1Laboratorium keselamatan dan kesehatan kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro , Indonesia
2Laboratorium Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro , Indonesia
3Laboratorium Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro , Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{JPLP17350, author = {Dwi Ningrum and S Sulistyawati and Hanif Sari}, title = {Kepuasan Pengguna Laboratorium Pendidikan}, journal = {Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan}, volume = {6}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {Kepuasan, Pengguna, Laboratorium}, abstract = { Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau tidak senang seseorang yang muncul dari perbandingan antara kesan terhadap kinerja produk dan harapannya. Pengguna tidak puas bila pengguna merasa produk atau pelayanan yang diterima tidak sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna laboratorium FKM Undip dan mengetahui atribut apa saja yang menjadi ketidakpuasan. Penelitian ini bersifat cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Kepuasan pelanggan mengacu pada metode servqual ( servis quality) yaitu penilaian terhadap pelayanan petugas, penilaian terhadap peralatan, bahan dan penilaian terhadap sarana prasarana di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna memberikan penilaian sangat puas paling tinggi pada pelayanan petugas yaitu dalam hal penguasaan terhadap alat dan bahan (57,9%). Namun ada pengguna yang memberikan penilaian sangat tidak puas pada keramahan, kesopanan dan sikap dalam pelayanan petugas meskipun jumlahnya sedikit (1,8%). Kesimpulan penelitian ini adalah secara keseluruhan pengguna menyatakan puas terhadap pelayanan laboratorium FKM Undip. }, issn = {2654-251X}, pages = {17--23} doi = {10.14710/jplp.6.1.17-23}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jplp/article/view/17350} }
Refworks Citation Data :
Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau tidak senang seseorang yang muncul dari perbandingan antara kesan terhadap kinerja produk dan harapannya. Pengguna tidak puas bila pengguna merasa produk atau pelayanan yang diterima tidak sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna laboratorium FKM Undip dan mengetahui atribut apa saja yang menjadi ketidakpuasan. Penelitian ini bersifat cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Kepuasan pelanggan mengacu pada metode servqual (servis quality) yaitu penilaian terhadap pelayanan petugas, penilaian terhadap peralatan, bahan dan penilaian terhadap sarana prasarana di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna memberikan penilaian sangat puas paling tinggi pada pelayanan petugas yaitu dalam hal penguasaan terhadap alat dan bahan (57,9%). Namun ada pengguna yang memberikan penilaian sangat tidak puas pada keramahan, kesopanan dan sikap dalam pelayanan petugas meskipun jumlahnya sedikit (1,8%). Kesimpulan penelitian ini adalah secara keseluruhan pengguna menyatakan puas terhadap pelayanan laboratorium FKM Undip.
Article Metrics:
Last update:
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan and Laboratorium Technical Service Unit Integrated Laboratory Diponegoro University as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan and Laboratorium.
Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan was published Technical Service Unit Integrated Laboratory Diponegoro University and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan (JPLP, e-ISSN: 2654-251X) is published by Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Universitas Diponegoro.Unit Pelaksana Teknis (UPT) Integrated Laboratory, Universitas Diponegoro Jl. Prof. Soedarto, S.H. Tembalang, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50275Phone: +6281321906666Email: jplp@live.undip.ac.id View statistics