skip to main content

Optimalisasi Pendampingan Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Penguatan Gizi Seimbang dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Insani

*Eka Yunila Fatmasari orcid  -  Faculty Of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ayun Sriatmi  -  Faculty Of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia
Putri Asmita Wigati  -  Faculty Of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia
Chriswardani Suryawati  -  Faculty Of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia
Antono Suryoputro  -  Faculty Of Public Health, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pendampingan anak dalam menerapkan gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah dasar   merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup siswa. Beberapa permasalahan kesehatan yang dihadapi pada anak sekolah diantaranya kurangnya pengetahuan tentang nutrisi, kebiasaan makan yang tidak sehat, serta terbatasnya fasilitas sanitasi di sekolah. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah dasar mengenai pentingnya penerapan gizi seimbang serta perilaku hidup bersih dan sehat. Metode pelaksanaan dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi kepada kepada siswa Kelas 6, yang terdiri dari 55 siswa perempuan dan 48 siswa laki laki di SD IT Bina Insani Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa SD IT Bina Insani sebesar 9,38% untuk siswa laki-laki dan 10% untuk siswa perempuan. Diharapkan pihak sekolah SD IT Bina Insani dapat menjadi lingkungan yang mendukung anak-anak dalam menerapkan gaya hidup sehat sejak dini, yang berkontribusi pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Kata Kunci : Edukasi Kesehatan, Gizi Seimbang, Pola Hidup Bersih dan Sehat, Sekolah Dasar

 

 

Fulltext View|Download
Keywords: edukasi kesehatan; gizi seimbang; pola hidup bersih dan sehat, Sekolah Dasar

Article Metrics:

  1. Aulia, Jinan N., 2022. Masalah Gizi Pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmiah Media Husada, 11 (1) : 21-27
  2. Rahmawati, Tuti., Marfuah, Dewi. 2016. Gambaran Gizi Pada Anak Sekolah Dasar. PROFESI, 14 (1) :72-76
  3. Soetjiningsih., 2012. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
  4. Jaringan Pangan dan Gizi Indonesia. 2019. Resiko Gizi Anak Usia Sekolah. (online), (https://jpg-
  5. indonesia.net/2022/03/resiko-gizi-anak- usia-sekolah/), diakses pada 8 November 2024
  6. Kemenkes RI. (2022). Aksi Bergizi: Gerakan Sehat untuk Remaja Masa Kini. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (online), https://www.kemkes.go.id/id/aksi- bergizi--gerakan-sehat-untuk- remajamasa-kini., diakses pada 8 November 2024
  7. Huriah, T., Yuniarti, F. A., Hazariah, S., & Hamid, B. A. 2023. Deteksi anemia dan edukasi gizi untuk mencegah stunting pada anak usia sekolah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 372– 379
  8. Sirajudin, Saifuddin. 2018. Peningkatan Praktek Gizi Seimbang Dan PHBS Pada Murid Sekolah Dasar. Media Gizi Pangan, 25 (2) : 13-19
  9. Pramono, M. 2011 Peningkatan Pengetahuan tentang PHBS dan Penyakit Menular Melalui Teknik KIE Berupa Permainan Elektronik. Jurnal Buletin Penelitian Sistem Kesehatan Vol-14, No.4: 311-319
  10. Samad, I., Handito, agus, Sugiarto, A., Setiani, E., Gunawan, D., Silalahi, F. S., Nurlina, Tondang, J. I., Thohir, B., Khoiru Nisa, A., Gunanto, Y., Aryani, D., Buntoro, I. F., & Utarini, A. (2022). Membuka lembaran baru: Laporan tahunan Demam Berdarah Dengue
  11. Wulandhari, S., Sukaesih, N. S., & Sutresna, I. (2023). Perbandingan pendidikan kesehatan melalui scrapbook dan ceramah mengenai pencegahan Demam Berdarah Dengue pada anak sekolah dasar. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(2), 833–843
  12. Taufik, Ides H. Diabetes Mellitus Pada Anak. (online),( https://yankes.kemkes.go.id/view_artik el/2612/diabetes-melitus-padaanak), diakses pada 8 November 2024
  13. Awasthi S, Bundy D a P, Savioli L. Clinical review Helminthic infections. BMJ Br Med J. 2003;327:431-433
  14. Terati. 2012. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Balita 06-60 Bulan Di Kelurahan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur II Kota Palembang Tahun 2011. Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang, 1 (11) : 58- 65
  15. Astuti H, Jaya B. Penggunaan Poster Sebagai Media Komunikasi Kesehatan. Komunikologi. 2018;15(1). [Internet] Available from:
  16. https://komunikologi.esaunggul.ac.id/in dex.php/KM/article/view/187
  17. Kusumawardani H, Rakhma LR, Laili NA, Putri AM, Anggraini D, Rosida SM, et al. Peningkatan Pengetahuan Remaja Mengenai Pemenuhan Gizi Seimbang Melalui Isi Piringku Di Man 1 Surakarta. J Abdi Insa. 2022;9(3):1200–8. [Internet] Available from: http://www.abdiinsani.unram.ac.id/inde x.php/jurnal/article/view/700
  18. Susilowati, E dan Hengky, I. (2019). Pengaruh Status Gizi Terhadap Gaya Belajar Anak Usia Sekolah UNICEF. (2019). Status Anak Dunia 2019. Available: https://www.unicef.org/indonesia/id/stat us-anak-dunia-2019
  19. AIPGI. (2017). Gizi Anak Sekolah. Ilmu Gizi Teori dan Aplikasi. Jakarta: EGC
  20. Darwis, A. M., Tangdiesak, V. F., Haq,C. A., Sari, A., Ardaridhayana, A., Kusumawardani, D. F., & Al Muqtadir, M. I. (2022). Edukasi perilaku hidup bersih dan sehat melalui pemilihan duta sekolah cuci tangan pakai sabun (Dulah CTPS) di SDN 81 Kalukubodo. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(7), 1986-1994
  21. Saputri, M. E., et al., (2021). Pemeriksaan Gizi Pada Anak Usia Sekolah dan Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar Terpadu Al-Farabi Pondok Terong Cipayung Depok. Journal of Community Engagement in Health. Vol 4, No 1, Pp 82-85
  22. Kemenkes. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Available: https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir519d41d8cd98f00/files/Hasil- riskesdas-20181274.pdf
  23. Kemenkes. (2017). Status Gizi Balita dan Interaksinya. Available: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/blog/20170216/0519737/status-gizi- balita-dan-interaksinya/
  24. UNICEF. (2019). Status Anak Dunia 2019. Available: https://www.unicef.org/indonesia/id/stat us-anak-dunia-2019
  25. HASANAH, I. (2017). Hubungan Status Gizi dengan Tingkat Kognitif pada Anak Usia Sekolah (11-12 Tahun) di SDN Sumbersari 01 Kabupaten Jember
  26. Istiqoma, M., Prihatmi, T. N., & Anjarwati, R. (2023). Modul Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Prosiding SENIATI, 7(2), 296–300. https://doi.org/10.36040/SENIATI.V7I2.8016

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.