skip to main content

Proses Rebranding pada Berawal Coffee & Dimsum: Studi Deskriptif Berawal Coffee & Dimsum Dalam Meningkatkan Brand

*Nila Ayu Syahidah  -  Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jl Ir Soekarno, Jatinangor, Kab. Sumedang 5363, Indonesia
Diah Fatma Sjoraida  -  Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jl Ir Soekarno, Jatinangor, Kab. Sumedang 5363, Indonesia
Hanny Hafiar  -  Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, Jl Ir Soekarno, Jatinangor, Kab. Sumedang 5363, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Industri Food and Beverage (F&B) di Indonesia menjadi sektor bisnis yang berkembang, salah satunya bisnis cafe dan kedai kopi yang semakin marak membuat Berawal Coffee & Dimsum melakukan strategi rebranding untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching Berawal Coffee & Dimsum. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berawal Coffee & Dimsum melakukan keempat proses rebranding yaitu repositioning, perubahan kosep menjadi coffee shop dengan spesialisasi dimsum, memperluas target market, dan meningkatkan strategi marketing. Renaming, dirumah dengan menyesuaikan produk dan melakukan perubahan visual pada beberapa kebutuhan bisnis. Relaunching dengan mengenalkan brand baru kepada publik internal dan eksternal. Simpulan adalah proses rebranding yang dilakukan oleh Berawal Coffee & Dimsum berjalan baik, namun perlu mengembangkan strategi dalam mengetahui preferensi pada publik eksternal dan konsistensi pada penggunaan nama serta visual baru.

Fulltext View|Download
  1. Bambang D. Prasetyo, N. S. F. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press
  2. Bolhuis, W. (2018). Corporate rebranding: effect of corporate visual identity changes on employees and consumers. Journal of Marketing Communications, 24(1), 3–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/ 13527266.2015.1067244
  3. Chima, A. L. (2023). Product Rebranding Strategies and Customer Retention of Bakery Firms in Rivers State. Bushwealth Academic Journals, 8, 128–145. https://bwjournal.org/index.php/bsjournal /article/view/1455
  4. Creswell, P. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (fourth edi). Sage Publications Sage UK: London, England
  5. Harsanyi, M. A. (2020). Rebrand Like a Butterfly: Preparing Organizations to Make Rational Rebranding Decisions [University of Maryland University College]. In ProQuest. https://www.proquest.com/openview/566 e956bd0fd2bf50493444c75357260/1?pq- origsite=gscholar&cbl=18750&diss=y
  6. Irawan, H. (2007). Smarter Marketing Moves. Elex Media Komputindo
  7. Islam, M. A. (2018). Konsistensi Identitas Visual: Kajian Visual BrandingMedia PublikasiBorobudur. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 2 (2), 105–119. https://doi.org/https://doi.org/10.32815/je skovsia.v2i2.329
  8. Kholik, A. (2023). Implementasi Rebranding Dalam Peningkatan Kampanye Promosi Event Kompetisi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 06. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/jm.v6i2
  9. Malahayati, E. A. (2021). Rebranding Bandung Makuta Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 5 (4), 467–484. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/re putation.v5i4.20955
  10. Mustajab, R. (2024). Data Kinerja Industri Makanan dan Minuman pada 2013-2023. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/industri- perdagangan/detail/data-kinerja-industri- makanan-dan-minuman-pada-20132023
  11. Muzellec, L. (2003). Corporate Rebranding: An Exploratory Review. Irish Studies Review, 12(2). https://doi.org/10.1080/09670880420002 28950
  12. Pratiwi, F. S. (2023). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 5,33% pada Kuartal I/2023. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/industri- perdagangan/detail/industri-makanan- dan-minuman-tumbuh-533-pada-kuartal- i2023
  13. Sayekti, S. (2023). Trend Industri Kopi Masa Depan: Keberlanjutan Bisnis Hingga Keberlanjutan Lingkungan. Kontan.Co.Id. https://amp.kontan.co.id/news/trend- industri-kopi-masa-depan-keberlanjutan- bisnis-hingga-keberlanjutan-lingkungan
  14. Tariq, T. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung ke Oliver, Jakarta. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4 (1), 41–49. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/in teraksi.v4i1.3735 Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku
  15. Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. Gawe Buku

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.