MODEL TARIKAN PERJALANAN PADA PUSAT PERBELANJAAN BERKONSEP MULTI ACTIVITY COMMERCIAL DI PUSAT KOTA SEMARANG

Yudi Basuki, Sri Rahayu, Diva Khansa Gusanti
DOI: 10.14710/jpk.8.2.212-219

Abstract


Pusat perbelanjaan sebagai salah satu guna lahan pada aktivitas perdagangan dan jasa, memiliki intensitas permintaan perjalanan yang cukup tinggi untuk menarik pergerakan. Duta Pertiwi Mall (DP Mall) adalah pusat perbelanjaan berkonsep multi activity commercial yang terletak di pusat Kota Semarang dan berpotensi menarik pengunjung dalam jumlah yang tinggi. Diperlukan pemahaman antara karakteristik pusat perbelanjaan berkonsep multi activity commercial dengan tarikan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model tarikan perjalanan pada DP Mall sebagai pusat perbelanjaan di pusat kota berkonsep multi activity commercial. Metode penelitian yang digunakan adalah trip rate, dan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan pada penelitian berupa identifikasi jenis dan luas aktivitas, serta penghitungan jumlah pengunjung DP Mall dan tiap jenis aktivitas pada jam puncak. Hasil penelitian ini adalah nilai trip rate total DP Mall sebesar 4,64 pengunjung per 1000 sq. ft GFA. Trip rate terbesar adalah pada aktivitas makan yaitu 44,8 pengunjung per 1000 sq ft GFA. Meskipun trip rate tersebesar adalah pada aktivitas makan, ternyata aktivitas yang paling berpengaruh pada tarikan DP Mall di jam puncak adalah aktivitas menonton. Hal ini ditunjukkan oleh model regresi dengan persamaan Y = 79 + 4,29 X3 dengan X3 adalah jumlah pengunjung aktivitas menonton. Diharapkan dengan model ini dapat digunakan untuk mengantisipasi permasalahan transportasi akibat perkembangan guna lahan komersial khususnya pusat perbelanjaan dengan multi activity commercial.

Keywords


Pusat Perbelanjaan; Multi Activity Commercial; Tarikan Perjalanan; Trip Rate; Model Regresi

Full Text: PDF

References


Al Razib, M. S., & Rahman, F. I. (2017). Determination of Trip Attraction Rates of Shopping Centers in Uttara Area, Dhaka. American Journal of Management Science and Engineering, 2(5), 150-155. doi: 10.11648/j.ajmse.20170205.19

Basuki, Y., Rahayu, S., & Gritanarum, M. (2019). Trip Rate dan Pola Pergerakan Pada Transmart Setiabudi Semarang sebagai Salah Satu Pusat Perbelanjaan Berkonsep Multi-Aktivitas. Jurnal Pengembangan Kota, 7(1), 77-82. Doi: 10.14710/jpk.7.1.77-82

Farrag, D. A., El Sayed, I. M., & Belk, R. W. (2010). Mall Shopping Motives and Activities: A Multimethod Approach. Journal of International Consumer Marketing, 22(2), 95-115. Doi: 10.1080/08961530903476113

Heyns, W., & Van Jaarsveld, S. (2017). Transportation modelling in practice: connecting basic theory to practice. Transportation, Land Use and Integration: Perspectives for Developing Countries, WIT Transactions on State of the Art in Science and Engineering, 100, 3-27. Doi: http://dx.doi.org/10.2495/978- 1-78466 233-2/001

Institute of Transportation Engineers. Trip Generation Manual, 10th Edition. Retrieved from https://www.troutdaleoregon.gov.

Jayasinghe, A., Sano, K., & Rattanaporn, K. (2017). Application for Developing Countries: Estimating Trip Attraction in Urban Zones Based on Centrality. Journal of Traffic and Transportation Engineering (English Edition), 4(5), 464-476. Doi: https://doi.org/10.1016/j.jtte.2017.05.011

Makgopa, S. (2016). Determining Consumers’ Reasons for Visiting Shopping Malls. Innovative Marketing, 12(2), 22-27. Doi: http://dx.doi.org/10.21511/im.12(2).2016.03

Sasidhar, K., Vineeth, Y., & Subbarao, S. (2016). Trip Attraction Rates of Commercial Land Use: A Case Study. Indian Journal of Science and Technology, 9(30). Doi: http://dx.doi.org/10.17485/IJST/2016/V9I30/99245

Sugiyono, S. (2007). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tamin, O. Z. (2008). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Edisi Kedua. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Uddin, M., Hasan, M. R., Ahmed, I., Das, P., Uddin, M. A., & Hasan, T. (2012). A Comprehensive Study on Trip Attraction Rates of Shopping Centers in Dhanmondi Area. International Journal of Civil & Environmental Engineering IJCEE-IJENS, 12(4), 12-16.

Vickerman, R., & Barmby, T. (1984). The Structure of Shopping Travel: Some Developments of The Trip Generation Model. Journal of Transport Economics and Policy, 109-121.

Widarjono, A. (2018). Analisis Regresi dengan SPSS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Zenina, N., & Borisov, A. (2013). Regression Analysis for Transport Trip Generation Evaluation. Information Technology and Management Science, 16(1), 89-94. Doi: http://dx.doi.org/10.2478/ITMS-2013- 0014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengembangan Kota

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0