan Publik. Pengantar Pustaka Setia

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.