PENGEMBANGAN MODEL PERKIRAAN PENUMPANG SAUM SEBAGAI DAMPAK PENGGUNAAN LAHAN PADA KAWASAN BERBASIS TRANSIT (STUDI KASUS: LRT KORIDOR III KOTA BANDUNG)
Abstract
Transit-Oriented Development (TOD) merupakan konsep pengembangan kawasan perkotaan yang kerap diadopsi di Indonesia untuk mendukung penggunaan transit, terutama di perkotaan besar yang sudah memiliki rencana pengembangan kereta api perkotaan, seperti Kota Bandung. Konsep ini mengedepankan integrasi guna lahan dan sistem angkutan massal sehingga bentuk guna lahan di sekitar simpul transit atau stasiun menjadi penting. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa variabel-variabel yang berhubungan dengan guna lahan memberikan pengaruh terhadap peningkatan fungsi transit. Mayoritas kawasan TOD dan sistem transit di Indonesia masih dalam tahap perencanaan, sehingga kinerja nyata TOD dalam mendukung penggunaan transit belum dapat dipastikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model prediksi dampak kinerja bentuk penggunaan dan pengembangan lahan pada area potensi TOD terhadap jumlah pengguna transportasi publik. Model ini diharapkan dapat menjadi referensi pengukuran keefektifan rencana TOD dalam konteks pembangkitan pengguna transportasi publik baru. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasilnya, beberapa hal perlu dipertimbangkan dalam pengembangan model, yaitu pemilihan variabel, penentuan sampel dan pemilihan metode analisis.
Keywords
References
Bernick, M., & Cervero, R. (1997). Transit Villages in The 21st Century. Retrieved from http://worldcat.org/isbn/0070054754
Calthorpe, P. (1993). The next American Metropolis: Ecology, Community, and The American Dream. New York: Princeton Architectural Press.
Chakraborty, A., & Mishra, S. (2013). Land Use and Transit Ridership Connections: Implications for State-Level Planning Agencies. Land Use Policy, 30(1), 458-469. Doi: https://Doi.org/10.1016/j.landusepol.2012.04.017
Choi, J., Lee, Y. J., Kim, T., & Sohn, K. (2012). An Analysis of Metro Ridership at The Station-to-Station Level in Seoul. Transportation, 39(3), 705-722.
Ewing, R., & Cervero, R. (2010). Travel and The Built Environment: A Meta-Analysis. Journal of the American planning association, 76(3), 265-294. Doi: https://Doi.org/10.1080/01944361003766766
ITDP. (2017). TOD Standard, 3rd Ed. New York: ITDP.
Kain, J. F., & Liu, Z. (1999). Secrets of Success: Assessing The Large Increases in Transit Ridership Achieved by Houston and San Diego Transit Providers. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 33(7-8), 601-624. Doi: 10.1016/S0965-8564(99)00009-9
Liu, S., Yao, E., & Li, B. (2019). Exploring Urban Rail Transit Station-Level Ridership Growth With Network Expansion. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 73, 391-402. Doi: https://Doi.org/10.1016/j.trd.2018.04.006
Liu, Y., Singleton, A., & Arribas-Bel, D. (2020). Considering Context and Dynamics: A Classification of Transit-Orientated Development for New York City. Journal of Transport Geography, 85, 102711. Doi: https://Doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2020.102711
Pan, H., Li, J., Shen, Q., & Shi, C. (2017). What Determines Rail Transit Passenger Volume? Implications for Transit Oriented Development Planning. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 57, 52-63. Doi: https://Doi.org/10.1016/j.trd.2017.09.016
Salat, S., & Ollivier, G. (2017). Transforming The Urban Space Through Transit-Oriented Development: The 3v Approach (https://Doi.org/10.1596/26405): World Bank.
Singh, Y. J. (2015). Measuring Transit-Oriented Development (TOD) At Regional and Local Scales–A Planning Support Tool. Enschede: University of Twente, Faculty of Geo-Information Science and Earth Observation (ITC), 10. Doi: 10.3990/1.9789036539982
Sung, H., Choi, K., Lee, S., & Cheon, S. (2014). Exploring The Impacts of Land Use by Service Coverage and Station-Level Accessibility on Rail Transit Ridership. Journal of Transport Geography, 36, 134-140. Doi: 10.1016/j.jtrangeo.2014.03.013
Sung, H., & Oh, J.-T. (2011). Transit-Oriented Development in A High-Density City: Identifying its Association with Transit Ridership in Seoul, Korea. Cities, 28(1), 70-82. Doi: 10.1016/j.cities.2010.09.004
Taylor, B. D., Miller, D., Iseki, H., & Fink, C. (2009). Nature and/or Nurture? Analyzing The Determinants of Transit Ridership Across us Urbanized Areas. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 43(1), 60-77. Doi: 10.1016/j.tra.2008.06.007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Kota
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0