ANALISIS DAMPAK STUDENTIFIKASI PADA KAWASAN PENDIDIKAN SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS INDONESIA DEPOK
Abstract
Studentifikasi di kawasan pendidikan khususnya di Kota Depok telah menjadi fenomena yang signifikan akibat pertumbuhan kampus-kampus seperti Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma Depok, dan sekitarnya. Penelitian ini menganalisis dampak studentifikasi pada kawasan pendidikan sekitar kampus Universitas Indonesia Depok, seperti apa dampak yang dirasakan serta bagaimana tingkatan dampak dari aspek fisik, lingkungan, sosial, ekonomi, dan budaya. Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak seperti apa yang dirasakan dan kawasan mana yang paling terdampak dengan adanya studentifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis delphi dengan melibatkan pakar dan pemangku kepentingan dalam rangka mendapatkan pandangan komprehensif tentang dampak yang mungkin terjadi, dan analisis kuantitatif dengan skoring menggunakan kuesioner, kemudian mengetahui tingkatan dampak yang dirasakan oleh masyarakat setempat. Adapun dampak fenomena studentifikasi yang paling tinggi berdasarkan analisis delphi dan skoring adalah munculnya bangunan tertentu identik dengan kegiatan mahasiswa, penyediaan hunian kos secara khusus hanya untuk mahasiswa dan peningkatan nilai lahan/ harga tanah. Kawasan yang paling terkena dampak dari Studentifikasi kawasan pendidikan sekitar Universitas Indonesia adalah Kelurahan Kemiri Muka. Dampaknya mencakup peningkatan nilai lahan/harga tanah menyebabkan banyak alih fungsi bangunan hunian menjadi bangunan kos yang menyesuaikan kebutuhan mahasiswa untuk menunjang kegiatan sehari-hari.
Keywords
References
Adler, M., & Ziglio, E. (1996). Gazing Into The Oracle: The Delphi Method and Its Application To Social Policy and Public Health: Jessica Kingsley Publishers.
Ambraini, F., Swasto, D. F., & Rahmi, D. H. (2020). Pengaruh Perkembangan Kampus Terpadu Uii Terhadap Permukiman di Sekitarnya. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah dan Perencanaan Partisipatif, 15(1), 81-98. Doi:10.20961/region.v15i1.27002
Dewi, S., Ristianti, N., & Debby, T. (2019). Mapping of Studentification Process in Tembalang Higher Education Area. Paper presented at the The 3rd Geoplanning-International Conference on Geomatics and Planning 29–30 August 2018, Semarang, Indonesia.
Donaldson, R., Benn, J., Campbell, M., & de Jager, A. (2014). Reshaping Urban Space Through Studentification in Two South African Urban Centres. Urbani Izziv, 25, S176. Doi:https://doi.org/10.5379/urbani-izziv-en-2014-25-supplement-013
Foote, N. S. (2017). Beyond Studentification in United States College Towns: Neighborhood change in the knowledge nodes, 1980–2010. Environment and Planning A: Economy and Space, 49(6), 1341-1360. Doi:10.1177/0308518X17698962
Gbadegesin, J., Marais, L., Denoon-Stevens, S., Cloete, J., Venter, A., Rani, K., . . . Koetaan, Q. (2021). Studentification and Governance in South Africa: Dependencies and Conflicts. Land Use Policy, 109, 105639. Doi:https://doi.org/10.1016/j.landusepol.2021.105639
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., Anderson, R. E., & Tatham, R. L. (2013). Multivariate Data Analysis. London: Pearson.
He, S. (2014). Consuming Urban Living in ‘Villages in The City’: Studentification in Guangzhou, China. Urban Studies, 52(15), 2849-2873. Doi:10.1177/0042098014543703
Kinton, C., Smith, D. P., & Harrison, J. (2016). De-Studentification: Emptying Housing And Neighbourhoods of Student Populations. Environment and Planning A: Economy and Space, 48(8), 1617-1635. Doi:10.1177/0308518X16642446
Miessner, M. (2020). Studentification in Germany: How Investors Generate Profits from Student Tenants in Goettingen and The Impacts on Urban Segregation. European Urban and Regional Studies, 28(2), 133-154. Doi:10.1177/0969776420934850
Moos, M., Revington, N., Wilkin, T., & Andrey, J. (2018). The Knowledge Economy City: Gentrification, Studentification and Youthification, and Their Connections to Universities. Urban Studies, 56(6), 1075-1092. Doi:10.1177/0042098017745235
Musa, H. D., Yacob, M. R., & Abdullah, A. M. (2019). Delphi Exploration of Subjective Well-Being Indicators for Strategic Urban Planning Towards Sustainable Development in Malaysia. Journal of Urban Management, 8(1), 28-41. Doi:https://doi.org/10.1016/j.jum.2018.08.001
Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Depok Tahun 2022–2042.
Sabri, S., & Ludin, A. N. M. (2009). Studentification” is it a Key Factor Within The Residential Decision-Making Process in Kuala Lumpur. Paper presented at the South East Asian Technical Universities Consortium–3rd SEATUC Symposium Proceedings. Johor Bahru.
Situmorang, R., Sudikno, A., Surjono, S., & Wicaksono, A. D. (2020). Conceptual Framework of Studentification Impacts in Malang City, Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(05), 585-593.
Zuhdi, A., & Ariastita, P. G. (2019). Faktor-Faktor Penentu Studentifikasi di Kawasan Sekitar ITS Sukolilo. Jurnal Teknik ITS, 7(2), C157-C161. Doi:http://dx.doi.org/10.12962/j23373539.v7i2.33458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengembangan Kota
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0