skip to main content

Pelatihan Kuesioner Praskrening Perkembangan Bagi Guru Paud Dan Taman Kanak-Kanak Di Manokwari Papua Barat

*Ivonne Junita Fabanjo  -  Prodi D-III Keperawatan Manokwari, Indonesia
Niluh Gede Susantie  -  Prodi D-III Keperawatan Manokwari Poltekkes Kemenkes Sorong, Indonesia
Feni Mayana Paisey  -  Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Indonesia
Yunike Inyomusi  -  Puskesmas Sanggeng Kabupaten Manokwari, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Upaya kesehatan anak kesehatan anak harus dilakukan sedini mungkin sejak anak dalam kandungan sampai lima tahun pertama kehidupannya. Proses deteksi dan stimulasi tumbuh kembang menjadi hal penting untuk membentuk generasi penerus yang berkualitas secara fisik, emosional, maupun sosial. Kuesioner Praskrining Perkembangan (KPSP) merupakan salah satu alat deteksi dini yang digunakan di tingkat pelayanan primer. Guru di sekolah merupakan salah satu mitra tenaga kesehatan dalam upaya deteksi dini perkembangan anak. Pentingnya pengetahuan tentang KPSP dan bagaimana cara menggunakannya akan mendorong para guru untuk lebih aktif melakukannya dengan tepat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan bagi guru PAUD dan TK yang berada di Kabupaten Manokwari. Sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan pengukuran pengetahuan dengan kuesioner tentang KPSP anak. Ketrampilan peserta digunakan lembar observasi peserta pada saat simulasi. Hasil pelatihan terhadap 30 orang guru PAUD dan TK melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pengetahuan 20 orang (93%), hasil penilaian keterampilan peserta selama simulasi 13 orang (43%) dengan kategori mampu dan dengan kategori mahir 17 orang (57%).

 

ABSTRACT

Child health efforts should be carried out as early as possible from the child in the womb until the first five years of life. The process of detection and stimulation of growth and development is important to form the next generation of quality physically, emotionally, and socially. The Development Preskrining Questionnaire (KPSP) is one of the early detection tools used at the primary service level. Teachers in schools are one of the partners of health workers in efforts to detect early child development. The importance of knowledge about KPSP and how to use it will encourage teachers to be more active in doing it appropriately. The method used in this activity is training for PAUD and Kindergarten teachers located in Manokwari Regency. Before and after training, knowledge measurements are carried out with questionnaires about children's KPSP. Participants' skills were used as participant observation sheets during the simulation. The results of training of 30 PAUD and Kindergarten teachers through pre-test and post-test showed an increase in knowledge of 20 people (93%), the results of the participants' skill assessment during the simulation of 13 people (43%) with the capable category and with the proficient category of 17 people (57%).

 

Fulltext View|Download
Keywords: PAUD; TK; KSPS; Perkembangan Anak
Funding: Poltekkes Kemenkes Sorong, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, Puskemas Sanggeng Kabupaten Manokwari

Article Metrics:

  1. Prasida D.W., Maftucha., Mayangsari D. (2015). Pengaruh Penyuluhan tentang KPSP terhadap pengetahuan Guru di Paud Taman Belia Surabaya. The 2nd University Research Colloquium. ISSN 2407-9189
  2. Ridha,N (2014). Buku Ajar Keperawatan anak. Jakarta: Pustaka Pelajar
  3. Kementerian Kesehatan (2016). Pedoman stimulasi, deteksi dan intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak, Di tingkat pelayanan kesehatan dasar. Jakarta: Kemenkes RI
  4. Acar,S., Hansen, S., Dolata ,J., & Chieh-Yu Chen. (2014). An overview of developmental screening: implications for practice. Baskent University Journal of Education. 1 (1):9-18
  5. Awi. W (2009). Pentingnya Stimulasi Dini Tumbuh Kembang. Diakses 20 Juli 2017. www. Surabaya e-Health.com
  6. Kementerian Kesehatan (2014). Peraturan Menteri Kesehatan tentang Pemantauan pertumbuhan, perkembangan dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kemenkes RI
  7. Ummah F, Turlina L, Kusbiantoro D. Ibm Optimalisasi Peran Guru Paud untuk Meningkatkan Kualitas Tumbuh Kembang Anak Prasekolah. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNIMUS 2016. Indonesia; 2016
  8. Winarsih, B, D., & Hartati S (2020). Peningkatan pengatahuan guru PAUD tentang deteksi dini tumbuh kembang anak menggunakan KPSP. Jurnal Pengabdian Kesehatan. Vol 3, No.2 E-ISSN 26143607
  9. Wati. D. E. (2016). Pengetahuan guru PAUD tentang KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) Alat Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Varia Pendidikan, 28 (2), 133-139
  10. Davies, T. (2019). Why is it so important for teacher to understand child development. Diakses tanggal 2 Februari 2022. https://www.fagus.org.uk/why-is-it-importance-for-teachers-to-understand-the-child-development

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.